Abdullah Ginanjar Seorang Teknisi Yang Sekarang Ini Aktif Di Dunia Blogger

7 Cara Mencegah Baut Dol Pada Motor : Slek & Rusak

Cara Mencegah Baut Dol Pada Motor

Cara Mencegah Baut Dol Pada Motor – Salah satu kendala para mekanik dalam sebuah perbaikan komponen motor adalah sering menemukan kondisi baut dol ataupun slek sangat susah sekali di buka. Kondisi tersebut di kerenakan kondisi baut kemungkinan salah pemasangan, sehingga seolah- olah baut tersebut menjadi paten atau terkunci permanen.

Baut motor slek atau dol adalah kondisi penempatan drat baud serta lubang drat yang tidak pas, namun cenderung di paksakan untuk bisa masuk. Kondisi tersebut berakibat baut tidak terpasang sempurna, hal tersebut mungkin sangat sepele, namun kita akan sedikit repot untuk membukanya.

Tidak hanya soal CARA MEMBUKA BAUT YANG DOL saja, kondisi baut motor dol ataupun slek, jika di pasang kembali juga akan tidak maksimal, besar kemungkinan bisa memperngaruhi kodisi komponen yang akan di kunci. Sebagai contoh baut oli motor yang dol menyebabkan kebocoran.

Sepele memang, namun jika tidak ada pencegahan bisa mempengaruhi kinerja berbagai komponennya. Berikut ini spbukita akan berbagi tips tentang, cara mencegah baut dol ataupun slek pada motor, cara tersebut bisa anda praktekan sendiri di rumah.

Penyebab Baut Dol Pada Motor

Cara Mencegah Baut Dol Pada Motor

Penyebab baut dol atau slek, memang di pengaruhi berbagai faktornya, namun kebanyakan memang adalah pemasangan baut pada komponen motor salah pemasangan. Berikut adalah faktor penyebab baut dol serta slek di dalam struktur motor.

  • Pemasangan baut jika tidak sempurna, dan tetap di paksakan untuk masuk dalam ruang drat baut. Akibatnya kondisi ulir baut akan aus, atau besar kemungkinan ulir baut bisa mengelupas.
  • Berikutnya adalah faktor kotoran yang menempel di ulir baut, hal ini menjadi perhatian saat pemasangan. Pastikan dalam memasang baut, tidak ada kotoran berupa pasir atau karat. Jika kondisi ulir baut terdapat kotoran maka akan susah sekali masuk dalam ruang drat baut.
  • Berikutnya adalah, perbedaan ukuran kecil drat baut dengan lubang drat, namun di paksakan untuk tetap masuk.

Peralatan Untuk Membuka Baut Dol

Peralatan Yang Digunakan Saat Membuka Baut Dol

Sederhana sekali peralatan yang di gunakan untuk membuka baut dengan kondisi aus ataupun karatan. Berikut ini adalah alat untuk melepas baut motor dalam kondisi dol dan slek.

  • Menggunakan kunci ring, anda bisa mencobanya dengan menyesuaikan ukuran baut motor yang akan di lepas.
  • Menggunakan obeng, di sesuaikan dengan bentuk baut min ataupun plus.
  • Palu atau martil, fungsi saat pemakaian adalah untuk mengencangkan obeng agar terpasang secara benar, dan juga untuk sedikit menggoyang posisi baut agar ruang ulir sedikit terbuka.

Cara Mencegah Baut Dol Pada Motor

Berikut ini adalah bagai mana cara mencegah baut motor dol ataupun slek dan dapat di praktekan sendiri di rumah.

1. Menggunakan Cat Kuku

Menggunakan Cat Kuku

Cara mencegah baut dol serta slek pertama adalah dengan cara menggunakan metode pengecatan. Anda bisa menggunakan cat kuku, caranya adalah oleskan pada ulir baut dan juga drat bautnya dan biarkan sampai meresap.

2. Menggunakan Minyak Rem

Minyak Rem

Cara mencegah berikutnya adalah menggunakan minyak rem, karakteristik minyak rem memang mampu sebagai pelicin antara ulir baut serta juga drat bautnya sendiri. Cara menggunakannya sama oleskan pada bagian ulir baut dan dratnya, biarkan sampai meresap, selain itu minyak rem juga mencegah baut berkarat dan tidak mudah aus.

3. Menggunakan Cairan Oli

Menggunakan Cairan Oli

Cara mencegah baut dol dan slek pada motor berikutnya adalah menggunakan gemuk atau oli, cara metode ini sama persis seperti menggunakan cat kuku dan juga minyak rem. Oleskan oli atau gemuk pada bagian ulir baut dan bautnya secara merata.

4. Hindari Pemasangan Baut Terlalu Kencang

Hindari Pemasangan Baut Terlalu Kencang

Berikutnya ini cara mencegah sederhana, caranya hindari pemasangan baut terlalu kencang, hal ini di karenakan pemasangan baut terlalu kencang akan merusak ulir baut. Sehingga akan susah jika saat akan di pasang ataupun juga akan di lepaskan.

5. Mengganjal Baut dengan Seng

Menggunakan Seng

Cara mencegah berikut ini bisa di lakukan jika keadaan darurat, adapun seng yang dapat di gunakan adalah seng dengan struktur tipis, misalnya bekas kaleng minuman. Namun di anjurkan dalam keadaan darurat saja karena kekuatan penguncinya tidak akan sempurna.

6. Menggunakan Cor Alumunium

Cara ini cukup efektif untuk mencegah baut dol ataupun slek, cor terlebih dahulu lubang drat menggunakan alumunium cair. Kemudian lubangi dengan bor dengan ukuran lebih kecil kemudian masukan kembali baut ke lubang drat.

7. Recoil

Cara Mencegah Baut Dol Pada Motor Recoil

Berikutnya ini adalah cara mencegah baut dol dan slek pada motor dengan cara merecoil baut, caranya pilih rekoil untuk di sesuaikan dengan ukuran baut yang akan di gunakan. Cara ini bisa di bilang mengembalikan ukuran drat pada posisi semula.

Kesimpulan

Cara mengatasi baut dol ataupun slek dan susah sekali di buka memang membutuhkan pencegahan. Selain 7 di atas cara mencegah baut aus juga bisa di lakukan dengan cara rutin membukanya sehingga meminimalisir korosi. Demikian yang dapat kami sampaikan mengenai Cara mencegah baut dol pada motor, semoga informasi yang kami rangkum bermanfaat untuk anda.

Abdullah Ginanjar Seorang Teknisi Yang Sekarang Ini Aktif Di Dunia Blogger

4 Cara Menghidupkan Mobil yang Akinya Soak, Praktis &…

Cara Menghidupkan Mobil yang Akinya Soak – Menghidupkan mobil yang akinya soak memang membutuhkan extra kesabaran, terlebih saat sedang di keramaian seperti di jalanan,...
Abdullah Ginanjar
3 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *