√ Perbedaan MCB dan ELCB : Definisi & Fungsi

Perbedaan MCB dan ELCB

Perbedaan MCB dan ELCB – MCB dan ELCB sama-sama merupakan alat pengaman listrik. Meski begitu kebanyakan orang lebih mengenal MCB dari pada ELCB, sebab kebanyakan orang umumnya menggunakan MCB sebagai pengaman pada instalasi listriknya.

Alat pengaman listrik entah itu MCB ataupun ELCB sangat penting dan diperlukan pada berbagai instalasai kelistrikan, baik itu instalasi kelistrikan rumah, perkantoran/perusahaan maupun industri karena berfungsi untuk mencegah berbagai kerusakan yang bisa terjadi pada peralatan listrik ketika terjadi gangguan dan terpenting adalah melindungi kita terhadap bahaya listrik.

Miniatur Circuit Breaker (MCB) adalah sebuah alat pengaman listrik dengan fungsi untuk memutus aliran listrik ketika terjadi arus lebih akibat dari pemakaian berlebihan, korleting maupun karena tersambar petir. Sedangkan Earth Leakage Circuit Breaker (ELCB) adalah sebuah alat pengaman kelistrikan yang mampu mencegah resiko bahaya kebocoran listrik dengan nilai kebocoran sangat kecil, selain tentunya untuk pengaman ketika terjadi beban berlebih, sambaran petir maupun korsleting.

Dari pengertian diatas sebenarnya perbedaan MCB dan ELCB sudah dapat dilihat, namun untuk mengetahui lebih detailnya dibawah ini telah Spbukita sertakan rincian perbedaan MCB dan ELCB. Jadi buat yang ingin mengetahui atau sedang mencari informasi mengenai perbedaan MCB dan ELCB, simak ulasan dari Spbukita tentang perbedaan MCB dan ELCB berikut ini. Untuk mengetahui seputar kelistrikan lainnya seperti KODE METERAN LISTRIK ITRON, bisa di simak di artikel sebelumnya dari Spbukita.

Perbedaan MCB dan ELCB

Perbedaan MCB dan ELCB.

Diatas sudah dijelaskan bahwa meskipun sama-sama sebagai alat pengaman kelistrikan dan memiliki fungsi hampir sama namun jika dilihat lebih mendetail sebenarnya antara keduanya yaitu memiliki perbedaan. Adapun perbedaan MCB dan ELCB diantaranya adalah sebagai berikut :

Miniatur Circuit Breaker (MCB)

Miniatur Circuit Breaker MCB
  • MCB dipasang hanya untuk satu kabel (kabel fasa)
  • Fungsi MCB hanya untuk pengaman kelistrikan ketika terjadi arus lebih akibat pemakaian alat-alat kelistrikan yang berlebih maupun akibat lonjakan arus ketika korsleting
  • MCB mampu memberikan perlindungan ketika terjadi kebocoran dengan lonjakan besar melebihi kemampuan MCB namun instalasi kelistrikan harus dilengkapi ARDE yang bagus/baik
  • Jika pemasangan ARDE tidak baiik, MCB tidak akan mampu memberikan perlindungan terjadi kebocoran, baik arus bocor kecil maupun besar
  • Keselamatan manusia tidak bisa dilindungi oleh MCB ketika kesetrum

Earth Leakage Circuit Breaker (ELCB)

Earth Leakage Circuit Breaker ELCB
  • ELCB dipasang pada dua kabel (kabel fasa dan netral), kedua kabel ini dari sumber arus harus melewati ELCB dahulu sebelum dialirkan ke instalasi
  • ELCB mampu memberi perlindungan instalasi kelistrikan dari berbagai macam gangguan kelistrikan
  • ELCB mampu melindungi ketika terjadi kebocoran yang melebihi batasan arus ELCB sendiri
  • ELCB melindungi dari kebocoran arus besar dan arus kecil
  • ELCB dapat melindungi manusia dari bahaya kesetrum
  • ELCB dapat memberi perlindungan ketika terjadi lonjakan arus akibat kebocoran dan korsleting.

Itu dia perbedaan MCB dan ELCB, bisa dijadikan acuan dalam memilih alat pengaman yang baik dan pas untuk instalasi listrik di rumah.

Berbagai Gangguan Kelistrikan Pada Instalasi

Berbagai Gangguan Kelistrikan Pada Instalasi

Dibawah ini merupakan contoh beberapa gangguan kelistrikan yang bisa terjadi pada sebuah instalasi, adapun gangguan-gangguan tersebut diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Over Current atau Kelebihan Beban yaitu kelebihan pemakaian peralatan listrik
  • Short Circuit atau Hubungan Singkat, yaitu lonjakan arus akibat adanya kabel yang korslet
  • Kebocoran arus, hal ini bisa diakibatkan oleh berbagai hal, seperti kabel terkelupas, alat listrik rusak atau lembab
  • Kesetrum Atau Tersengat Listrik, kesetrum bisa didefinisikan sebagai kebocoran arus yang berasal dari tersentuhnya sumber arus oleh objek lain. Misalnya kabel digigit tikus, kabl terkelupas mengenai atap seng dan lain sebagainya.

Ganguan tersebut datas tentunya akan sangat berbahaya jika terjadi karena bisa menimbulkan percikan api dan kebakaran yang dapat membahayakan keselamatan manusia.

Akhir Kata

Demikian pembahasan mengenai perbedaan MCB dan ELCB yang bisa Spbukita bagikan, semoga bisa bermanfaat dan juga membantu serta bisa menambah wawasan bagi para pembaca artikel ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *