√ Rambu-rambu K3 dan Fungsinya : Warna, Simbol & Manfaat

Rambu rambu K3 dan Fungsinya

Rambu-rambu K3 dan Fungsinya – Rambu-rambu K3 adalah sebuah media komunikasi visual berupa simbol atau piktogram serta teks atau pesan dengan maksud untuk menyampaikan informasi bahaya atau pesan-pesan K3 kepada kontraktor, tamu yang berada diarea perusahaan serta tentunya pekerja.

Hal tersebut sesuai PP No, 50 Tahun 2012 mengenai penerapan SMK3, dimana perusahaan wajib melakukan Hazard Identification, Risk Assessment, and Risk Control (HIRARC) yang terdiri dari penilaian, identifikasi bahaya serta pengendalian resiko dalam penerapan SMK3.

Diperlukan langkah pengendalian guna menurunkan tingkat resiko atau bahaya terhadap resiko/bahaya yang sudah diidentifikasi dan dilakukan penilaian tersebut. Dimana pengendalian resiko/bahaya tersebut meliputi eliminasi, rekayasa teknologi, substitusi, pengendalian adsministratif serta penggunaan alat pelindung diri. Dan untuk pemasangan rambu-rambu K3 sendiri masuk dalam pengendalian adsministratif.

Disini rambu-rambu K3 memang bukanlah upaya pengendalian utama serta tidak sepenuhnya dapat menghilangkan bahaya, namun rambu-rambu K3 mempunyai peran penting dalam hal mencegah atau meminimalisir terjadinya kecelakaan kerja maupun penyakit akibat kerja. Nah untuk lebih jelas mengenai rambu-rambu K3, pada kesempatan kali ini Spbukita akan memberikan informasi seputar hal tersebut, tepatnya yaitu rambu-rambu K3 dan fungsinya.

Rambu-rambu K3 dan Fungsinya

Rambu rambu K3 dan Fungsinya.

Mengutip dari data International Labor Organization (ILO) menerangkan bahwa setiap 15 detik terdapat 153 pekerja di seluruh dunia mengalami kecelakaan kerja. Di Indonesia sendiri pemerintah melalui Mentri ketenagakerjaan menyebutkan bahwa rata-rata ada sekitar 8 pekerja meninggal setiap harinya karena kecelakaan kerja.

Banyak faktor yang menjadi penyebab terjadinya kecelakaan kerja, dan karena itulah dibuat rambu-rambu K3 atau rambu kesehatan dan keselamatan kerja dengan maksud untuk meminimalisir sekaligus mencegah terjadinya kecelakaan kerja.. Rambu-rambu K2 memiliki jenis yang bermacam-macam, dimana di setiap jenis rambu-rambu memiliki arti dan fungsinya sendiri. Berikut ini merupakan macam rambu-rambu K3 beserta fungsinya :

1. Arti Bentuk dan Simbol Rambu K3

Arti Bentuk dan Simbol Rambu K3

Berikut ini merupakan bentuk dan simbul dari rambu-rambu K3 beserta fungsinya :

Bentuk Segitiga dan Diamond (Wajik)

Ini merupakan bentuk rambu-rambu K3 dimana fungsinya adalah sebagai penunjuk bahaya dengan desain warna dasar orange atau kuning, piktogram warna hitam serta garis tepi warna hitam.

Bentuk Lingkaran

Bentuk lingkaran fungsinya adalah sebagai tanda instruksi (mandatory sign) yang wajib dipatuhi para pekerja terkait keselamatan. Rambu-rambu K3 bentuk lingkaran didesain dengan warna dasar biru serta piktogram warna putih.

Bentuk Kotak Atau Segi Panjang

Rambu K3 bentuk kotak fungsinya untuk menunjukan letak penyimpanan peralatan P3K dan dimana jalan keluar pada saat terjadi situasi darurat. Rambu-rambu ini didesain dengan piktogram putih dan warna dasar hijau.

Rambu Larangan

Rambu larangan fungsinya adalah untuk pelarangan atau prohibition sign, desainya piktogram warna hitam dan putih sebagai warna dasar, garis tepi merah serta garis diagonalmerah ditengah.

2. Desain Atau Format Rambu K3

Berikut ini adalah beberapa desain atau format dari Rambu-rambu K3 :

One Panel Sign

Contohnya adalah rambu telepon darurat, desain ini menunjukan hanya satu panel dengan piktogram/teks saja.

Two Panel Sign

Desain seperti ini ditunjukan dengan teks serta piktogram atau teks dengan kata kunci dan teks sebagai penjelas. Maksudnya adalah ada informasi mengenai jenis bahaya, konsekuensi dan juga pernyataan untuk m,enghindari bahaya tersebut

Three Panel Sign

Pada desain ini ada 3 panel yang dicantumkan, yakni :

  1. Signal wordatau header : contohnya kata Safety first, warning, caution, notice, danger dan lain-lain
  2. Messaging and text format : Berisikan kata kunci dan teks penjelas
  3. Piktogram/simbol keamanan.

3. Arti Warna Rambu K3

Arti Warna Rambu K3

Pada rambu-rambu K3 biasanya terdapat warna-warna dengan maksud agar pekerja dapat menentukan apa klasifikasi bahaya yang ada diare kerja serta mengarahkan tindakan apa yang harus dilakukan oleh pekerja.

Warna Orange

Warna orange fungsinya sebagai tanda awas atau peringatan/warning. Penggunaanya untuk situasi bahaya yang dapat berakibat fatal/kematian, dan biasanya ditempatkan pada area peralatan kerja berbahaya.

Warna Kuning

kuning fungsinya sebagai tanda waspada atau caution, dimana menunjukan situasi bahaya dan berpotensi menyebabkan luka ringan hingga sedang.

Warna Merah

Merah fungsinya sebagai tanda bahaya (danger), kebakaran (fire) dan stop. Penggunaanya untuk mengidentifikasikan cairan bahan kimia yang mudah terbakar, tanda emergency stop dan alat pemadam kebakaran serta penunjuk bahaya yang bisa berakibat cedera serius dan kematian.

Warna Hijau

Hijau fungsinya sebagai tanda safety/emergency. Digunakan sebagai penunjuk letak peralatan P3K, material safety data (MSDS), peralatan keselamatan serta instruksi umum terkait praktek kerja yang aman.

Warna Biru

Biru fungsinya sebagai tanda perhatian/notice, penggunaanya biasanya untuk menunjukan informasi kesehatan (bukan informasi bahaya) serta sebagai petunjuk instruksi apa tindakan keselamatan yang perlu dilakukan.

Manfaat dan Fungsi Rambu-rambu K3

Rambu-rambu K3 ini sangat bermanfaat guna membantu menginformasikan adanya bahaya serta untuk melindungi keselamatan dan kesehatan pekerja maupun pengunjung atau orang yang berada disekitar tempat kerja. Secara umum rambu-rambu K3 berfungsi sebagai berikut :

  1. Sebagai penunjuk kemungkinan adanya potensi bahaya yang tidak terlihat di area kerja
  2. Sebagai penarik perhatian setiap orang terhadap adanya bahaya keselamatan serta kesehatan kerja
  3. Memberikan pengarahan serta informasi secara umum
  4. Sebagai pemberitahu orang atau pekerja dimana harus memakai peralatan safety diarea kerja
  5. Memberitahu letak peralatan darurat keselamatan
  6. Sebagai peringatan waspada terhadap beberapa tindakan/perilaku yang dilarang di area kerja.

Akhir Kata

Demikian pembahasan mengenai rambu-rambu K3 dan fungsinya yang bisa Spbukita bagikan, semoga bisa bermanfaat dan juga membantu serta bisa menambah wawasan bagi para pembaca artikel ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *