Penyebab Terjadi Embun di Kaca Mobil Perlu Ketahui

Ketika sedang mengendarai mobil pada saat hujan memang sering kali dibuat kesal dengan adanya embun pada kaca mobil. Tentu itu sangat mengganggu sekali pemandangan kita dan bahkan membuyarkan konsentrasi berkendara. Untuk itu kita harus ketahui penyebab terjadi embun di kaca mobil.

Adapun beberapa penyebab kenapa kaca mobil berembun baik diwaktu hujan maupun keadaan panas. Pada cuaca panas dikarenakan suhu didalam terlalu panas dan tidak ada celah buat udara masuk keluarnya sehingga menyebabkan embun pada kaca. Apabila hal tersebut terjadi pada anda, maka lakukanlah beberapa tindakan untuk hilangkan embun pada kaca mobil.

Ketika sudah tahu penyebab terjadi embun di kaca mobil, untuk menindakinya bisa dilakukan secara manual dan juga bisa secara otomatis. Dari kedua metode sama-sama mampu menghilangkan embun secepat mungkin. Namun kebanyakan orang lebih memilih cara otomatis, karena cukup menghidupkan AC pada mobil.

Lalu bagaimana jika mobil tersebut tidak memiliki fitur AC, maka langkah paling tempat secara manual saja. Seperti sebelumnya spbukita.com kembali memberikan informasi cara hilangkan karat pada knalpot. Nah kesempatan kali ini kembali informasikan penyebab terjadi embun di kaca mobil, ingin mengetahui lebih jelasnya dapat lihat saja disini.

Penyebab Terjadi Embun di Kaca Mobil Karena Hujan & Panas

Penyebab Terjadi Embun di Kaca Mobil

Mungkin dari sebagian para pengendara, terutama para supir bus angkutan antar kota sudah tau tips-tips menghindari terjadinya embun pada kaca mobil. Lalu bagaimana dengan kita, dimana masih awam dalam hal tersebut. Tenang saja, kalian cukup lakukan langkah-langkah seperti berikut ini.

Penyebab Terjadinya Embun di Kaca Mobil

Untuk mengetahui kenapa kaca mobil berembun sangatlah mudah sekali, karena ada penyebabnya yang bisa kalian hindari.

Untuk penyebab pertama dikarenakan kondisi cuaca terutama pada saat kondisi hujan, hal tersebut dikarenakan suhu udara cabin mulai dingin.

Kemudian hembusan nafas kita yang hangat akan menyebabkan terjadinya embun karena termakan suhu udara diluar.

Lalu penyebab berikutnya dikarenakan kondensasi hal tersebut merupakan perubahan uap menjadi cair sehingga menghasilkan embun pada kaca mobil.

Tentunya masih banyak penyebab lainnya kenapa didalam mobil bisa menghasilkan sebuah embun.

Pada saat parkir di parkiran umum dan kebetulan panas, depat menyebakan embun di dalam mobil. Maka dari itu kami sarankan untuk parkir di tempat agak lembab

Cara Hilangkan Embun di Kaca Mobil

Menghidupkan AC Mobil

Menghidupkan AC Mobil

Terdapat cara sangat ampuh dan sangat mudah sekali ketika kaca mobil anda berembun, pengemudi cukup hidupkan saja AC mobil secara perlahan saja. Sehingga seluruh suhu udara didalam cabin akan dingin, lalu nafas hangat manusia akan kalah dengan suhu yang dihasilkan oleh AC mobil.

Aktifkan Defogger

Aktifkan Defogger

Kemudian cara selanjutnya bisa mengaktifkan saja fitur Defogger, hanya saja penggunaan cara ini tidak semua jenis mobil bisa menggunakannya. Karena tidak semua mobil sudah dilengkapi fitur Defogger, jadi cara ini tidak berlaku buat semuanya.

Menggunakan Tembakau

Menggunakan Tembakau

Jika ingin hilangkan embun di kaca mobil, bisa gunakan saja tembakau. Cara ini memang sangat ampuh, karena karakter dari tembakau menyerap embun. Sedangkan untuk penggunaannya sangat mudah, cukup tempelkan tembakau pada kaca sampai embu hilag semua.

Semprotkan Cairan Anti Kabut

Semprotkan Cairan Anti Kabut

Terdapat cukup banyak cara manual apabila ingin meghilangkan embun, selain dengan tembakau. Para pengemudi juga semprotkan saja cairan anti kabut, namun cara ini pastikan kalian sudah mempersiapkan sebelumnya. Untuk penggunaan seperti bias, cukup semprotkan saja pada bagian kaca mobil anda lalu bersihkan dengan lap kering.

Olesi Kaca dengan Shampo Rambut

Selanjutnya bisa manfaatkan saja shampo rambut, karena cairan didalam shampo rambut mampu menghilangkan embun pada kaca mobil anda. Kemudian untuk pengaplikasian-nya sangat mudah sekali, cukupl oelskan pada bagain kaca saja hingga merata. Lalu ratakan dengan lap sintetis, dalam perataan lakukan searah agar kaca tidak tergores.

Buka Kaca Mobil

Buka Kaca Mobil

Cara selanjutnya sangat simpel sekali, cukup buka sedikit saja kaca mobil anda. Natinya lama kelamaan embun akan hilang, hanya cara ini bersifat sementara saja. Apabila kaca ditutup kembali, maka embun pun ada lagi da seterusya hingga hujan reda.

Bersihkan dengan Kanebo atau Kain

Bersihkan dengan Kanebo atau Kain

Dengan cara dibersihkan pakai lap atau kanebo memang cara sangat legend sekali, karena sebelum adanya mobil ber ac. Banyak pengendara mengatasinya dengan cara cara dibersihkan dengan kain halus maupun kanebo, hanya saja cara ini juga bersifat sementara saja.

Tips Mencegah Embun di Kaca Mobil

Ada cukup banyak cara untuk hilangkan embun pada kaca mobil, dari sekian banyak cara mungkin menghidupkan AC mobil menjadi pilihan utama. Nah untuk mencegah terjadinya embun di kaca mobil, sebaiknya lakukanlah tips berikut ini.

  • Pastikan AC mobil tetap hidup ketika kondisi cuaca hujan
  • Buka kaca mobil sedikit saja dan pastikan bila air hujan tidak masuk, cukup udara saja bisa keluar masuk mobil
  • Usahakan mobil parkir ditempat teduh
  • Buka seluruh kaca mobil, apabila parkiran mobil panas

Mungkin cukup sekian informasi kali ini, semoga saja tips dan cara menghilangkan embun kaca mobil seperti diatas bermanfaat untuk semua pengguna mobil tentunya. Sekiranya cukup sampai disini, informasi dari Spbukita.com kali ini.

You May Also Like

About the Author: Abdullah Ginanjar

Seorang Teknisi Yang Sekarang Ini Aktif Di Dunia Blogger