Rantai Keteng Kendor ? Penyebabnya & Tips Merawat 2020

Dari sekian banyak rider motor, pasti pernah mengalami motor mengeluarkan suara yang tidak enak didengar pada mesin motor. Kejadian seperti ini memang sering terjadi apabila motor tidak mendapat perawatan secara rutin, jika anda mengalami permasalasan seperti ini. Biasanya dikarenakan rantai keteng kendor, adapun beberapa hal kenapa bisa sampai terjadi.

Rantai keteng atau sering disebut juga dengan rantai kamrat merupakan salah satu komponen didalam mesin, komponen ini memiliki fungsi cukup berarti terhadap kinerja mesin. Karena rantai keteng akan menggerakan atau memutar noken as, dimana komponen ini bertugas untuk membuka tutup klep ketika proses pembakaran. Nah disini bisa ambil kesimpulan jika rantai kamrat kendor, maka suatu hal akan terjadi.

Rantai Keteng Kendor Penyebabnya & Tips Merawat

Rantai Keteng Kendor

problem seperti ini akan jarang terjadi jika pengguna mengendarai motor lebih halus, perawatan rutin seperti ganti oli dan lainnya. Akan tetapi perihal rantai kamrat atau keteng kendor bisa disebabkan hal lainnya, pengendara terlalu kasar dalam menarik tuas gas dan masih banyak lagi penyebab lainnya.

Penyebab Rantai Keteng KendorTensioner

Sering Telat Ganti Oli

Sebelum membahas lebih dalam akan cara mengatasi rantai keteng atau kamrat kendor, sebaiknya anda ketahui terlebih dahulu penyebabnya. Dalam permasalahan ini, dari sekian banyak dikarenakan jarang ganti oli dan bahkan sampai telat.

Maka rantai keteng akan mengalami penurunan dalam kinerjanya, sehingga menyebabkan motor tidsak bekerja dengan sempurna. Bila rantai keteng mulai bermasalah bisa di dengar dari suaranya saja sudah jelas.

Tensioner Sudah Lemah

Memiliki fungsi sangat berarti, namun komponen ini sering kali diabaikan oleh banyak orang. Padahal jika tensioner sudah tidak bekerja dengan baik, maka rantai keteng akan kendor. Karena tugas dari tensioner sendiri untuk mengatur ketegangan dari rantai keteng.

Jadi bisa di simpulkan, apabila rantai kamrat mengalami kendor maka bisa dicek terlebih dahulu bagian ini. Anda bisa mengatur sendiri ketegangannya, sehingga rantai keteng bisa bekerja seperti semula. Bila tensioner memang tidak bisa diakali lagi, maka bisa diganti dengan baut saja.

Pemakaian Kasar

Ada cukup banyak penyebab kenapa rantai karat atau keteng bisa kendor, salah satu penyebabnya bisa dikarenakan penggunaan motor terlalu kasar. Jika terlalu sering menarik gas secara mendadak atau gebar-geber maka tidak hanya rantai keteng bermasalah saja, pada bagian pembakaran juga bisa.

Oleh karena itu kenapa banyak mekanik menyarankan kepada beberapa orang dengan tipe penggunaan kasar agar menarik gas secara perlahan-lahan. Jika hal ini sering terjadi, sudah pasti motor sering bermasalah. Bahkan tidak menyerang bagian rantai keteng saja, kepala silinder dan tabung silinder bisa juga kena.

Rantai Sudah Termakan Waktu

Penyebab selanjutnya bisa dikarenakan sudah termakan waktu, jika permasalahan karena ini, langkah tepatnya harus diganti deh. Karena sudah tidak bisa diatasi kembali, solusi paling tepat ya ganti rantai keteng, sehingga penyakit kendor akan hilang motor akan kembali oke.

Dalam proses penggantian memang sangat cepat, namun harus diseting ulang terlebih dahulu daru ketegangan rantai keteng terhadap kinerja didalam mesin. Dalam pengaturana bisa dilakuan tanpa harus bongkar cop mesin depan, jadi bisa dilakukan secara mendadak.

Cara Mengatasi Rantai Keteng Kendor

Cara Mengatasi Rantai Keteng Kendor

Dalam mengatasi rantai keteng kendor, bisa dilihat terlebih dahulu dari penyebabnya. Jika dikarenakan tensionernya, maka anda bisa mengakali dengan cara atur ulang kembali. Tetapi jika tensioner aus, maka solusi bisa dilakukan dengan cara mengganjal dengan baut. Cara ini sering kali digunakan para mekanik, terbukti bila teknik ini bisa menegangkan kembali rantai keteng.

Tetapi beda solusi bisa dikarenakan termakan waktu, diatas juga sudah kami jelaskan jika dikarenakan termakan waktu. Maka langkag paling tepat dengan mengganti yang baru, dalam penggantian sebaiknya pakai produk original saja. Part original terbukti akan kualitasnya awet dan tanpa harus rubah ini dan itu.

Tips Merawat Rantai Keteng

Sebetulnya sangat mudah sekali dalam hal merawat rantai keteng, karena metodenya sama persis dengan komponen didalam mesin. Tetapi namanya juga manusia pasti penyakit lupa sering menghampiri, oleh karena itu pengecekan rutin setiap service memang perlu. Berikut ini beberapa tips bisa kalian terpakan untuk menjaga rantai keteng tetap oke dan bekerja dengan sempurna.

Rutin Ganti Oli Mesin

Pergantian oli mesin secara rutin memang sangat bagus terhadap jeroan mesin, maka kami sarankan kepada anda jika pernah mengalami rantai keteng kendor untuk rajin ganti oli. Meski terbilang sepele, namun manfaatnya sangat besar terhadap motor kesayangan anda semuanya. Bahkan berpengaruh terhadap performa mesin, sehingga tenaga motor lebih ringan dan mencapai top speed lebih cepat.

Pastikan Selalu Cek Ketegangan Rantai Keteng

Urusan cek ketegangan ranati keteng memang sangat mudah sekali, kalian bisa buka saja penutup pada cop mesin bagian depan. Pada bagian ini anda bisa mengecek beberapa komponen lainnya selain rantai keteng, nah posisi ini pengaturan dengan tensioner bisa lebih mudah.

Untuk mengetahui rantai keteng bermasalah atau tidak sangat mudah sekali, cukup hidupkan saja mesin motor anda. Lalu dengar baik suara motor, jika ada suara tek tek tek cukup kencang maka dapat disimpulkan jika rantai kamrat kendor.

Nah itulah informasi bisa kami sampaikan kepada anda semuanya, dalam mengatasi rantai kamrat kendor. Sekiranya cukup sekian informasi dari Spbukita.com kali ini, semoga saja artikel diatas dapat membantu kalian semua serta menambah wawasan seputar dunia otomotif.

You May Also Like

About the Author: Abdullah Ginanjar

Seorang Teknisi Yang Sekarang Ini Aktif Di Dunia Blogger