Abdullah Ginanjar Seorang Teknisi Yang Sekarang Ini Aktif Di Dunia Blogger

√ Suara Mesin Mobil Mendengung : Penyebab & Cara Mengatasi

Suara Mesin Mobil Mendengung

Suara Mesin Mobil Mendengung – Panik ketika mesin mobil mendengung? berikit ini spbu.com akan mengajak anda mencari tau apa penyebabnya, dan cara mengatasinya. Banyak pengendara mobil yang mengira dengungan desababkan oleh mesin.

Namun ternya suara mesin mobil mendengung bukan bersumber dari mesin itu sendiri, namun lebih di sebabkan oleh sitem yang penundukung kinerja mesin, seperthalnya sistem pemindah tenaga, namun tidak hanya hal tersebut masih banyak penyebab lain dari suara mobil mendengung.

Alasan berbagai komponen mobil yang sudah mengalami kerusakan juga dapat menjadi sebab mesin berdengung. Gangguan suara mesin yang mendengung seringkali membuat pengemudi panik, terlebih lagi saat mobil sedang dalam keadaan berjalan, dan perjalananpun menjadi terganggu.

Kenali penyebabnya lalu lakukan pergantian komponen, mungkin menjadi solusi terbaik agar mobil tidak mengeluarkan suara yang mendengung. Berikut ini adalah ulasan tentang sebab-sebab suara mesin mobil mendengung dan cara mengatasinya.

Suara Mesin Mobil Mendengung Penyebab & Cara Mendeteksi Suara Dengungan Mobil Terbaru

Suara Mesin Mobil Mendengung

Penyebab Mesin Mendengung

Tidak hanya faktor komponen yang menjadikan suara mobil mendengung. Faktor berkendara yang buruk dan kondisi medan banjir yang sering di paksakan di lewati olih pengemudi, sehingga membuat komponen mobil rusak. Berikut beberapa komponen yang membuat suara dengungan mesin mobil.

1. Kompresor AC yang Rusak

Kompresor AC yang Rusak Penyebab Dengungan Mobil

Penyebab dengungan pada mobil yang pertama adalah kerusakan pada kompresor AC, hal ini di sebabkan karena kompresor AC sudah aus, karena terlalu seringnya gesekan metal di dalamnya.

Hal ini dapat di rasakan saat suhu AC menggunakan temperatur paling dingin, maka suara dengungan akan terdengar sangat jelas, jika temperatur sedang maka suara dengungan akakn mengecil. Jika penyebab ini tidak segera di atasi maka komponen AC akan tersemubat dan di khawatirkan akan mengakibatkan kebocoran.

2. Power Steering Rusak

Power Steering Penyebab Suara Mesin Mobil Mendengung

Pemakaian sistem power steering hidrolik juga menyebabkan suara mobil mendengung, pasalnya terdapat komponen pompa power steering yang kemungkinan sudah aus, dah harus segera di ganti. Kondisi ini sangat di rasakan para pengendara saat setir mobil berbelok ke arah kanan.

3. Bering Pulley Mesin

Bearing Pulley Mesin Suara Mesin Mobil Mendengung

Bering Pulley Mesin menjadi sdeeret komponen mesin yang dapat menyebabkan dengungan. Komponen Bering Pulley Mesin Aus harus segera mendapat perbaikan, pasalnya komponen tersebut terhubung dengan pulley idler, pulley mesin, hingga pulley alternator yang sistem kerjanya akan tidak maksimal jika Bering Pulley Mesin tidak di lakukan perbaikan.

4. Kopel Joint

Kopel Joint Penyebab Suara Mesin Mobil Mendengung

Salah satu konponen penggerak roda belakang bernama Kopel Joint, juga menyebabkan suara mobil mendengung, pasalnya fungsi komponen tersebut adalah membuat poros propeller menjadi lebih fleksibel yang meneruskan putaran meski sudut gardan dan mesin naik turun.

5. Pemasangan Ban Salah Arah

Pemasangan Ban Salah Arah Suara Penyebab Mesin Mobil Mendengung

Permasalahan mesin mobil mengeluarkan bunyi dengungan tak selalu terletak pada mesinnya itu sendiri, penyebab pemasangan rotasi ban yang salah juga mengakibatkan mesin mobil mendengung. Jadi pastikan pemasangan pada mobil anda tidak salah arah.

6. Ban Tidak Rata

Ban Tidak Rata

Ban yang tidak rata juga menyebabkan mesin mobil mendegung, hal ini dapat anda buktikan saat mobil melintas di jalan yang tidak rata, maka mesin mobil akan mengeluarkan dengungan.

7. Bearing Roda

Bearing Roda

Faktor eksternal juga menjadi salah satu penyebab mesin mendengung, sepertihalnya Bearing Roda, baring roda bagian depan menjadi baguan yang sering aus, pasalnya fungsinya sebagai penahan kendali mobil. Bearing Roda yang sudah tidak layak pakai atau mengalami keausan mengakibatkan suara gesekan dan suara dengungan pada mesin.

8. Water Pump

Water Pump

Water pump juga menjadi salah satu komponen mobil yang memicu suara dengungan pada mesin, komponen ini berfungsi sebagai pemompa air pendingin pada radiator. Kelonggaran pada water pum juga dapat memicu bunyi dengungan, untuk mengatasinya cukup di kencangkan saja agar suara dengungan berkurang..

Cara Mendeteksi Suara Dengungan Mobil

Suara Mesin Mobil Mendengung terkadang sulit untuk di deteksi dari mana asalnya, kerana bunyinya yang sering kali berbarengan dengan kerasnya suara pada mesin, menjadi sulit untuk di deteksi kerusakannya.

Vehicle Noise Detector Suara Mesin Mobil Mendengung

Untuk mendeteksinya kita memerlukan sebuah alat khusus untuk mengetahui asal dengungan yakni dengan menggunakan alat bernama  vehicle noise detector yang dapat menjadi solusi untuk anda.

Demikian yang dapat kami sampaikan mengenai Suara Mesin mobil mendenung dan penyebab mobil mendengung, semoga informasi yang kami sampaikan di atas menjadi informasi yang dapat membantu anda dalam mengatasinya.

Abdullah Ginanjar Seorang Teknisi Yang Sekarang Ini Aktif Di Dunia Blogger

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *