Abdullah Ginanjar Seorang Teknisi Yang Sekarang Ini Aktif Di Dunia Blogger

√ Relay Lampu Mobil yang Bagus : Fungsi & Cara Memasang

Relay Lampu Mobil yang Bagus

Relay Lampu Mobil yang Bagus – Berbicara komponen mobil tidak selalu mengacu pada KOMPONEN MESIN, namun bagian – bagian mencakup bagian yang lain seperti halnya Relay lampu mobil yang berfungsi untuk sistem pencahayaan.

Relay lampu mobil merupakan salah satu komponen yang erat kaitannya dengan lampu, komponen ini bukan komponen utama pada sistem pencahayaan sebuah kendaraan. Namun kehadirannya mampu menopang kinerja lampu agar lebih maksimal.

Jika mobil anda memiliki sistem pencahayaan yang kurang maksimal atau sering kali meredup, maka anda harus memasang komponen tambahan relay lampu mobil yang bagus untuk memaksimalkan pencahayaannya. Tentu saja kondisi lampu mobil yang kurang bagus, akan sangat berbahaya jika digunakan dalam kondisi malam.

Sering kali pandangan pengemudi akan terganggu jika kondisi lampu tidak bagus. Berikut ini spbukita.com akan merekomendasikan relay lampu mobil yang bagus untuk mobil anda.

Relay Lampu Mobil yang Bagus

Fungsi Relay Mobil

Relay Lampu Mobil memiliki peran sebagai pengendali arus listrik yang cukup besar, komponen ini juga memiliki peran lain sebagai saklar elektromagnetik yang bekerja menggunakan medan magnet listrik. Sistem kerjanya menggantikan posisi saklar listrik pada sistem kelistrikan yang ada di dalam mobil, sehingga saat komponen mobil membutuhkan listrik dengan kapasitas yang cukup besar maka tidak perlu melalui saklar tapi melalui relay.

Komponen ini tidak hanya di gunakan pada sistem sistem pencahayaan lampu mobil, namun juga bisa di gunakan pada komponen kelistrikan lain yang ada di dalam kendaraan sepert halnya KOMPONEN AC MOBIL, klakson dan juga Audio.

Jenis Jenis Relay

Setelah mengetahui manfaat relay pada sebuah kendaraan, kini beralih pada berbagai jenis-jenis relay yang biasa digunakan pada berbagai sistem elektrikal di dalam sebuah kendaraan. Berikut ini jenis-jenis relay mobil yang ada di dalam sebuah kendaraan.

1. Jenis Relay Berdasarkan Jumlah Pole dan Throw

Jenis Relay yang pertama memilik pembeda pada jumlah pole ( kontak yang di miliki banyak ) dan throw ( mengacu pada banyaknya kondisi berdasarkan point ). Relay mobil berdasarkan jumalah pole dan throw sendiri memiliki di bagi menjadi beberapa bagian.

  • Relay Tipe Single Pole Single Throw (SPST)

Jenis Relay tipe Single Pole Single Throw adalah salah satu jenis Relay yang memiliki empat kaki terminal. Dua kaki terminal memiliki kegunaan sebagai kontak point (saklar) dan dua kaki terminal yang lainnya berfungsi sebagai kumparan elektromagnet.

  • Relay Type Single Pole Double Throw (SPDT)

Relay berikut didesain memiliki lima kaki terminal, tiga kaki terminal ini berfungsi sebagai kontak point (saklar) sedangkan dua kaki terminal yang lainnya berperan sebagai kumparan elektromagnet.

  • Relay Type Double Pole Single Throw (DPST)

Tipe relay berikut karakteristik yaitu memiliki enam kaki terminal, empat kaki terminalnya memiliki kegunaan sebagai saklar dan dua kaki terminal sebagai kumparan elektromagnet.

  • Relay Type Double Pole Double Throw

Relay tipe Double Pole Double Throw ini tampilan desain dengan delapan buah terminal. 6 terminalnya memiliki peran sebagai kontak point (saklar), kemudian dua terminalnya sisanya berfungsi sebagai kontak point yang terdiri dari saklar single dan juga pole double.

2. Jenis Relay Berdasarkan Posisi Awal

Jenis Relay berdasarkan posisi awal setidaknya dikelompokan menjadi dua, berikut penjelasannya.

  • Relay Type Normally Close

Tipe Relay yang satu ini merupakan relay pada kondisi awal sebelum pengaktifannya berada di posisi terhubung atau menutup.

  • Relay Type Normally Open

Tipe Relay Normally Open merupakan relay yang pada kondisi awal sebelum diaktifkan berada pada posisi terputus.

Cara Memasangang Relay Lampu Mobil

Cara Memasangang Relay Lampu Mobil

Berikut ini adalah tatacara menyusun relay lampu mobil yang bagus dalam sistem kelistrikan mobil.

  • Siapkan satu buah relay lampu mobil yang bagus.
Hubungkan pin 30 relay dengan positif baterai
  • Hubungkan Pin 30 ke terminal positif dengan positif baterai menggunakan kabel yang telah dipasangi konektor.
  • Setelah itu hubungkan pin 87 ke beban utama yaitu lampu.
Setelah itu hubungkan pin 87 pada beban utama yaitu lampu
  • .Kemudian uhubungkan kabel lampu pada terminal negatif
Pasangkan Pin 86 yang ada pada relay dengan ground atau massa
  • .Pasangkan Pin 86 yang ada pada relay dengan ground atau massa
Langkah terakhir adalh hubungkan Pin 85 relay hubungkan pada swtch lampu yang akan anda gunakan
  • Langkah terakhir adalh hubungkan Pin 85 relay hubungkan pada swtch lampu yang akan anda gunakan.

Relay Lampu Mobil yang Bagus

Jika di atas membahas tentang cara memasang relay yang baik dan benar, berikut ini adalah rekomendasi tentang bagaimana memilih relay mobil yang bagus untuk memaksimalkan sistem pencahayaan mobil anda. Secara umum relay mobil di jual dengan paket kabel beserta sekringnya, namun ada juga yang menjualnya secara terpisah.

Bicara relay lampu mobil yang bagus mengacu dengan kualitas dan keawetannya, merk-merk seperti Hell, Bosch dan Zenit, menjadi paling kami rekomendasikan untuk memaksimalkan sistem pencahayaan mobil anda. Dengan harga yang di mulai dari 125 ribu hingga mencapai 250 ribuan, sudah cukup untuk membuat lampu mobil anda lebih terang.

Akhir Kata

Penggunaan relay mobil dengan kualitas bagus sudah cukup di padukan dengan lampu standar, namun jika anda ingin menggunakan jenis lampu yang memiliki watt yang jauh lebih besar, anda juga perlu menggunakan relay khusus yang tentunya lebih mahal. Demikian yang dapat kami sampaikan mengenai Relay Lampu Mobil yang Bagus untuk anda, semoga informasi yang kami rangkum bermanfaat untuk anda.

Abdullah Ginanjar Seorang Teknisi Yang Sekarang Ini Aktif Di Dunia Blogger

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.