√ Tanda Packing Silinder Head Mesin Rusak

Tanda Packing Silinder Head Mesin Rusak

Tanda Packing Silinder Head Mesin Rusak – Pada artikel sebelumnya telah dibahas mengenai salah satu komponen mobil yakni Engine Mounting dengan judul TANDA ENGINE MOUNTING RUSAK. Nah di kesempatan kali ini Spbukita kembali membahas mengenai salah satu komponen mobil yaitu Silinder Head, khususnya mengenai packing atau gasket silinder head.

Silinder head sendiri merupakan komponen inti dari sebuah mesin mobil sebagai tempat proses pembakaran berlangsung, dimana pada silinder head ini terdapat bagian-bagian yang akan bekerja secara bersama-sama untuk proses pembakaran, sehingga proses pembakaran bisa berlangsung dan mesin bisa bekerja dengan optimal. Bagian-bagian tersebut diantaranya yaitu katup, ruang bakar, rumah injektor, dudukan busi dan tentunya packing atau gasket silinder head.

Packing silinder head memiliki peran penting untuk berlangsungnya proses pembakaran yang optimal, sebah jika packing silinder head rusak maka akan bisa terjadi kebocoran dan tentunya proses pembakaran jadi terganggu. Makanya sangat penting untuk selalu memperhatikan serta melakukan perawatan secara rutin pada komponen ini.

Untuk mengetahui lebih detail mengenai packing atau gasket silinder head, simak pembahasan lengkapnya dari Spbukita mengenai komponen ini, seperti misalnya fungsi, pengertian tan tentunya seperti judul di artikel kali ini yakni tentang ciri atau tanda – tanda packing silinder head rusak.

Tanda Packing Silinder Head Mesin Rusak

Tanda Packing Silinder Head Mesin Rusak.

Di mesin mobil sendiri, packing silinder head merupakan penyambung sekaligus perapat antara blok mesin dengan kepala silinder. Seperti kita ketahui bahwa kepala silinder dan blok mesin terbuat dari material logam yang mempunyai sifat keras dan kaku, jadi meski sudah dibuat dengan sangat presisi namun penyambungan antara silinder head dengan blok mesin tetap saja terdapat celah dan untuk itulah digunakan packing sebagai penyatu.

Dengan adanya packing silinder head kebocoran tekanan kompresi melalui celah antara silinder head dengan blok mesin bisa dihindari, tetapi seiring dengan usia pemakaian yang terus menerus tidak menutup kemungkinan packing silinder head rusak. Kerusakan packing ini tentu saja akan mengurangi performa dari mesin mobil itu sendiri, sehingga diperlukan pengecekan dan perawatan secara rutin pada komponen ini. Untuk mengetahui rusak atau tidaknya packing, bisa dilihat melalui ciri atau tanda – tanda sebuah packing silinder head rusak, berikut beberapa tanda – tanda packing atau gasket silinder head rusak :

1. Mesin Mobil Sering Overheating

Overheating sendiri adalah merupakan suatu kondisi dimana suhu mesin mengalami peningkatan yang melebihi suhu kerja normalnya. Overheating bisa terjadi karena pendinginan mesin yang tidak maksimal akibat dari berkurangnya cairan radiator (radiator coolant). Penyebab berkurangnya volume cairan radiator bisa berbagai macam, dan salah satunya yaitu karena packing silinder head rusak sehingga terjadi kebocoran.

2. Air Radiator Mengandung Minyak

Tanda – tanda packing silinder head mesin rusak berikutnya yakni air radiator mengandung minyak. Ketika melakukan pengecekan pada air radiator dan didapati air radiator tersebut berminyak bisa sebagai tanda bahwa packing silinder head rusak. Packing rusak bisa menyebabkan adanya rembesan oli dan bercampur dengan air radiator.

