Fungsi Kiprok Motor : Cara Memperbaiki & Cek Kondisi Kiprok

Fungsi Kiprok Motor – Kendaraan roda dua menjadi salah satu jenis kendaraan paling banyak diminati oleh kebanyakan orang, selain memiliki perawatan sangat mudah dan untuk harga juga sangat terjangaku. Oleh karena itu kenapa motor roda dua menjadi pilihan utama, selain itu juga untuk komponen didalam motor roda memiliki perawatan sangat mudah sekali.

Sekalipun terdapat salah satu komponen mengalami kerusakan, kita bisa mudah untuk mengganti dengan baru atau bisa juga di perbaiki. Bila berbicara komponen motor ada banyak sekali, semisalnya saja Kiprok motor, komponen tersebut memiliki fungsinya masing-masing. Dari sekian banyak pengguna, kami rasa belum banyak yang tahu akan fungsi kiprok motor.

Seperti halnya dengan kopling pada motor memiliki fungsi untuk memutuskan atau menyambungkan arus tenaga. Sama seperti kiprok motor merupakan salah satu komponen kelistrikan yang memiliki perang sangat penting seperti dengan busi maupun aki. Dari sekian banyak pengguna motor pasti pernah merasa tiba-tiba motor tidak bisa dihidupkan, pada hal kondisi motor sebelumnya oke-oke saja.

Banyak orang jika hal tersebut disebabkan karena busi, namun hal tersebut juga bisa dikarenakan kiprok motor anda memang sudah rusak meski busi sudah dibuka dan dibersihkan. Nah itulah salah satu masalah jika kiprok sudah rusak dan masih ada ciri lainnya. Untuk mengetahui lebih detail dan jelasnya, mari kita sama-sama ulas akan fungsi kiprok motor beserta cara memperbaiki dan cara cek kondisi kiprok motor berikut ini.

Fungsi Kiprok Motor : Cara Memperbaiki & Cek Kondisi

Fungsi Kiprok Motor

Apa Itu Kiprok Motor

Meski kita sudah tidak asing lagi dan sering mendengar dengan namanya kiprok motor, namun beberapa orang banyak belum tahu apa itu kiprok motor dan fungsinya. Pada perjumpaan kali ini kami akan jelaskan apa itu Kiprok motor, kiprok motor adalah sebuah regulator dari suatu komponen kelistrikan pada motor yang sangat penting.

Dengan demikian, kita sudah bisa mengambil kesimpulan. Ketika motor mengalami kejadian mogok atau hal lainnya, maka kita bisa mencurigai pada bagian kelistrikan. Permasalahan tersebut bisa dikarenakan busi mati atau rusak dan bisa juga karena kiprok mengalami kerusakan. Maka tak salah jika hal paling utama dicek ialah pada bagian businya, karena pengecekan busi bisa dilakukan secara manual.

Fungsi Kiprok Motor

Kiprok Motor

Pada awal pembahasan memang sedikit kami sampaikan akan fungsi kiprok motor, lalu kali ini akan dijelaskan secara detailnya untuk kalian semua. Fungsi kiprok motor adalah sebagai penstabil arus serta tegangan listrik sebelum masuk ke aki, karena seperti kita ketahui jika arus yang masuk ke aki tidak boleh besar atau kecil.

Selain itu juga fungsi dari kiprok lainnya ialah sebagai penyearah arus yang dihasilkan oleh spull, dimana tegangan arus listrik spull berjenis AC (alternating current) lalu akan diubah menjadi DC (directr current). Apabila motor anda masih menggunakan lampu menggunakan sistem AC, maka kiprok akan berfungsi sebagai penstabil arus dari aki ke lampu.

Cara Memperbaiki Kiprok Motor

Cara Memperbaiki Kiprok Motor

Kiprok sendiri terdapat beberapa komponen lain seperti Dioda, Resitor, Transitor, IC dan juga komponen elektronik lain yang di satukan pada sebuah siktuit. Jika suatu saat kiprok mengalami sebuah kerusakan, maka cara memperbaikinya dengan cara dibuka untuk mengetahui penyebab kenapa kiprok mati.

Hanya saja jika kalian ingin memperbaikinya akan sangat sulit sekali, terlebih jika kalian bukan bidangnya elektronik pasti cuma bikin pusing kepala saja. Oleh karena itu kami sarankan kepada kalian semua lebih baik beli yang baru dari pada harus memperbaikinya. Karena untuk harga sebuah kiprok sangat terjangkau sekali, tidak sampai ratusan ribu sudah bisa membeli baru dan original.

Cara Cek Kondisi Kiprok Motor

Cara Cek Kondisi Kiprok Motor

Untuk mengetahui kondisi kiprok motor sudah tidak oke lagi memang sangat mudah sekali, kalian bisa merasakan ketika anda sedang menaiki motor. Dari awalan motor dihidupkan sampai motor dijalankan, pastinya akan ada rasa berbeda dengan sebelumnya. Entah itu motor susah dihidupkan, tiba-tiba mati, atau tarikan mesin tersendak-sendak dan lainnya.

Namun untuk memastikan sendiri bisa menggunakan alat untuk cek kondisi kiprok motor bernama Set Multi Meter. Pada alat tersebut memiliki tingkat keakuratan sangat besar, anda cukup mengeceknya lewat aki. Lalu ada satu alat lagi yang bisa digunakan ialah volmeter, biasanya alat ini akan terpasang pada motor anda secara manual.

Ciri-ciri Kiprok Mulai Rusak

Ciri ciri Kiprok Mulai Rusak

Jika anda memahami benar akan kondisi motor, pastinya akan merasakan hal mengganjal akan performa dari motor tersebut. Adapun beberapa ciri-ciri yang bisa kalian cocokan, apabila kiprok motor sudah mulai rusak seperti berikut ini.

  • Ketika motor mulai rusak, maka anda cukup cermati dimana motor sering mengalami mogok pada saat dikendarai. Ini juga salah satu penyebab atau tanda-tanda jika kiprok sudah tidak sejhat lagi.
  • Selain itu juga kinerja listrik tidak bekerja dengan baik, anda cukup perhatikan pada bagian spedometernya saja. Biasanya akan muncul tanda kedip-kedip dan bisanya berwarna kuning atau merah.
  • Lebih tidak enak lagi jika kiprok sudah mulai rusak, aki motor akan cepat rusak atau soak. Meskipun aki sudah di charger atau ganti baru, umur aki tidak akan lama.

Nah itulah informasi yang dapat kami sampaikan kepada anda semuanya, dimana pada pembasan kali ini kami sudah jelaskan akan apa itu kiprok motor beserta fungsi dan ciri-cirinya. Mungkin cukup sekian informasinya, semoga ulasan diatas dapat menambah ilmu seputar dunia otomotif.

You May Also Like

About the Author: Abdullah Ginanjar

Seorang Teknisi Yang Sekarang Ini Aktif Di Dunia Blogger