√ Penyebab Kabel Netral Ada Arus : Kebocoran & Pemasangan

Penyebab Kabel Netral Ada Arus

Penyebab Kabel Netral Ada Arus – Di setap instalasi kelistrikan terdapat kabel yang fungsinya sebagai tempat aliran arus dari sumber listrik menuju peralatan atau komponen kelistrikan lainnya, dimana ada tiga buah jenis kabel yaitu kabel fasa, kabel netral dan grounding atau kabel pentanahan. Kabel fasa adalah kabel listrik bertegangan, dimana untuk mengetahui apakan sebuah kabel itu jenis kabel fasa atau bukan yaitu dengan mengeceknya menggunakan tespen. Kabel merupakan jenis kabel fasa jika pada saat di cek memakai tespen, tespen menyala. Berdasarkan PUIL 2011 standarisasi warna kabel fasa yakni warna hitam untuk L1, warna abu-abu untuk L3 dan warna coklat untuk L2.

Sedangkan kabel netral adalah kabel listrik tidak bertegangan, sama seperti mengecek kabel phase, untuk mengetahui sebuah kabel merupakan jenis kabel netral yaitu dengan menggunakan tespen. Dimana jika dicek memakai tespen maka tespen tidak akan menyala karena kabel netral tidaklah bertegangan, kemudian untuk standarisasi warna kabel netral berdasarkan PUIL 2011 yakni kabel netral berwarna biru. Kemudian untuk kabel grounding adalah jenis kabel untuk mengamankan arus gangguan di sistem instalasi menuju tanah, sama seperti kabel netral kabel grounding juga tidak memiliki tegangan. Lalu berdasarkan PUIL 2011 sandarisasi kabel grounding adalah warna hijau kuning.

Pada suatu kondisi pernahkah Anda mengalami kejadian saat instalasi listrik dirumah mengalami kerusakan lalu ketika dilakukan pemeriksaan memakai tespen ternyata kedua kabel (positif dan negatif) ada arus listriknya atau saat dicek tespen menyala, sedangkan seharusnya adalah tespen menyala hanya saat mengecek kabel positif saja dan ketika kabel negatif atau netral di cek tespen tidak akan menyala. Lalu kenapa bisa begitu atau apa penyebab kabel netral ada arus?

Nah untuk menjawab pertanyaan diatas dikesempatan kali ini Spbukita akan memberikan informasi seputar tersebut, yaitu penyebab kabel netral ada arus. Jadi buat yang ingin mengetahui atau sedang mencari informasi mengenai penyebab kabel netral ada arus, simak ulasan dari Spbukita tentang penyebab kabel netral ada arus berikut ini.

Penyebab Kabel Netral Ada Arus

Penyebab Kabel Netral Ada Arus.

Kabel netral ada arus atau ketika sedang melakukan pemeriksaan instalasi kelistrikan menggunakan tespen ternyata tespen menyala, ada beberapa penyebab bisa mengakibatkan hal tersebut, seperti :

1. Kabel Netral Terputus

Kondisi kabel netral terputus membuat arus dari kabel fasa akan mengalir melalui peralatan kelistrikan yang terpasang ke kabel netral terputus, atau bisa juga mengalir melalui induksi. Hal ini bisa dilihat pada kejadian ketika mengecek kabel (positif/fasa dan negatif/netral) melalui lubang stopkontak, dimana tespen yang digunakan untuk mengecek kedua kabel menyala. Hal ini menandakan kabel netral menuju stopkontak terputus atau lepas.

2. Kabel Tersambung ke MCB Adalah Kabel Netral

Jika kabel tersambung ke MCB merupakan kabel netral, maka ketika MCB dimatikan membuat aliran kabel netral menuju instalasi terputus dan menyebabkan arus kabel positif mengalir ke kabel netral melalui berbagai peralatan kelistrikan. Dan inilah sebagai penyebab mengapa ketika mengecek kabel netral memakai tespen pada kondisi MCB mati/Off, tespen menyala. Baca juga PERBEDAAN MCB DAN ELCB.

3. Kabel Tersambung ke Saklar Adalah Kabel Netral

Kejadian seperti ini bisa dilihat ketika melakukan pemeriksaan sebuah fitting lampu, dimana pada saat dilakukan pengecekan memakai tespen pada kedua terminal fiting ternyata tespen menyala. Penyebab dari kejadian ini bisa karena kabel yang tersambung ke saklar adalah kabel netral atau bisa juga karena kebel netral tersebut terputus.

Penyebab Meningkatnya Arus Pada Kabel Netral

Penyebab Meningkatnya Arus Pada Kabel Netral

Untuk listrik satu Phase, ada arus pada kabel netral sebenarnya adalah hal wajar, sebab nilai besaran arus pada kabel netral adalah sama dengan besaran arus pada kabel fasa. Namun berbeda critanya jika listrik dipakai adalah listrik tiga phase, dimana pada listrik tiga phase dengan beban dipakai juga berasal dari peralatan kelistrikan tiga phase, jadi seharusnya arus pada kabel netral tidak ada atau meskipun ada diupayakan seminimal mungkin.

Tetapi untuk sumber listrik tiga phase dan beban atau peralatan kelistrikan yang ditanggung oleh pembangkit listrik berasal dari beban satu phase tentu membuat arus netral akan semakin besar bahkan bisa sampai melebihi dari arus yang mengalir pada kabel fasa. Lalu apa yang menyebabkan bisa jadi seperti itu atau dengan kata lain apa penyebab kabel negatif ada arus? Adapun penyebab meningkatnya arus pada kabel netral adalah sebagai berikut :

1. Kabel Netral Bocor

Kabel netral yang dalam keadaan bocor, baik itu bocornya kabel netral yang kearah tanah maupun kabel netral ke fasa, maka hal itu bisa jadi penyebab ada arus pada kabel netral.

2. Arus Harmonisa

Yaitu arus yang berasal dari perbagai peralatan kelistrikan yang menghasilkan daya harmonik (beban non linier), contohnya seperti mesin las listrik, motor induksi, transformator, inverter dan lain sebagainya.

3. Kebocoran Peralatan Kelistrikan

Kebocoran peralatan kelistrikan yang dimaksud disini adalah hilangnya kemampuan sebuah komponen listrik dalam menyekat listrik phase dan netral. Bocornya peralatan listrik juga bisa menjadi penyebab kabel netral ada arus.

4. Beban Ditiap Phase Tidak Seimbang

Untuk instalasi listrik tiga phase jika pembagian beban pada tiap pbhase tidak seimbang akan mengakibatkan arus balik dan mengalir melalui kabel netral. Semakin besar ketidakseimbangan mangakibatkan arus yang ada pada kabel netral juga semakin besar. Jadi beban yang tidak seimbang juga bisa jadi penyebab kabel netral ada arus.

5. Beban Listrik Satu Phase

Pada sumber listrik tiga phase, tentu tidak semuanya peralatan kelistrikan tiga phase namun ada jiga peralatan listri satu phase yang disambungkan ke sumber listrik tiga phase tersebut. Nah peralatan kelistrikan satu phase tersebut membutuhkan listrik satu phase tegangan 220 volt dan itu didapat dari salah satu kabel phase serta kabel netral, hal itu juga bisa menjadi penyebab kabel netral ada arus.

Dari semua permasalahan diatas bisa diambil kesimpulan bahwa untuk menjaga serta menghindari kerusakan pada instalasai listrik dirumah untuk selalu menggunakan peralatan kelistrikan dengan kualitas yang bagus serta berstandar SNI/LMK dan juga memasang berbagai peralatan kelistrikan dengan baik dan benar.

Akhir Kata

Demikian pembahasan mengenai peyebab kabel netral ada arus yang bisa Spbukita bagikan, semoga bisa bermanfaat dan juga membantu serta bisa menambah wawasan bagi para pembaca artikel ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *