Abdullah Ginanjar Seorang Teknisi Yang Sekarang Ini Aktif Di Dunia Blogger

25 Setelan Kopling Mobil yang Benar dan Cara Menyetel

Setelan Kopling Mobil yang Benar

Setelan Kopling Mobil yang Benar – Sering luput dari perhatian, bagai mana setelan kopling mobil yang benar. Seperti yang kita tahu, kopling mobil memiliki peranan penting pada sebuah kendaraan.

Peranannya dalam sistem penggerak sebuah kendaraan untuk membantu pengemudi dalam memindahkan gigi transmisi pada mesin. Tugas kopling cukup berat, yakni memutuskan tenaga putar dari mesin menuju sistem transmisi.

Hal tersebut bertujuan untuk perpindahan gigi bisa di lakukan dengan mudah. Memiliki peranan penting dalam sistem pemindah gigi transmisi, pemakaian dalam jangka panjang setelannyapun mengalami perubahan.

Perubahan tersebut tentu saja menurunkan kinerja kopling, untuk itu segera atasi setelan kopling mobil anda. Berikut ini spbukita.com akan berbagi tips tentang setelan kopling mobil yang benar.

Setelan Kopling Mobil yang benar

Setelan Kopling Mobil yang Benar

Alasan Setelan Kopling Mobil Harus Benar

Setelan kopling mobil yang benar menjadi wajib untuk para pengguna kendaraan mobil, pasalnya jika salah penyetelan tentunya berimbas pada kinerja kopling itu sendiri. Jika tidak segera di atasi besar kemungkinan akan terjadi kerusakan komponen pada kopling secara menyeluruh yang tentunya menyebabkan kerugaian, pasalnya BIAYA GANTI KOPLING MOBIL sangat mahal.

Setelan kopling mobil yang benar di sarankan harus tepat, pengukurannya jangan telalu mepet dan juga tidak terlalu longgar. Penyetelan kopling yang terlalu mepet juga memiliki dampak yang kurang baik pada performa dan juga power mobil.

Cara Menyetel Kopling Mobil

Ada beberapa hal yang perlu di perhatikan dalam penyetelan kopling mobil yang benar, yakni ketinggian pedal kopling pada lantai mobil dan juga jarak gerak bebas pijakan kopling. Berikut ini cara menyetel kopling mobil yang benar.

1. Setel Ketinggian Pedal Kopling

Setel Ketinggian Pedal Kopling

Langkah pertama yang perlu di lakukan dalam untuk setelan kopling mobil yang benar adalah dengan cara menyetel ketinggian pijakan kopling. Ketinggian yang di maksud adalah jarak antara ujung pijakan kopling serta lantai kendaraan.

Jarak ideal kopling di setiap tipe mobil tentunya berbeda, untuk memperoleh jara ideal antara pedal kopling dengan lantai kendaraan dapat anda lihat di buku perbaikan kendaraan, namun tidak sedikit juga yang menyamakan dengan ketinggian pijakan rem, berikut langkah-langkah dalam mengatur ketinggian pijakan kopling.

  • Langkah pertama, putar pengunci mur dan baut penyetel sampai hingga batas kendur.
  • Setelah itu putar baut setelan ketinggian pijakan kopling.
  • Sesuaikan ketinggian pedal kopling dan ketinggian rem.
  • Jika sudah mendapatkan ketinggian ideal, kencangkan kembali baut pengunci agar jarak pedal gas tidak berubah.

2. Setel Jarak Gerak Bebas Pedal Kopling

Setel Jarak Gerak Bebas Pedal Kopling

Setelah mendapatkan setelan ketinggian kopling dan lantai mobil, kemudian anda perlu juga menyetel jarak bebas kopling. Hal tersebut bertujuan agar kopling tidak terus menempel pada fly wheel, jika kopling terus menempel pada fly wheel maka kampas kopling akan cepat aus atau habis.

Setelan jarak gerak bebas pedal kopling secara umum adalah 1,5 cm sampai dengan 3 cm. Jarak gerak bebas pada kopling menjadi dua jenis yakni kopling tipe hidrolik dan kopling mekanikal, berikut ini cara menyetel kedalaman bebas kopling ukuran ideal.

1. Cara Menyetel Jarak Kopling Tipe Hidrolik

  • Ada perlu menggunakan kunci pas ukuran 8 atau 10, bisa di sesuaikan dengan ukuran baut dan mur pengunci.
  • Kendurkan mur pengunci
  • Putar batang pendorong kopling searah dengan jarum jam untuk jarak bebas kopling pendek, sedangkan jika batang pendorong kopling di putar berlawanan dengan jarum jam maka jarak bebas kopling akan memanjang.
  • Sesuaikan kedalaman bebas kopling dengan ukuran ideal 2,5 cm
  • Jika sudah mendapatkan ukuran ideal, kencangkan kembali mur sampai terkunci.

2. Cara Menyetel Kopling Tipe Mekanikal Model 1

Cara Menyetel Kopling Tipe Mekanikal Model 1
  • Siapkan ukuran 10 atau 12 atau di sesuaikan dengan ukuran baut dan mur pengunci
  • Putar mur pada arah kiri pengunci guna memperpanjang jarak gerak bebas, sedangkan pada arah kanan untuk memperpendek jarak gerak bebas pedal kopling, kemudian sesuaikan dengan ukuran ideal.
  • Setelah mendapatkan ukuran gerak bebas pedal kopling, kemudian pastikan mur bagian pengunci dalam telah terpasang dengan pas.

3. Cara Menyetel Kopling Tipe Mekanikal Model 2

Cara Menyetel Kopling Tipe Mekanikal Model 2
  • Penyetelan kedalaman bebas kopling seperti gambar di atas sangat mudah, langkah pertama anda perlu menarik kabel keluar untuk memberikan ruang bebas adjusting nut.
  • Berikutnya putar ke arah kiri untuk mengatur jarak gerak bebas kopling, kemudian putar adjusting nut pada arah kanan jika ingin memperkecil jarak bebas kopling.
  • Setelah itu tarik kabel supaya adjustin nut kembali pada posisi mengunci.

Dampak Buruk Setelan Kopling Mobil Tidak Benar

Penyetelan koling mobil dapat di lakukan sendiri, namun untuk penyetelannya juga tidak di anjurkan secara sembarang, penyetelannya sendiri harus di sesuaikan dengan tingkat kerenggangannya. Berikut ini dampak kopling mobil salah setelan.

  • Performa mobil akan terganggu.
  • Kampas mobil cepat menipis.
  • Mengakibatkan slip pada kopling.
  • Perpindahan gigi menjadi susah.
  • Kerusakan komponen gigi atau transmisi.

Akhir Kata

Ketentuan setelan kopling mobil yang benar di sesuaikan dengan kedalaman gerak bebas pedal kopling dan juga jarak pedal dengan lantai mobil. Namun seiring seringnya terinjak posisi setelan akan berubah, untuk itu pengemudi di anjurkan tidak menginjak pedal kopling ketika tidak memindah gigi transmisi, demikian tadi ulasan tentang setelan kopling mobil yang benar, semoga informasi yang kami sampaikan bermanfaat untuk anda.

Abdullah Ginanjar Seorang Teknisi Yang Sekarang Ini Aktif Di Dunia Blogger

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *