Abdullah Ginanjar Seorang Teknisi Yang Sekarang Ini Aktif Di Dunia Blogger

50 Komponen Mesin Mobil dari Fungsi & Bagian

Komponen Mesin Mobil

Komponen Mesin Mobil – Pengguna kendaraan yang awam saja pasti akan tau seberapa penting peranan berbagai komponen mesin mobi, kali ini spbukita.com akan membahas sedalam mungkin tentang komponen inti dari sebuah kendaraan.

Bicara tentang fungsi memang begitu sangat vital dari sebuah kendaraan, kendaraan tanpa pusat penggerak tidak akan bisa di fungsikan. Secara umum pembagian komponen bagian mesin terbagi menjadi beberapa bagian.

Keterkaitan antar komponen mesin memang begitu sangat penting untuk di perhatikan, pasalnya salah sau komponen mengalami kerusakan, maka akan berimbas kerusakan kepada komponen lain. Jika hal tersebut terjadi maka performa mesin tidak akan maksimal.

Perawatan berkala pada sistem penggerak atau mesin, menjadi salah satu solusi yang perlu di lakukan oleh para pemilik kendaraan, terlebih jika kerusakan terjadi akan sangat mahal biaya perbaikan pada sitem permesinan, berikut ini spbukita.com rangkum berbagai komponen mesin mobil yang harus di jaga performanya.

Komponen Mesin Mobil dan Fungsi Lengkap

Komponen Mesin Mobil

Komposisi bagian-bagian mesin pada umunya memang sama, masing-masing bagian memiliki peranan yang sangat penting. Berikut ini spbukita.com akan membahas secara detail tentang komponen mesin mobil yang cukup penting untuk anda pahami.

Bagian-bagian Mesin Mobil

Mesin mobil sejatinya memilki banyak komponen yang terbagi dalam beberapa bagian. Berikut ini bagian-bagian dari mesin mobil sebagai sitem penggerak dalam sebuah kendaraan.

  • Silinder Head (Kepala Silinder)
  • Blok Silinder
  • Front Engine Compartment
  • Sistem Pendingin
  • Sistem Pelumasan
  • Sistem Bahan Bkar

Silinder Head (Kepala Silinder)

Yang pertama akan kita bahasa dalah bagian kepala silinder, beberapa komponen pada bagian kepala silinder memilki fungsi yang berbeda beda, berikut ini berbagai komponen pada bagian kepala silinder.

1. Spark Blug (Busi)

Spark Blug Komponen Mesin Mobil

Busi merupakan salah satu komponen kepala silinder yang yang berfungsi untuk mengasilkan pengapian atau bunga api, guna mempermudah proses pembakaran dalam mesin.

2. Kepala Silinder

Kepala Silinder Komponen Mesin Mobil

Kepala silinder berfungsi sebagai tempat pembakaran pada mesin, kepala silider akan di tempatkan secara bersamaan dengan komponen yang lain yakni blok silinder.

3. Katup Buang (Exhaust valve)

Katup Buang Komponen Mesin Mobil

Katub buang berfungsi untuk mengeluarkan sisa gas pembakaran yang kemudian akan di buang melalui saluran knalpot.

4. Katup Hisap (Intake valve)

Katup Hisap Intake Valve Komponen Mesin Mobil

Katup hisap berfungsi untuk membuka komponen saluran hisap, agar intake dalam ruang bakar cukup untuk memenuhi proses pembakaran.

5. Poros Nok

Poros Nok

Komponen berikut ini adalah poros nok, poros nok sendiri memiliki fungsi untuk mengatur kedua katup dalam proses buang dan membuka.

6. Roceker Arm

Roceker Arm

Komponen rocker arm berfungsi sebagai tempat nok dalam proses menekan batang katup hisap dan buang, dan juga berfungsi untuk mengatur celah katup.

7. Cylinder Head Cover

Cylinder Head Cover

Komponen Cylinder Head Cover berfungsi untuk menutup bagian kepala silinder.

8. Intake Manifold

Intake Manifold Mesin Mobil

Saluran saat memasuki silinder akan di salurkan melalui Intake Manifold, dan untuk bisa menciptakan kevakuman di dalam ruang bakar.

9. Exhaust Manifold

Exhaust Manifold Mesin Mobil

Exhaust Manifold adalah komponen kepala silinder yang befungsi untuk membuang sisa pembakaran lalu akan di keluarkan dan di salurkan melalui lubang knalpot.

10. Valve Keepers

Valve Keepers

Valve Keepers berfungsi untuk mengunci antara pegas katup dengan KATUP MESIN MOBIL

11. Valve Spring (Pegas Katup)

Pegas Katup Valve Spring

Komponen ini berfungsi untuk mengembalikan posisi katup pada posisi awal ataupun posisi semula.

12. Pompa Injeksi ( dielsel)

Pompa Injeksi Komponen Mesin Mobil Diesel

Biasanya sering di jumpai pada mesin diesel commonrail, fungsinya adalah untuk menaikan tekanan bahan bakar solar pada saat prose pembakaran.

13. Injektor ( diesel)

Injektor Mesin Mobil Diesel

Sitem pengapian sejatinya memilki perbedaan yang berbeda, pada mesin diesel sistem pengapian tidak menggunakan busi, injektor memilki fungsi untuk mengarahkan pengapian langsung pada ruang bakar.

Blok Silinder

Blok Silinder adalah salah satu bagian penting, komponen dasar dari sebuah mesin ini merupakan dudukan dari berbagai komponen, lalu apa saja komponen yang berada dalam blok silinder.

14. Blok Silinder

Blok Silinder Komponen Mesin Mobil

Komponen ini berfungsi untuk menopang komponen lain yang ada di dalam Blok silinder, dan juga penopang naik turun piston.

15. Gasket

Gasket

Fungsi Gasel pada blok silinder adalah untuk merapatkan sambungan antara blok dan kepala silinder.

16. Piston

Piston Komponen Mesin Mobil

Komponen piston memilki karakteristik yang sangat kuat, kerana pergerakannya yang akan menghasilkan tenaga yang akan di salurkan pada engkol, pisto ini juga di ibaratkan sebagai jantung mesin.

17. Ring Piston

Ring Piston

Masih seputar piston, komponen mesin yang satu ini berfungsi untuk merapatkan pistondengan dinding blok, agar pada saat kompresi terjadi tidak ada kebocoran.

18. Batang Penggerak

Batang Penggerak Piston Komponen Mesin Mobil

Komponen ini memiliki kinerja dan fungsi sebagai penghungung, antara poros engkol dengan piston.

19. Poros Engkol

Poros Engkol Komponen Mesin Mobil

Proses naik turun dari piston adalah tugas dari komponen yang satu ini, komponen poros engkol bekerja dengan cara merubah gerak naik turun menjadi sebuah gerak putar.

20. Carter

Carter Komponen Mesin Mobil

Bak oli adalah nama lain dari carter, posisinya berada di bagian bawah komponen mesin dan berfungsi menampung oli yang di keluarkan oleh komponen mesin.

21. Drain Plug

Drain Plug

Komponen drain plug, merupakan salah satu komponen dari blok silider yang berfungsi mengeluarkan oli

22. Pulley Mesin

Pulley Mesin Komponen Mesin Mobil

Menggunakan media driver belt, komponen pulley mesin berfungsi untuk media putar komponen lain pada blok silinder.

23. Flywheel

Flywheel Komponen Mesin Mobil

Flywheel adalah salah satu komponen yang befungsi untuk menyimpan energi mesin agar putran yang di hasilkan tetap stabil, komponen ini juga berfungsi sebagai penghubung antara mesin mobil dan kopling mobil.

Front Engine Compartment

Beralih pada bagian mesin kompartemen mesin depan, komponen bagian ini juga memiliki bebrapa bagian yang memiliki fungsi vital sebagai salah satu komponen mesin mobil,

24. Timing Chain Assmbly

Timing Chain Assmbly

Mekanisme perputaran mesin di haruskan memiliki perputaran yang stabil, untuk itu penempatan Timing Chain Assmbly, berfungsi sebagai penghubung antara poros engkol dengan putaran camshaft.

25. Timming Chain Cover

Timming Chain Cover

Koponen ini berguna sebagai pelindung, gunanya untuk melindungi komponen Timing Chain Assmbly di dalam mesin yang dapat terkotori debu atau sebagainya yang membuat kinerjanya tidak maksimal.

26. Motor Starter

Motor Starter

Saat komponen ini rusak, maka mobil akan sulit untuk di hidupkan, starter berfungsi memberikan putaran awal pada mesin kendaraan, agar kendaraan tersebut bisa berjalan.

27. Driver Belt

Driver Belt

Driver Belt berfungsi sebagai penghubung antar komponen seperti alternator, sebagai komponen penghubung perannnya begitu penting, jika mengalami kerusakan atau bahkan terputus maka fungsi mesin akan tidak maksimal.

28. Oil Cap

Oil Cap

Berikutnya adalah tutup oli, meskipun komponen ini termasik salah satu komponen yang sederhana, namun fungsinya begitu penting sebagai pelindung agar oli tidak keluar dari badan mesin.

Komponen Mesin Mobil Bagian Sistem Pendingin

Sistem pendingin pada sebuah kendaraan, agaknya menjadi wajib pada sebuah kendaraan. Fungsi sistem pendingin adalah untuk mengatur suhu mesin mobil agar suhunya terjaga. Berikut ini berbagai komponen mesin mobil yang berada dalam SITEM PENDINGIN MESIN MOBIL.

29. Radiator

Radiator

Komponen ini radiator, fungsinya adalah mendinginkan air pendingin, secara singkat prinsip kerjanya adalah memindahkan suhu air ke udara.

30. Tutup Radiator

Tutup Radiator

Komponen ini bertugas untuk menutup upper tank, agar air radiator tidak keluar, dan juga untuk menjaga tekanan udara pada sistem pendingin.

31. Thermostat

Thermostat

Dalam bagian pendingin, ada salah satu komponen yang berfungsi untuk mempercepat mesin untuk mencapai suhu yang di butuhkan mesin dalam sitem kerjanya, komponen ini bernama Thermostat

32. Cooling Fan

Cooling Fan

Komponen ini berbentuk seperti kipas angain, fungsinya adalah untuk medinginkan radiator dengan cara, mengalirkan udara memlaui sirip radiator.

33. Reservoir Tank

Reservoir Tank

Menyimpan cadangan air ardiator menjadi fungsi utama Reservoir Tank, namun komponen ini juga berfungsi menampung uap air yang di hasilkan mesin.

34. Upper Hose dan Lower Hose

Upper Hose dan Lower Hose

Komponen mesin mobil pada salah satu bagian pendingin yakni selang ardiator, fungsinya untuk menyalurkan air dari mesin ke radiator, selang radiator sendiri terbuat dari bahan khusus, guna menahan suhu air bertemperatur tinggi.

35. Temperatur Sensor

Temperatur Sensor

Temperatur Sensor berfungsi untuk mengukur suhu air pendingin, untuk mengetahui temperatur suhu air pendingin, pada jenis-jenis mobil tertentu akan di tampilkan pada dasboard mobil.

36. Water Jacket

Water Jacket

Water jacket atau dalam istilah lain adalah selubung air, selubung air berfungsi untuk menyerap panas yang terdapat pada mesin.

37. V-Belt

V Belt Sabuk Penggerak Mobil

V-belt memiliki prinsip kerja sebagai penghubung, beberapa komponen yang ada dalam sistem pendingin seperti kipas pendingin guna dapat bergerak.

Komponen Mesin Mobil Bagian Sistem Pengisian

Sistem kelistrikan pada sebuah kendaraan, menjadi salah satu yang terpenting sebagai komponen mesin mobil. Secara garis besar sistem pengisian berfungsi untuk mengasilkan tegangan listrik yang stabil. Berikut ini komponen yang bekerja pada bagian pengisian listrik pada mobil.

38. Alternator

Alternator

Yang pertama adalah alternator, alternator atau yang biasa kita sebut dinamo, adalah salah satu komponen penghasil tenaga listrik dalam sebuah kendaraan, tegangan yang di hasilkan merupakan tegangan arus bolak-balik yang nantinya akan di rubah menjadi arus searah oleh dioda.

39. Regulator

Regulator

Tegangan yang di hasilkan alternator sangatlah besar, pada saat masuk yang masuk ke roto coil akan di atur oleh regulator, tegangan yang di hasilkan di haruskna stabil pada angka 13,8 V dengan batas maksimal 14,8V.

40. Aki

Aki Mobil

Masih dengan seputar kelistrikan, baterai atau aki adalah salah satu komponen yang berfungsi untuk menyimpan energi litrik yang di hasilkan komponen alternator.

Komposisi Mesin Mobil Bagian Sistem Pelumasan

Guna mencegah gesekan yan terjadi pada komponen mesin, maka sistem pelumasan menjadi bagian cukup penting dalam sebuah komponen mesin mobil.

41. Pompa Oli

Pompa Oli

Pompa oli ataupun Oil Pump memiliki fungsi untuk menyerap oli, untuk kemudian di salurkan ke seluruh komponen mesin guna memberikan pelumasan, agar tidak terjadi keausan komponen saat mesin bergerak.

42. Filter Oli

Filter Oli

Seperti namanya saringan oli, berfungsi untuk menyaring kotoran berupa debu ataupun kotoran lain yang tercampur menjadi caebon.

43. Saringan Kasa Oli

Saringan Kasa Oli

sama halnya dengan filter oli, saringan kasa juga merupakan salah satu komponen yang berfungsi sebagai penyaring kotoran di adalam oli mesin.

44. Tongkat Kedalaman Oli (Oil Dipstrik)

Tongkat Kedalaman Oli Komponen Mesin Mobil

Fungsi komponen ini adalah untuk mengetahui, kapasitas oli yang ada di dalam mesin, dan juga bisa untuk mengetahui kualitas oli yang seiring penggunaannya kualitasnya menurun maka harus segera di lakukan Ganti Oli Mesin Mobil

45. Indikator Tekanan Oli

Indikator Tekanan Oli

Indikator Tekanan oli, adalah salah satu komponen yang berfungsi untuk memberikan peringatan saat tekanan oli menurun.

Bagian Sistem Bahan Bakar

Bagian sistem bahan bakar kendaraan pada sebuah kendaraan menjadi sesutu yang penting, mengingat posisi sebagai penampung bahan bakar. Berikut komponen yang ada di dalam sistem bahan bakar.

46. Fuel Tank

Fuel Tank

Fuel Tank merupakan salah satu bagian yang berfungsi untuk menapung bahan bakar soar atau bensin.

47. Saringan Bahan Bakar

Saringan Bahan Bakar

Sama halnya dengan saringan oli, sistem bahan bakar juga memilki saringan guna menyaring bahan bakar yang masuk dalam fuel tank

48. Saluran Bahan Bakar

Saluran Bahan Bakar

Bahan bakar yang teelah terisi dala fuel tank kemudian akan di salurkan kepada beberapa komponen mesin, itulah kenapa di butuhkan saluran penghubung atau selang.

49. Pompa Bahan Bakar

Pompa Bahan Bakar

Tidak hanya pada bagian pelumasan, pada bagian sistem bahan bakar juga memiliki komponen penghisap bernama fuel pump, yang berfungsi untuk menyerap bahan bakar untuk kemudian di alirkan melalui selang.

50. Karburator

Karburator

Komponen yang selanjutnya adalah karburator, komponen ini keberadaannnya sangatlah penting bagi sebuah kendaraan, fungsi utama dari karburator yakni mengumpulkan udara untuk kemudian di campurkan dengan bahan bakar, kemdian pencampuran tersebut nantinya akan di gunakan pada proses pembakaran di bagian dalam mesin mobil.

Kesimpulan

Komponen mesin mobil, pada seluruh bagian memang memilki fungsi dan sistem kerja yang berbeda. Tidak sedikit yang menganut sistem kerja yang saling berhubungan, dan jika salah satu komponen mesin mengalami kerusakan maka penting untuk segera di lakukan perbaikan ataupun pergantian komponen.

Demikan yang dapat spbukita.com sampaikan mengenai komponen mesin mobil dari seluruh bagian. Semoga informasi yang kami rangkum di atas bermanfaat sebagai informasi penting untuk anda.

Abdullah Ginanjar Seorang Teknisi Yang Sekarang Ini Aktif Di Dunia Blogger

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *