14 Cara Mengatasi Mesin Motor Cepat Panas & Penyebab 2020

Motor menjadi salah satu jenis alat transportasi paling banyak digunakan oleh banyak orang, adapun beberapa alasannya seperti perawatan sangat mudah. Sebagai contoh saja dan sering dialami oleh banyak orang yakni mesin motor cepat panas, untuk mengatasinya terdapat cara mengatasi mesin motor cepat panas bisa kalian lakukan.

Adapun beberapa cara bisa kalian lakukan apabila mengalami permasalahan seperti suhu panas mesin tidak wajar. Namun sebelum kalian mengatasi panas mesin, pastikan terlebih dahulu penyebabnya terlebih dahulu. Sehingga dalam tahapan mengatasi suhu panas tersebut langsung tertuju ke pokok permasalahannya dan itu akan mempersingkat waktu serta tenaga.

Namun dari kebanyakan orang sulit untuk mencari sumber dari permasalahan, biasanya hal tersebut dikarenakan pengguna tidak tahu sama sekali soal mesin. Sehingga ambil jalan alternatif atau jalur cepat yakni memasukan ke bengkel, namun tidak ada salahnya juga si jika kita sedikit demi sedikit mencari informasi atau ilmu dunia otomotif. Jadi, sewaktu-waktu mengalami permasalahan kecil bisa diatasi sendiri.

Dari sekian banyak orang mengeluhkan problem ini, biasanya terjadi pada motor tahun lama. Sangat berbeda sekali dengan motor rakitan tahun sekarang sudah menggunakan teknologi sangat canggih, permasalahan seperti mesin cepat panas jarang terjadi. Sesuai dengan judul diatas, kami akan informasikan kepada kalian semua mulai dari penyebab dan cara mengatasinya.

Penyebab & Cara Mengatasi Mesin Motor Cepat Panas

Penyebab Cara Mengatasi Mesin Motor Cepat Panas

Penyebab Mesin Motor Cepat Panas

Ada cukup banyak sekali penyebab kenapa suhu mesin motor lebih cepat panas, jika kalian mengalami problem seperti ini. Maka kalian semua wajib tahu penyebabnya, sehingga dapat mengatasi dengan mudah dan tahu sumber dari penyebabnya apa. Berikut ini Spbukita.com sampaikan beberapa penyebabnya.

Volume Oli Mesin Kurang

Untuk penyebab yang pertama ialah volume oli mesin kurang, karena seperti kita ketahui sendiri jika oli mesin kurang. Maka suport untuk melumasi dan menahan suhu panas sudah pasti berkurang, hal ini terjadi karena pergantian oli baru tidak secara rutin sehingga lama kelamaan oli akan mengurang.

Telat Ganti Oli

Jika motor sering telat ganti oli maka akan mengakibatkan mesin motor anda cepat panas, karena kualitas dari oli tersebut sudah tidak bagus lagi. Bahkan akibat dari telat ganti oli akan merusakan beberapa komponen didalam mesin, bahkan yang sering terjadi mesin motor akan gancet.

Oli Mesin Tidak Cocok

Banyak sekali jenis oli mesin bisa kita gunakan untuk motor kesayangan kita semua, namun tidak semua jenis cocok dengan karakter dari motor tersebut. Alhasil mesin motor akan cepat panas, untuk itu kami sarankan bagi kalian semua untuk mengganti dengan oli mesin yang pasti kualitasnya bagus.

Terlalu Sering Ganti Merk Oli Mesin

Nah ini sering terjadi bagi kebanyakan orang, kenapa kami simpulkan seperti ini. Karena komposisi dari setiap merk oli mesin akan berbeda-beda, sehingga menyebabkan suhu panas pada motor akan sangat cepat.

Kipas Radiator Rusak

Ada cukup banyak sekali penyebab kenapa suhu motor cepat panas, salah satunya kipas radiator rusak. Sehingga kinerja radiator tidak bekerja dengan sempurna, hal ini sangat-sangat menyebabkan cepat panas. Karena pada dasarnya radiator sangat bergantung sekali dari kipas tersebut untuk menghilangkan suhu panasnya.

Sering Membawa Beban Berat

Jika motor anda sering membawa barang-barang berat, maka secara otomatis mesin akan bekerja lebih keras dan itu bisa menyebabkan cepat panas. Karena mesin akan bekerja dua kali lipat, nah ini menjadi penyebab kenapa cepat panas.

Sering Melakukan Perjalanan Jauh

Jika anda sering berkendara jauh sampai luar kota, ini bisa menjadi penyebabnya. Apalagi dalam setiap perjalanan kalian semua tidak pernah istirahtkan motor, sehingga mesin akan bekerja terus menerus dan membuat suhu semakin tambah panas. Jika kalian lakukan berulang kali, maka kemungkinan besar beberapa komponen pembakaran akan mengalami kerusakan.

Mesin Tidak Standar Pabrik

Untuk penyebab selanjutnya ialah mesin tidak sesuai standar pabrik, semisalnya saja penggunaan noken as di papras untuk menghasilakn putaran lebih cepat. Sehingga proses pembakaran semakin cepat pula. Selain itu juga untuk penggunaan suplay bahan bakar tidak standar, terutama untuk mesin dengan tipe karburator.

Cara Mengatasi Mesin Motor Cepat Panas

Cara Mengatasi Mesin Motor Cepat Panas

Ketika mesin motor mulai dihidupkan, maka secara otomatis semua komponen akan bergerak dan bekerja sesuai dengan tugasnya masing-masing. Maka tak heran bila lama kelamaan mesin motor akan panas, namun akan berbeda sekali jika mesin baru dihidukpan namun mesin lebih cepat panas. Nah itu terdapat penyebabnya dan harua kalian atasi, berikut ini beberapa tips mengatasi mesin motor cepat panas.

1. Untuk langkah pertama kalian harus cek oli mesin motor anda apakah dalam kondisi masih bagus atau tidak. Karena seperti kita ketahui sendiri jika fungsi dari oli mesin tidak hanya sebagai pelumas saja, namun berfungsi untuk mengurangi suhu panas yang terjadi ketika mesin mulai dihidupkan.

2. Pastikan jika motor digunakan sesuai dengan standar pemakaian, semisalnya saja membawa orang dengan berat lebih dari kapasitas akan membuat kinerja mesin semakin keras. Tentu hal tersebut akan mengakibatkan mesin motor akan cepan panas, meski motor dijalankan tidak terlelu jauh.

3. Sebelum kalian menggunakan motor kesayangan anda, alangkah baiknya jika sebelum mau digunakan. Panaskan terlebih dahulu motor kalian, hal tersebut bertujuan agar oli mesin didalamnya sudah menyebar ke beberapa komponen didalam mesin. Jadi ketika motor dijalankan, beberapa komponen sudah dilumasi dengan oli mesin tersebut.

4. Selalu cek radiator motor anda, jika motor anda menggunakan tipe Liquid Coolant maka pastikan selalu jika air radiator masih full. Apabila tinggal setengah, maka isi lagi untuk menjag supaya tidak sampaia kehabisan

5. Ketika melakukan perjalanan jauh, maka langkah paling bagus setiap kali jara sekian Kilometer motor di istirahtkan terlebih dahulu sampai mesin agak dingin. Hal ini bertujuan agar suhu panas didalam tidak menyebabkan beberapa bagian mengalami kerusakan.

6. Gunakan knalpot standar saja, karena penggunaan knalpot racing dapat menyebabkan mesin cepat panas dikarenakan tidak sesuai dengan standard pabrikan

Dari sekian banyak pengguna motor 4 tak paling utama, kejadian mesin cepat panas memang sering terjadi. Apalagi jika motor anda sudah berumur sudah pasti, namun hal ini bisa kalian minimalisir dengan beberapa cara yang sudah kami sampaikan diatas. Nah itulah informasi yang sudah Spbukita.com sampaikan kepada kalian semua, selain itu  juga kami banyak membahas tentang dunia otomotif seperti penyebab kap mesin mobill getar contohnya dan masih banyak lagi lainnya.

You May Also Like

About the Author: Abdullah Ginanjar

Seorang Teknisi Yang Sekarang Ini Aktif Di Dunia Blogger