Abdullah Ginanjar Seorang Teknisi Yang Sekarang Ini Aktif Di Dunia Blogger

4 Cara Menghidupkan Mobil yang Akinya Soak, Praktis & Tidak Ribet

Cara Menghidupkan Mobil yang Akinya Soak.

Cara Menghidupkan Mobil yang Akinya Soak – Menghidupkan mobil yang akinya soak memang membutuhkan extra kesabaran, terlebih saat sedang di keramaian seperti di jalanan, tempat parkir, atau saat terburu-buru untuk bepergian.

Kondisi mobil yang akinya soak menjadi kendala yang terbilang umum, biasanya kondisi tersebut di sebabkan oleh beberapa faktor. Kelalaian pengendara yang sering kali lalai untuk mematikan beberapa sistem kelistrikan di dalamnya menjadi faktor yang sering terjadi.

Seperti yang kita tahu, di dalam mobil terdapat beberapa fitur kelistrikan yang membutuhkan suplay tegangan dari komponen aki mobil. Namun jika penggunaan energi kelistrikan tidak menggunakan aspek kehati-hatian maka kinerja akinya akan mengalami penurunan, hal ini berimbas mobil susah untuk di hidupkan atau starter.

Jika kebiasaan seperti itu terus menerus berlangsung, maka mobil anda anda akan susah untuk di hidupkan atau di starter. Berikut ini spbukita.com akan berbagi tips tentang cara menghidupkan mobil yang akinya soak.

Cara Menghidupkan Mobil yang Akinya Soak.

Penyebab Mobil Akinya Menjadi Soak

Sebelum membahas cara mengatasi mobil yang akinya soak atau tekor, ada baiknya terlebih anda mengetahui beberapa faktor penyebab yang menjadikan hak tersebut terjadi. Berikut ini beberapa faktor yang menyebabkan mobil akinya menjadi soak.

  • Mobil Terlalu Lama Tidak di Hidupkan

Meski jarang di gunakan, wajib hukumnya pemiliki kendaraan menghidupkan mobil setiap hari. Pasalanya ada beberapa komponen mobil yang memerlukan kelistrikan setiap saat sepertihalnya Immobilizer. Selain itu menghidupkan mobil juga dapat menjaga kestabilan tegangan dari baterai mobil, dengan begitu mobil anda akinya akan tetap stabil dan tidak mudah soak.

  • Komponen Kelistrikan Tidak di Matikan

Kesalahan mendasar yang menjadi penyebab mobil akinya soak, dan akhirnya proses untuk menghidupkan mesin mobil juga akan terhambat adalah seringnya para pengendara lalay dalam mematikan beberapa fitur kelistrikan yang ada di dalam mobil. Jika mobil dalam keadaan mati ada baiknya anda tidak menghidupkan KOMPONEN AC MOBIL atau menghidupkan Audio yang menyebabkan keborosan energi listrik di kendaraan.

  • Alternator atau Dinamo Rusak

Komponen alternator menjadi salah satu komponen penting di dalam mobil. Jika komponen tersebut mengalami kerusakan makan maka kstabilan kelistrikan pada akinya akan terganggu. Karena akinya tidak mampu menunjang kelistrikan di dalam mobil, kondisi tersebut membuat komponen tersebut menjadi soak dan otomatis menghidukan mobil menjadi susah.

  • Aki Mengalami Penurunan Kualitas

Beberapa komponen yang terdapat pada mobil, memiliki batas waktu pemakaian termasuk juga kelistrikan mobil. Jika pemakaian sudah terlalu lama maka mobil akinya akan mengalami penurunan kualitas. Jika hal tesebut terjadi maka anda harus cepat mengganti baterai mobil.

Cara Menghidupkan Mobil yang Akinya Tekor

Kondisi mobil yang akinya soak atau tekor menjadi permasalahan yang sering kali merepotkan bagi setiap kendaraan, hal tersebut menjadikan proses menghidupkan mobil menjadi sangat susah. Berikut ini berbagai cara menghidupkan mobil yang akinya soak.

1. Menggunakan Cara Jumper Aki Mobil Untuk Menghidupkan Aki Mobil

Dengan Cara Jumper Aki Mobil

Yang pertama adalah dengan CARA JUMPER AKI MOBIL, jumper aki adalah cara menghidupkan mobil dengan bantuan mobil lain menggunakan bantuan kabel jumper. Istilah ini sering di sebut donor aki atau juga di pancing menggunakan kabel jumper.

Untuk mengatasi kondisi mobil yang akinya soak maka ada baiknya anda kabel jumper selalu tersedia di dalam mobil. Berikut ini langkah langkahnya.

  • Langkah pertama adalah menghidupkan terlebih dahulu mobil yang akan menjadi donor untuk memancing aki yang soak.
  • Hubungkan kabel arus positif yang berwarna merah pada terminal positif aki mobil donor dan mobil yang akinya soak.
  • Kemudian hubungkan arus negtif aki mobil pendonor pada terminal mobil yang akinya soak.
  • Perlu aspek kehati-hatian jangan sampai kepala jumper bersentuhan, hal tersebut dapat mengakibatkan kerusakan pada aki mobil donor.
  • Jika semuanya telah terpasangang, lakukan proses starter atau menghidupkan mobil , lalu injak gas mobil yang menjadi donor dan tahan pada 2000 Rpm.
  • Biarkan mesin mobil yang akinya soak hingga 10 sampai hingga 20 menit, agar alternator dapat melakikan pengisian kelistrikan.

2. Jumper dengan Bantuan Alat Charger Aki

Jumper dengan Bantuan Alat Charger Aki

Berikutnya ini cara menggunakan alat charger, namun proses ini membutuhkan waktu yang cukup lama. Cara menggunakan alat ini terbilang sangat mudah dan juga efektif. Berikut langkah langkahnya.

  • Hungungkan kabel merah (positif) pada terminal mobil yang akinya soak.
  • Langkah ke dua, hubungkan kabel hitam (Negati) terminal negatif mobi yang akinya soak.
  • Setelah itu sesuaikan angka aki yang soak, 12 v sampai 24 v.
  • Hubungkan alat charger pada sumber listrik dan kemudian tekan tombol on, maka arus listrik akan secara otomatis masuk dalam aki mobil yang soak.
  • Kemudian starter mobil, saat mesin menyala tahan putaran mesin pada angka 2000 Rpm dan biarkan mesin menyala.

3. Dengan Bantuan Dorong

Dengan Bantuan Dorong

Opsi dan cara berikutnya adalah dengan cara bantuan dorong dari tenaga manusia. Cara ini menjadi cara yang sering di gaunkana. Namun untuk menggunakan cara tersebut perlu memperhatikan langkah berikut.

  • Pastikan jarak langkah untuk menghidupkan mobil cukup panjang.
  • Cari beberapa orang untuk mendorong mobil anda.
  • Pastikan kunci dalam posisi ON
  • Tahan pedal kopling, kemudian masukna gigi transmisi pada posisi 2 atau 3.
  • Setelah dorongan mobil, di rasa untuk sampai pada kecepatan yang cukup, kemudian lepaskan injakan pedal kopling di barengi dengan injakan gas, dengan catatan gas juga harus berimbang, tidak di anjurkan terlalu besar atau juga terlalu kecil.
  • Setelah mesin menyala, tahan pedal gas pada putaran 2000 Rpm, biarkan hingga 10 sampai 20 menit sampai alternator terisi penuh dengan tegangan listrik.

4. Ganti Aki Mobil yang Soak dengan yang Baru

Seperti yang kita tahu, aki atau baterai merupakan komponen yang cukup krusial pada sebuah kendaraan. Seiring pemkaian yang terlalu lama, maka komponen tersebut akan mengalami penurunan kualitas. Idealnya jika hal tersebut terjadi, maka akinya harus segera di ganti dengan yang baru.

Mengatasi mobil yang akinya soak memang dapat menggunakan cara charging, namun jika kondisi akinya telah menua, maka jarak pakainya tidak akan bertahan lama.

Akhir Kata

Mengalami masalah tersebut memang seringkali terjadi tanpa di tandai dengan gejala-gejala yang di rasakan para pengguna kendaraan. Untuk mengatasi hal tersebut, ada baiknya penggunaan berbagai komponen kelistrikan di dalam kendaraan, harus di gunakan dengan batasan tertentu, demikian beberapa cara menghidupkan mobil yang akinya soak, semoga ulasan yang kami informasikan bermanfaat untuk anda.

Abdullah Ginanjar Seorang Teknisi Yang Sekarang Ini Aktif Di Dunia Blogger

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *