Abdullah Ginanjar Seorang Teknisi Yang Sekarang Ini Aktif Di Dunia Blogger

√ Remote Mobil Tidak Berfungsi ? Penyebab & Cara Mengatasi

Penyebab Cara Mengatasi Remote Mobil Tidak Berfungsi

Remote Mobil Tidak Berfungsi – Kemajuan teknologi sebuah kendaraan tidak serta merta selalu berjalan dengan mulus, ada saja permasalahan yang melanda, seperti halnya pada artikel yang akan kita bahas yakni Remote Mobil Tidak Berfungsi.

Hal yang seringkali terjadi pada Remote mobil adalah mengalami gangguan fungsi. Mari kita cari tau solusi untuk mengatasinya. Kali ini spbukita.com akan menjelaskan tentang permasalah yang seringkali kerap melanda remot mobil.

Remote sejatinya memiliki fungsi untuk mengunci pintu mobil, namun seiring perkembangan teknologi yang semakin pesat, fungsi remot mobil untuk sederetan kendaraan bisa di gunakan untuk mengaktifkan berbagai komponen lain pada mobil.

Gangguan pada remot mobil bisa di karenakan berbagai faktor, mulai dari battrey yang seringkali habis ataupun lebih pada masalah frekuensi. Jika hal ini sedang anda alami, jangan terburu-buru untuk menggantinya. Berikut ini cara mengatasi remote mobil tidak berfungsi.

Penyebab & Cara Mengatasi Remote Mobil Tidak Berfungsi

Penyebab Cara Mengatasi Remote Mobil Tidak Berfungsi

Penyebab Remote Mobil Tidak Berfungsi

Seperti yang sudah di tekankan pada paragraf di atas, kemajuan teknologi sebuah kendaraan tak selalu menganut sistem kinerja yang mulus. Ada saja kendala yang ada, dan juga menimbulkan masalah baru, seperti halnya remote mobil yang seringkali mengalami error.

Prinsip Kerja Remote Mobil

Cara kerja remote mobil, sebenarnya sederhana. Remote mobil sejatinya memilki prinsip kerja seperti pesawat radio. Remote mobil memilki gelombang pemancar , sedangkan komponen yang ada di mobil yakni recevier yang terhubung pada Body Control Module, pada saat Remote di fungsikan maka receiver akan menangkap secara otomatis, yang biasanya di tandai dengan bunyi alarm mobil dan di abrengi sistem pengunci pintu terbuka.

Penyebab Remote Error

Umtuk mengatasi remote yang seringkali eror, anda perlu mengenali dulu bagian mana yang mengalami masalah agar tidak buru-buru menggantinya dengan yang baru. Ada beberapa faktor remote mobil tidak berfungsi sebagai mana mestinya.

  • Frekuensi Terganggu

Frekuensi buruk menjadi salah satu penyebab remote mobil, tidak berfungsi dengan baik. Frekuensi terganggu kemungkinan terjadi apabila anda berada di tempat dengan frekuensi yang padat. Jada frekuensi yang di pancarkan pada remot tidak mampu tertangkap receiver mobil.

Permasalah ini di atasi dengan cara yang sederhana, anda hanya perlu berpindah tempat yang memiliki frekuensi yang tidak padat, maka sistem remote mobil akan normal kembali.

  • Receiver Remote Rusak

Receiver adalah salah satu komponen kinerja remote, yang tertanam pada sebuah mobil untuk menerima frekuensi dari gelombang yang di pancarkan remote.

Jika kerusakaan ini terjadi maka, solusi terbaik adalah menservisnya di bengkel, karena memerlukan keahlian khusus untuk mengatasinya.

  • Baterai Habis

Kasus seperti ini menjadi kasus yang sering terjadi pada sebuah remote, cermati pemakaian remote mobil saat baterai mulai habis, remot akan sedikit susah untuk di aktifkan dan tidak mampu mengirim sinyal.

Secara spesifik, remote mobil harus memiliki tenaga kelistrikan yang cukup untuk mengaktifkan pemancar, untuk itu anda perlu mengganti baterainya, agar remot dapat di fungsikan kembali.

  • Kerusakan Rangkaian Pemancar

Kerusakan ini menjadi keemungkinan terburuk, kerusakan pada pemancar remot seringkali terjadi dengan berbagai sebab, seringnya remote terjatuh dan remote yang jatuh ke air.

Untuk permasalahn ini nampaknya anda harus segera mengganti remote mobil anda, karena kerusakan pada rangkaian tidak akan memfungsikan remote sebagai mana mestinya, meskipun tombol di tekan berkali-kali.

Cara Mengatasi Remote Mobil Tidak Berfungsi

Cara Mengatasi Remote Mobil Tidak Berfungsi

Remote mobile sejatinya, menjadi komponen penting sebuah kendaraan, jika rusak maka akan merepotkan anda juga tentunya. Remot mobil Tidak berfungsi seringkali di tandai dari Alarm yang seringkali berbunyi. Berikut cara mengatasinya.

  • Langkah pertama pertama mengatasi masalah tersebut adalah membuaka pintu mobil secara manual menggunakan kunci, setelah sentral lock berbunyi maka posisi pintu dapat terbuka dan alrm akan berhenti
  • Berikutnya dengan cara memasukan kunci pada lubang starter, putarlah pada mede on, sampai dengan lampu indikator menyala.

Cara Mengganti Baterai Remot Mobil

Cara Mengganti Baterai Remot Mobil

Permasalah Remot Mobil tidak berfungsi juga seringkali di karenakan faktor kelistrikan pada remote mobil habis, untuk mengatasinya anda dapat menggantinya sendiri, baterai juga dapat anda dapatkan di toko elektronik terdekat. Berikut cara mengganti baterai remot mobil.

  • Pertama tentunya membuka bodi remot, ada beberapa tipe remote yang memiliki sistem pengunci dengan kait atau juga menggunakan baud kecil yang harus di buka dengan obeng.
  • Setelah terbuka, maka segera ganti baterai yang telah habis daya listriknya dengan baterai yang baru.
  • Tak perlu terburu buru untuk menggantinya, di hawatirkan bagian swtch ikut terlepas bersama baterai,
  • Pemasangan baterai tidak boleh terbalik, karena jika terbalik remot tidak akan berfungsi, perhatikan kutub agar tidak tertukar posisinya.
  • Setelah itu tutup kembali bodi remote dengan rapat.

Jika kerusakaan Remote masih dalam urusan kelistrikan maka tak perlu menggantinya dengan yang baru, terkecuali kerusakan pada pemancar remote, bisa di bilang kerusakan tersebut seperti kerusakan permanen, maka anda perlu menggantinya secara keselruhan dan melakukan reset ulang.

Demikan yang dapat spbu.com sampaikan mengenai artikel Remote Mobil Tidak berfungsi, baca juga artikel lain dar kami mengenai Penyebab Mobil Bunyi Kletek Kletek Ketika di Gas. Semoga informasi yang kami sampaikan bermanmaat untuk anda.

Abdullah Ginanjar Seorang Teknisi Yang Sekarang Ini Aktif Di Dunia Blogger

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.