17 Cara Membuka Baut Yang Dol Untuk Mobil & Motor

Kemajuan teknologi saat ini memang semakin memudahkan kita untuk melakukan aktivitas apa saja. Kita juga dapat membuat terobosan baru yang tentu diharapkan akan memudahkan masyarakat lain dalam menjalankan setiap aktivitas. Beragam inovasi saat ini juga sudah dihadirkan, seperti dengan adanya mobil, sepeda motor, smartphone canggih dan lain sebagainya.

Semua benda tersebut tentu sudah sangat melekat dalam kehidupan sehari-hari. Namun perlu kalian ketahui juga bahwa tidak selamanya barang-barang tersebut dapat berfungsi dengan baik dan tahan lama. Ada kalanya barang-barang yang erat dengan kehidupan kita mengalami masalah, baik karena usia atau kelalaian penggguna. Memang selalu ada saja masalah tak terduga yang timbul di kehidupan kita.

Bisa kita contohkan pada sepeda motor yang kita miliki saat ini. Motor jika kurang perawatan tentu akan mudah terjadi masalah. Dan masalah yang sering kita alami adalah baut motor yang dol atau slek. Cara membuka baut yang dol pada motor atau mobil tentu akan sangat menyusahkan bukan. Baut dol juga nantinya tidak dapat kita gunakan lagi, dan artinya kita harus segera mengganti baut tersebut dengan yang baru.

Permasalah mengapa baut dol atau susah dilepas biasanya dikarenakan kualitas baut itu sendiri dan juga kesalah ketika pemasangan. Hal ini perlu kalian waspadai jika tidak ingin terjadi hal demikian di sepeda motor atau mobil kalian. Baiklah daripada penasaran lebih baik langsung saja kita simak ulasan mendalam mengenai cara membuka baut yang dol pada sepeda motor dan mobil yang telah kami siapkan berikut ini.

Cara Membuka Baut Yang Dol Untuk Mobil & Motor

Cara Membuka Baut yang Dol

Cara Membuka Baut yang Dol atau Slek

  1. Pakailah kunci ring atau kunci sok yang mempunyai penampang segi enam. Usahakan jangan menggunakan kunci yang mempunyai gerigi.
  2. Jika memungkinkan, sambunglah kunci tersebut dengan obeng supaya ukurannya menjadi lebih panjang sehingga mudah digunakan.
  3. Pasanglah kunci pada baut yang sudah gundul tersebut. Pukul beberapa kali memakai martil agar lubang kunci bisa melesat masuk dan mencengkeram baut.
  4. Khusus untuk baut yang kondisinya sudah terlalu kelas, kalian bisa memukul kepala baut tersebut sehingga bisa dicengkeram oleh kunci ring.
  5. Kemudian coba menggerakkan kunci berlawanan arah jarum jam. Berikan tekanan secara perlahan-lahan agar baut bisa sedikit berputar.
  6. Apabila sudah berhasil memutar posisi baut sedikit saja artinya trik ini sukses dilakukan. Silakan lanjutkan perjuangan kalian.

Cara Membuka Mur yang Berkarat

Mur Berkarat

  1. Apabila kondisi mur yang sudah karatan ini kotor karena tertutupi oleh partikel-partikel debu, kalian bisa menyikat permukaannya terlebih dahulu.
  2. Oleskan minyak rem ke bagian kepala mur tersebut. Lalu sedikit demi sedikit kalian bisa mengoleskan minyak rem ini ke bagian tubuh mur melalui celah-celahnya.
  3. Biarkan selama beberapa saat agar minyak rem meresap masuk dan melumasi seluruh bagian mur. Kalian bisa menunggu selama 15-30 menit.
  4. Sekarang kalian bisa mencoba melepaskan mur ini menggunakan kunci yang sesuai. Lakukan gerakan bolak-balik dengan sedikit hentakan.
  5. Hati-hati saat memutar mur tersebut agar tidak membuatnya menjadi gundul. Sekali saja kalian berhasil menggerakkan mur ini, maka selanjutnya akan mudah.

Cara Membuka Baut yang Sulit Keluar

Baut Sulit Keluar

  1. Siapkan obeng minus yang penampang ujungnya berukuran tipis sekali. Obeng ini akan sangat membantu kalian dalam mengangkat baut.
  2. Masukkan ujung obeng tersebut di sela-sela antara baut dan permukaan benda. Kalian bisa mencongkelnya secara paksa supaya baut agak terangkat.
  3. Tahan posisi obeng minus agar tetap mencongkel baut. Kemudian gunakan kunci ring untuk memutar baut dengan gerakan berlawanan arah jarum jam.

Cara Membuka Mur yang terlalu Keras Ketika Dilepas

Mur Terlalu Keras Ketika Dilepas

  1. Siapkan obeng ketok yang kokoh. Jika tidak punya, kalian bisa menggunakan obeng plus sebagai alternatifnya.
  2. Posisikan obeng tersebut menancap di kepala mur. Lalu pukul obeng ini menggunakan palu agar posisi mur lebih menancap ke dalam.
  3. Selanjutnya kalian bisa membuka mur tadi lebih mudah. Silakan putarlah mur tersebut berlawanan arah jarum jam dengan sedikit hentakan.

Nah itulah beberapa cara membuka baut yang dol, slek atau gundul yang dapat kalian lakukan. Kasus seperti pasti ada di setiap motor atau mobil, terlebih jika usia kendaraan yang kalian miliki sudah terlalu tua. Untuk mengatasi masalah ini kalian dapat menggunakan beberapa cara yang sudah kami sampaikan diatas. Baiklah hanya ini saja yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat bagi kalian semua.

You May Also Like

About the Author: Abdullah Ginanjar

Seorang Teknisi Yang Sekarang Ini Aktif Di Dunia Blogger