8 Cara Memperbaiki Sensor Parkir Mobil Tidak Berbunyi

Cara Memperbaiki Sensor Parkir Mobil – Mobil keluaran terbaru saat ini memang selalu dilengkapi dengan beragam fitur yang sangat menarik, seperti alarm mobil, fitur interior dan eksterior serta yang paling unik adalah fitur sensor parkir. Dimana dengan adanya fitur ini pengendara akan lebih mudah ketika hendak memarkirkan mobil mereka dirumah ataupun ditempat lain.

Sebelum fitur ini masuk kesetiap mobil, kita tentu akan lebih kesulitan ketika hendak memarkirkan mobil kita bukan? Biasanya kita membutuhkan orang untuk menjadi juru parkir sementara. Nah dengan adanya sensor parkir mobil ini semua menjadi lebih mudah dan aman karena ketika parkir mundur sensor tersebut akan berbunyi jika kita hampir menyenggol tembok atau barang lain yang ada dibelakang mobil.

Berbicara mengenai sensor mobil, apakah kalian pernah mengalami sensor parkir mobil tidak berbunyi? Inilah yang akan kita bahas pada pertemuan kali ini. Cara memperbaiki sensor parkir mobil ini ada beberapa langkah yang wajib kalian ketahui. Namun sebelum itu alangkah baiknya untuk memahami terlebih dahulu apa penyebab sensor parkir tidak berbunyi atau berfungsi.

Penyebab tersebut yang dapat menjadi acuan kita dalam urusan perbaikan. Untuk memperbaikinya pun kalian dapat membawanya ke bengkel resmi dengan montir ahli dalam hal ini agar nantinya sensor tersebut dapat berfungsi dengan maksimal kembali. Baiklah langsung saja kita simak cara memperbaiki sensor parkir mobil tidak berbunyi berikut ini.

Cara Memperbaiki Sensor Parkir Mobil Tidak Berbunyi

Cara Memperbaiki Sensor Parkir Mobil

Penyebab Sensor Parkir Tidak Berbunyi

Sebelum kalian menuju ke cara mengatasinya, alangkah baiknya jika kalian mengalami masalah pada sensor parkir mobil kalian yang tidak berbunyi. Kalian dapat terlebih dahulu mengecek apa yang menyebabkan sensor tersebut tidak berbunyi atau mati ketika mobil dalam posisi hendak parkir. Apa saja penyebabnya, mari kita kenali berikut ini:

  • Sensor mundur yang berada di bumper belakang terlepas, tertutup kotoran, atau rusak.
  • Tegangan listrik yang ke sensor mundur tidak mengalir.
  • Massa (kabel negatifnya) putus atau tidak terpasang.
  • ECU (modul) sensor mundurnya rusak.
  • Switch sensor mundurnya mati atau rusak.
  • Buzzer speaker mati.
  • Fuse lampu mundurnya putus.

Cara Memperbaiki

Seperti masalah sensor parkir pada mobil yang tidak bunyi. perlu kalian ketahui juga bahwa penyebab sensor mobil tidak bunyi adalah dikarenakan adanya kerusakan pada buzzer dan cara mengatasinya dengan cara mengganti Buzzer dengan Buzzer yang baru, bukan modulnya.

Dimana pada buzzer terdapat 2 buah kabel berwarna merah dan juga hitam. Warna merah sendiri untuk positif dan hitam untuk negatif. Pada buzzzer biasanya kaki positif diberi tanda (+) pada bagian atas buzzer. Untuk ukuran buzzer bisa dibawa contohnya agar tidak keliru ketika membeli di toko elektronik.

Dalam hal ini alangkah baiknya jika kalian membawa mobil kalian ke bengkel resmi yang sudah memiliki montir ahli dalam hal ini agar pengerjaan menjadi lebih maksimal. Baiklah mungkin hanya ini saja yang dapat kami sampaikan, semoga artikel diatas dapat bermanfaat bagi kalian semua.

You May Also Like

About the Author: Abdullah Ginanjar

Seorang Teknisi Yang Sekarang Ini Aktif Di Dunia Blogger