Ukuran Stang Seher Semua Jenis Motor Harus kalian Ketahui

Pada sebuah kendaraan roda dua atau motor memang terdapat cukup banyak komponen penting pada sebuha mesin motor. Dikesempatan sangat baik ini Spbukita.com akan informasikan kepada kalian semua beberapa ukuran Stang Seher untuk semua jenis motor yang ada untuk saat ini. Mungkin dari kalian semua belum banyak tahu akan fungsi Stang Seher atau stang piston.

Batanbg torak atau stang seher memiliki fungsi untuk menghubungkan piston atau seher ke poros engkol,lalu selanjutnya akan menerima tenaga dari piston setelah melakikan pembakaran dan melanjutkan pada poros engkol sehingga menghasilkan putaran pada kruk as. Maka dari itu komponen ini sangat penting sekali terhadap sebuah kendaraan roda dua atau motor

Namun tidak semua jenis motor memiliki ukuran stang piston yang sama, karena ada beberapa jenis motor dengan ukuran piston yang berbeda pula. Maka dalam pergantian stang seher harus ketahui terlebih dahulu ukuranya, dimana pas bagian-bagian batang engkol memiliki ukuran berbeda pula. Dalam hal pergantian batang engkol memang jarang sekali terjadi, dalam penggunaan komponen ini paling banyak digunakan pada motor balap.

Jika anda merupakan seorang mekanik atau pecinta motor balap, pastinya sudah tidak asing lagi dengan komponen satu ini dan bahkan sudah tahu ukuran-ukurannya. Namun akan berbeda beberapa orang hanya sekedar pengguna saja, pastinya akan bingung bila ditanyakan ukurannya. Nah dikesempatan sangat baik ini Spbukita.com akan menjelaskan kepada kalian semua dan informasikan beberapa ukuran stang piston untuk semua jenis motor.

Ukuran Stang Seher Semua Jenis Motor Harus kalian Ketahui

Ukuran Stang Seher Semua Jenis Motor

Dari sekian banyak jenis stang seher, akan sangat berbeda sekali pada jenis motor 2 tak. Untuk mengetahui ukurannya sangat mudah sekali, semilanys saja terdapat angka 16/20 maka artinya memiiki besar 16 mm dan besaran pen lalu untuk angka 20 merupakan diamter lubang pen seher. namun akan berbeda dengan jenis motor 4 tak, terdapat keterangan P, SP dan BP, keterangan tersebut memiliki artinya masing-masing. Untuk lebih jelasnya dapat simak saja ulasan dibawah ini.

Keterangan Ukuran Pada Stang Seher

Mungkin dari sekian banyak pengguna kendaraan, kami yakin jika tidak semua orang tahu berapa ukuran stang seher pada motor kesayangan anda semuanya. Bahkan tidak semua orang bisa membaca ukuran pada sebuah stang seher, agar bisa mengetahui ukurannya dapat lihat dari kterengannya. Berikut ini keterangan ketika anda ingin membaca sebuah ukuran dari Stang piston

P = Panjang Stang Seher atau Piston
SP = Ukuran Pen Seher atau Piston
BP = Ukuran Pen Bawah atau Big End

Ukuran Stang Seher Semua Jenis Motor

Ukuran Stang Seher

Diatas juga sudah sempat kami sampaikan kepada anda semua, apabila setiap jenis kendaraan dari beberapa merk motor memang memiliki ukuran berbeda-beda. Maka dari itu kita harus mengetahui ukurannya, nah disini kami akan memberikan beberapa ukuran untuk semua jenis motor.

Yamaha

Motor YamahaUkuran
Yamaha jupiter ZP : 92

SP : 13

BP : 26

Yamaha MioP : 93.5

SP : 15

BP : 28

Yamaha MX / VixionP : 97

SP : 14

BP : 28

Yamaha ScorpioP : 100.5

SP : 16

BP : 30

Yamaha BysonP : 98

SP : 15

BP : 28

Yamaha RX KingP : 100

SP : 20/ 16

BP : 22

Yamaha Fiz RP : 96

SP : 18/14

BP : 20

Honda

Motor HondaUkuran
Honda BEATP:93

SP:13

BP:25

Honda VARIOP:93

Sp:13

Bp:26

Honda AstreaP : 94

SP : 13

BP : 25

Honda KarismaP : 100

SP : 13

BP : 25

Honda TigerP : 105.5

SP : 15

BP : 30

Honda LegendaP : 97

SP : 13

BP : 25

Honda Karisma: 100

SP : 13

BP : 25

Suzuki

Motor SuzukiUkuran
Suzuki SpinP:97

Sp:14

Bp:28

Suzuki SHOGUNP : 94

SP : 14

BP : 2

Suzuki  Satria FU 150P : 102.5

SP : 16

BP : 30

Suzuki FD125XS/SHOGUNP : 102.7

SP :14

BP : 28

Kawasaki

Motor KawasakiUkuran
Kawasaki NinjaP : 105

SP : 15

BP : 25

Kawasaki ZX 130P : 100, 2

SP : 13

BP : 22

Kawasaki KR 150P : 105

SP : 15

BP : 25

Kawasaki KazeP : 100

SP : 13

BP : 26

Nah itulah beberapa ukuran stang piston atau seher yang sudah kami sampaikan kepada kalian semuanya, untuk beberapa jenis kendaraan roda dua ada yang memiliki ukuran sama dan ada juga yang tidak sama. Maka dari itu kita harus mengetahui ukurannya apabila sewaktu-waktu motor harus diganti komponen satu ini. Mungkin cukup sekian informasi dapat Spbukita.com sampaikan kepada anda semua, semoga saja informasi seperti diata bisa membantu kalian semua dan menambah ilmu seputar dunia otomotif.

You May Also Like

About the Author: Abdullah Ginanjar

Seorang Teknisi Yang Sekarang Ini Aktif Di Dunia Blogger