Abdullah Ginanjar Seorang Teknisi Yang Sekarang Ini Aktif Di Dunia Blogger

Fungsi Oli Gardan Harus Kalian Ketahui Pada Motor Matic 2020

Fungsi Oli Gardan

Jika anda merupakan pengguna motor matic pastinya sudah tidak asing legi dengan namanya Oli Gardan bukan ? Meski sudah banyak tahu dengan oli gardan khusus motor matic, namun tidak semua orang tahu fungsi oli gardan pada motor matic. Nah ini harus kalin ketahui, karena miliki peran sangat penting terhadap kinerja sebuah motor jenis matic.

Jadi disetiap motor matic memiliki dua jenis oli harus diperhatikan secara berkala, hanya saja pada oli gardan tidak seperti oli mesin dimana harus ganti oli setiap bulan atau kilometer tertentu. Dalam perhitungan mekanik salah satu merk motor ternama, jika pergantian antara kedua oli pada motor matic 1 banding 2 dengan kata lain setiap dua kali ganti oli mesin maka harus ganti oli gardan.

Dalam pergantian yang kami sebutkan tadi merupakan perhitunga ideal dari beberap mekanik, disetiap kali memberikan saran kepada semua konsumen. Toh untuk harga oli gardan lebih terjangkau bila dibandingkan dengan oli mesin, karena harganya tidak sampai Rp. 20.000 untuk beberapa merk dari masing-masing produsen motor. Ada juga beberapa merk oli ternama menawarkan oli gardan dengan kualitas sangat oke.

Pengguna motor matic juga jangan hanya tahu fungsi oli gardan, karena ada akibat jika kalian sering melalaikan dalam hal pergantian oli gardan. Jika hal tersebut terjadi maka kinerja gear ratio pada sistem tranmisi matic akan rusak, itu salah satu akibatnya. Jika kalian ingin mengetahui lebih lengkap dengan komponen dari motor matic dapat simak informasi dari Spbu kita.com berikut ini.

Fungsi Oli Gardan Harus Kalian Ketahui

Fungsi Oli Gardan

Dari sekian banyak mekanik dari beberapa pabrikan motor di Indonesia, memiliki standar masing-masing dalam hal pergantian oli gardan. Jadi pengguna motor matic tinggal sesuaikan saja dari motor kalian miliki, untuk penggunaan oli gardan juga bisa kalian tentukan sesuai dengan karakter motor matic anda sendiri.

Waktu Paling Tepat Ganti Oli Gardan

Dari awal Dari awal pembahasan memang sudah sempat kami sampaikan kepada anda semua para pengguna motor matic, jika oli gardan memang berperan sangat penting pada kinerja gear ratio. Jadi setiap motor matic harus memperhatikan, nah disini kami akan jelaskan kepada anda semua kapan waktu paling tepat untuk ganti oli gardan.

Untuk waktu paling tepat dalam hal mengganti oli gardan, setiap merk motor memiliki standar-nya masing-masing. Namun pada umumnya dalam menganti oli gardan di hitung dari setiap dua kali ganti oli mesin atau juga setiap 2000 km sekali hingga 4000 km sekali. Kalian bisa mengganti dalam rentang jarak tempuh seperti tersebut, namun pergantian oli gardan lebih cepat itu lebih baik.

Akibat Jarang Ganti Oli Gardan

Akibat Jarang Ganti Oli Gardan

Cara kerja dari oli gardan untuk melumasi gear ratio pada sisten tranmsisi otomatis, nah untuk akibat jika kalian jarang ganti oli gardan atau sampai kering oli gardan. Maka dapat dikatakan jika kinerja gear ratio akan terhambat dan bahkan bisa menyebabkan gear ratio mengalami kerusakan. Bila hal ini sampai terjadi maka dapat dilihat dari efek suara mesin sanagt kasar sekali, performa menurun dan lainnya.

Hal tersebut dikarenakan suplai pelumas untuk gear ratio tidak ada, jika hal ini terus menrus terjadi maka sangat fatal sekali. Pada bagian gigi tranmisi akan mengalami kerusakan sangat parah, dimana untuk mengembalikan lumayan susah karena harus mengganti cukup banyak part didalam gardan mesin motor matic. Pergantian part bisa dilihat ketika mesin dibongkar, karena bisa menjalar ke beberapa komponen mesin motor matic lainnya.

Fungsi Oli Gardan Pada Motor Matic

Fungsi Oli Gardan Pada Motor Matic

Oli gardan menjadi cairan didalam sebuah mesin motor matic dengan manfaat sangat besar sekali, sebetulnya tidak jauh berbeda dengan fungsi oli mesin. Hanya saja pada jenis oli satu ini hanya bisa digunakan oleh kendaraan berjenis matic saja, seperti motor matic contohnya.

Dari awal juga sudah kami jelasakan sedikit dari fungsi oli ini, nah disini kami akanjelaskan lebih dalam kepada kalian semuanya. Fungsi dari oli gardan adalah sebagai pelumas untuk beberapa komponen tranmisi matic dan gear ratio untuk mempermudah atau memperlancara kinerja dari komponen tersebut.

Motor matic memang menjadi salah satu jenis kendaraan roda dua dengan daya minat cukup tinggai, karena pada motor ini sangat mudah sekali digunakan. Pengguna cukup tarik tuas gasa saja motor sudah bisa jalan, bahkan tenaga dari motor matic juga tidak kalah hebatnya dengan beberapa jenis motor lainnya.

Nah itulah kurang lebihnya pengertian dari oligardan sudah kami sampaikan kepada anda semua, oli gardan memiliki fungsi sangat penting sekali seperti v-belt motor matic. Karena keduanya sama-sama komponen paling penting pada jenis kendaraan motor matic. Mungkin cukup sekian informasi dari Spbukita.com pada kesempatan kali ini dan semoga saja artikel diatas bisa membantu kalian semuanya.

Abdullah Ginanjar Seorang Teknisi Yang Sekarang Ini Aktif Di Dunia Blogger