3. Kompresi dan Performa Mesin Menurun

Tanda packing silinder head mesin rusak juga bisa dilihat dari performa mesin dan kompresi yang menurun. Performa mesin menurun terjadi karena proses pembakaran campuran bahan bakar di dalam ruang bakar terganggu akibat kebocoran kompresi yang disebabkan dari packing silinder head rusak. Sehingga untuk mengembalikan performa mesin sebaiknya segera lakukan penggantian pada komponen ini.

4. Knalpot Mengeluarkan Asap Putih

Kemudian tanda – tanda packing silinder head rusak selanjutnya adalah keluarnya asap putih dari knalpot. Asap putih ini ada karena adanya percampuran oli dan air radiator yang ikut terbakar diruang bakar. Masuknya air dan oli ke dalam ruang bakar diakibatkan karena packing silinder head sebagai perapat jalur oli dari blok silinder ke silinder head rusak, sehingga terjadi kebocoran. Jadi ketikan knalpot kendaraan kita terlihat mengeluarkan kepulan asap putih, perlu waspada dan segera lakukan pengecekan pada komponen ini.

5. Terdapat Kebocoran Air Radiator Dibawah Manofold

Ciri atau tanda – tanda packing silinder head rusak yakni dibawah manifold terdapat kebocoran air radiator. Seperti kita ketahui salah satu fungsi dari packing ini adalah untuk merapatkan jalur water jacket dari blok silinder ke silinder head, jadi jika packing silinder head ini rusak maka air dari water jacket ini akan bocor/merembes keluar dan rembesan air ini akan terlihat dibawah manifold.

6. Oli Mesin Terlihat lebih Kental

Tanda – tanda packing rusak berikutnya yakni ketika oli mesin terlihat lebih kental dari biasanya. Ini terjadi karena ada percampuran antara oli dengan air radiator yang bocor dan masuk ke saluran oli didalam blok silinder akibat dari packing silinder head yang rusak. Jika hal ini dibiarkan terus menerus maka akan semakin banyak air masuk ke blok silinder dan bercampur dengan oli yang selanjutnya akan membuat oli jadi lebih kental serta berwarna putih kecoklatan.

7. Terdapat Gelembung Udara Didalam Tanki Radiator

Adanya gelembung udara didalam tanki radiator juga bisa sebagai tanda packing silinder head rusak. Adanya gelembung udara ini karena ada udara yang masuk dalam saluran sistem pendingin didalam mesin yang seharusnya tertutup, namun karena ada gelembung berarti menandakan ada bagian atau sisi yang terbuka dan bagian terbuka itu bisa terjadi karena packing silinder head rusak.

8. Air Radiator Berkurang dan Sering Habis

Jika radiator atau sistem pendingin mengalami kebocoran, tentunya akan terlihat bekas tetesan air dibawah mesin, tetapi jika ternyata tidak ada bekas tetesan air dan air radiator berkurang/sering habis bisa jadi penyebabnya karena atau sebagai tanda bahwa packing silinder head rusak. Kebocoran tersebut tidak terlihat karena air tersebut langsung masuk kedalam ruang bakar dan ikut terbakar pada proses pembakaran sehingga tidak meninggalkan bekas.

Fungsi Packing Silinder Head

Fungsi Packing Silinder Head

Dari penjelasan diatas dapat diambil kesimpulan mengenai fungsi dari komponen ini. Secara garis besar packing silinder head berfungsi untuk mencegah terjadinya kebocoran. Berikut detail fungsi dari packing silinder head :

  1. Sebagai perapat antara blok silinder dengan silinder head
  2. Sebagai pemisah jalur oli dengan ruang bakar
  3. Sebagai pemisah jalur air water jacket dengan ruang bakar
  4. Sebagai pencegah kebocoran kompresi di ruang bakar.

Nah itu dia beberapa fungsi penting dari packing atau gasket kepala silinder.

Akhir Kata

Demikian ulasan dari Spbukita mengenai tanda packing silinder head rusak yang bisa dibagikan, semoga bisa bermanfaat dan juga membantu serta bisa menambah wawasan bagi para pembaca artikel ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *