√ Servis Injektor Motor Injeksi : manfaat & Cara

SERVIS INJEKTOR MOTOR INJEKSI

Servis Injektor Motor Injeksi – Teknologi di bidang otomotif khususnya sepeda motor saat ini sudah mengalami perkembangan yang sangat pesat, salah satunya yakni pada bagian pengkabutan bahan bakar. Dimana sekarang ini hampir semua pabrikan motor mengaplikasikan pengolahan bahan bakar dengan sistem injeksi pada setiap produknya.

Soal perawatan, banyak pengguna motor yang telah beralih ke motor injeksi mengklaim jika perawatan motor injeksi lebih mudah dan praktis bila dibandingkan dengan motor karburator dimana harus membersihkan karburator setiap beberapa bulan sekali.

Perawatan yang rutin pada motor injeksi hanya pada penggantian oli, membersihkan atau mengganti filter udara dan perawatan ringan lainnya. Jadi untuk perawatan bisa dilakukan sendiri dirumah tanpa harus membawanya ke bengkel langganan.

Terkait dengan servis injektor, hal ini perlu dan penting untuk dilakukan secara rutin untuk menjaga kenyamanan motor saat dikendarai. Selain itu karena seperti kita ketahui untuk kualitas bahan bakar yang beredar saat ini kurang bagus dan tercampur dengan sedikit kotoran yang mana hal tersebut akan membuat sistem kerja injeksi tidak maksimal.

Manfaat Servis Injektor Motor Injeksi

MANFAAT SERVIS INJEKTOR MOTOR INJEKSI

Berbicara mengenai manfaat dari servis injektor pada motor, mungkin sebagian orang masih banyak yang belum paham kalau ternyata sistem injeksi motorpun perlu di servis secara rutin supaya performa mesin motor tetap maksimal. Lalu apa sih manfaat servis injektor pada motor?

Servis injektor dapat membuat kinerja dari sistem pembakaran jadi lebih maksimal, sehingga tenaga atau akselerasi yang hilang bisa dikembalikan. Setiap pabrikan motor memiliki metode dan anjuran waktu servis yang berbeda-beda, meski begitu kesemuanya memiliki manfaat yang sama yakni membuar kinerja mesin tetap terjaga.

Tenaga atau akselerasi motor injeksi bisa hilang karena seiring waktu pemakaian, komponen injeksi seperti injektor pasti akan kotor dan tersumbat. Hal tersebut tentunya akan membuat debit semprotan bensin yang dibutuhkan jadi tidak optimal atau kurang dari yang seharusnya.

Nah jika hal tersebut dibiarkan berlarut-larut, artinya injektor pada motor injeksi tidak di servis akan bisa menimbulkan hal-hal negatif seperti motor susah distarter, brebet dan kurang bertenaga ketika dikendarai. Jadi agar hal seperti tersebut diatas tidak terjadi, disarankan untuk para pengguna motor injeksi melakukan servis injektor secara berkala dan caranya bisa dilihat pada subjudul berikutnya.

Cara Servis Injektor Motor Injeksi

CARA SERVIS INJEKTOR MOTOR INJEKSI

Membersihkan injektor pada motor injeksi penting dilakukan agar motor tetap nyaman saat dikendarai jika melihat kualitas bensin atau bahan bakar yang digunakan dan beredar saat ini kurang begitu baik. Bensin yang tercampur debu dan sedikit kotoran akan membuat injektor rentan dihinggapi kotoran dan kerak sehingga kualitas penyemprotan bahan bakar jadi tidak maksimal. Hal ini mengakibatkan sistem kerja injeksi tidak optimal terutama pada komponen injektor.

Motor injeksi yang sudah waktunya dilakukan servis dapat diketahui dari ciri ketika tarikan motor terasa hilang akselerasinya atau tenaganya. Servis atau membersihkan injektor cukup mudah, hanya dengan menggunakan cairan pembersih injektor yang banyak dijual di toko-toko sparepart kendaraan dan untuk cara servis injektor motor injeksi berikut ini adalah panduanya :

1. Membersihkan Injektor Dengan Cairan Carbucleaner Atau Cairan Rexco 81

Tahap pertama dalam servis injektor yaitu dengan membersihkan komponen sistem injeksi (khususnya injektor) dengan cairan carbucleaner, caranya sebagai berikut :

  1. Pertama buka filter udara atau saringan udara
  2. Pastikan motor dalam keadaan hidup
  3. Kemudian tahan gas pada posisi rpm tinggi
  4. Selanjutnya semprotkan cairan pempersih injektor
  5. Lakukan secara berulang hingga asap yang keluar dari knalpot hilang
  6. Terakhir bersihkan saringan udara, lalu pasang kembali.

2. Mengganti/Membersihkan Busi

Perlu diketahui performa busi hanya bisa dipakai maksimal 10 ribu kilometer, jadi agar performa motor injeksi tetap optimal penting juga untuk membersihkan atau mengganti busi jika dirasa kondisi busi sudah tidak layak pakai.

Akhir Kata

Demikian ulasan mengenai servis injektor motor injeksi yang bisa spbukita bagikan, semoga bisa bermanfaat dan juga membantu bagi Anda yang hendak melakukan servis sendiri dirumah, Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *