11 Penyebab Mobil Bunyi Kletek Kletek Ketika di Gas & Begini Solusinya

Bagi pemilik mobil sudah berumur pastinya akan sering mengalami berbagai maca keluhan, hal tersebut memang sangat wajhar karena mobil sudah berumur. Namun semua permasalahan pada mobil bisa kita atasi dengan mudah asalkan kita tahu penyebabnya, seperti halnya dengan Penyebab Mobil Bunyi Kletek Kletek.

Dalam kasus seperti ini bisa diatasi dengan mudah, namun sebelum itu kita memang harus tahu terlebih dahulu apa penyebabnya. Dengan mengetahui penyebab utamanya maka permasalahan bunyi kletek kletek ketika mobil di gas akan hilang. Akan tetapi dalam mencari sumber masalahnya memang tidak mudah, pasalnya mobil memiliki cukup banyak sekali komponen penting.

Apabila mobil kita mengeluarkan bunyi seperti itu tentu bikin risih ditelinga kita, apalagi jika mobil sering digunakan. Kemungkinan besar akan semakin menambah permasalahan bila dibiarkan saja, alangkah baiknya jika kita mencari sumber permasalahannya lebih dahulu agar kita bisa mengurangi resiko kerusakan lebih parah.

Untuk mencari sumber masalag pada mobil berbunyi kletek kletek pada saat di gas memang cukup susah, apalagi jika kita tidak tahu menahu soal mesin pastinya akan lebih pusing lagi. Untuk itu kalian memang harus mengetahui sedikit tentang otomotif, disini Spbukita.com akan memberikan sedikit informasi akan permasalahan seperti tersebut.

Penyebab Mobil Bunyi Kletek Kletek Ketika di Gas & Begini Solusinya

Penyebab Mobil Bunyi Kletek Kletek Ketika di Gas Begini Solusinya

Untuk secara pasti bila mobil anda mengalami bunyi kletek kletek sudah dapat di simpulkan bila sumber permasalahan terdapat didalam mesin mobil, entah iyu klep, kotor, dan lainnya. Untuk memastikannya, kalian semua bisa cek beberapa bagian yang dapat menyebabkan mobil berbunyi kletek-kletek seperti berikut ini.

Penyebab Mobil Bunyi Kletek Kletek Ketika di Gas

Diatas juga Spbukita.com sempat sampaikan kepada kalian semua, jika beberapa permasalahan terdapat di dalam mesin mobil kalian. Berikut ini beberapa penyebab wajib kalian curigai apabila mobil mengeluarkan bunyi kletek-kletek ketika di gas.

Silinder Kemasukan Benda Keras

Silinder

Untuk sumber masalah pertama dapat kalian curigai ialah pada bagian silinder mesin mobilnya, biasanya hal ini terjadi karena kemasukan kotoran seperti benda keras. Tentunya kotoran tersebut akan sangat mengganggu sekali akan kinerja silinder, sehingga mengakibatkan bunyi sangat risih sekali. Selain itu juga akan menyebabkan kepala silinder rusak, akibat goresan yang terjadi bila dibiarkan.

Auto Klep Sudah Lemah

Auto Klep

Penyebab keduanya bisa diakarenakan auto klep sudah aus, bila hal ini terjadi memang sangat wajar saja bila menghasilkan bunyi kletek kletek. Auto Klep atau sering disebut juga dengan Hydraulic Lash Adjuster atau Auto Lash Adjuster, dimana untuk cara kerjanya memang sudah otomatis. Nah inilah penyebab apabila auti klep sudah halus, adapaun beberapa penyebab kenapa bisa aus. Untuk faktor paling utama karena sudah berumur, kemudian dikarenakan sudah lemah dan lainnya.

Celah Katup Terlalu Lebar

Celah Katup

Selanjutnya bisa dikarenakan celah katup terlalu lebar, bila penyebabnya karena ini memang sulit untuk diketahui. Karena pada saat mesin mobil dihidupkan tidak terlelu jelas bunyinya, namun bila mulai digas akan sangat terdengar jelas. Biasanya hal ini dikarenakan beberapa komponen pendukung sudah aus, sehingga kinerjanya sudah tidak sempurna lagi. Kemudian juga disebabkan oleh noken AS juga bisa, karena katup akan digerakan oleh noken as dalam membuka dan menutup ketika proses pembakaran terjadi.

Main Bearing dan Conrod Bearing Aus

Ada cukup banyak penyebab kenapa mobil bisa mengeluarkan bunyi kletek kletek ketika mobil mulai digas, salah satu sumber permasahalan pada Main Bearing dan Conrod Bearing Aus. Kenapa hal ini bisa terjadi ? hal tersebut dikarenakan keduanya berfungsi sebagai penopang crankshaft dan stang seher. Jadi dalam kata lain jika keduanya sudah mulai aus, maka perhitungan akan berubah tidak sesuai dengan sebelumnya. Maka tak heran bila dapat menyebabkan bunyi kletek kletek, semakin gas dibuka maka akan semakin keras suara yang dihasilkan.

Engine Knocking

Engine Knocking

Dari sekian beberapa penyebab yang ada, sumber masalah lainnya juga bisa terjadi pada sistem pembakarannya. Seperti kita ketahui jika asupan bahan bakar kurang atau tidak sempurna, sehingga menyebabkan kandungan oktan akan berkurang. Selain bisa menyebabkan bunyi kletek kletek, hanya saja bunyinya tidak terlalu keras sehingga cukup sulit untuk diketahui.

Damper Pulley Oleng

Damper Pulley

Didalam sebuah mobil memang memiliki cukup banyak sekali komponen-komponen penting, dimana setiap komponen akan saling berkaitan terutama untuk bagian mesinnya. Anda bisa menaruh curgia pada bagian damper Pulley, pastikan bila komponen tersebut sesuai dengan semuanya atau posisi damper pulley sudah sesuai atau belum. Meski terlihat sepele, namun dapat menyebabkan permasalahan cukup besar bila terjadi timming chain rusak atau pecah.

Rusaknya Flange Flywheel

Flange Flywheel

Untuk penyebab yang terakhir biasanya pada bagian flange flywheel, untuk penyebab ini biasanya pada jenis mobil matic. Komponnen ini salah satu bagian pada komponen torwye converter, permasalahannya biasanya dikarenakan terpasang tidak sempurna sehingga menyentuh bagian lainnya. Alhasil akan menghasilakn bunyi kletek kletek ketika mobil mulai di gas

Cara Mengatasi Mobil Berbunyi Kletek Kletek

Jika kalian semua sudah mengetahui sumber permasalahan kenapa mobil kalian berbunyi kletek kletek, maka dapat dengan mudah untuk mengatasinya. Dalam hal ini memang tidak bisa dilakukan dirumah, karena membutuhkan peralatan cukup lengkap. Berikut ini beberapa cara mengatasi mobil mengeluarkan bunyi kletek ketika mulai digas.

Untuk langkah pertama cukup pastikan saja apa sumber masalah pada mobil anda, agar kita bisa langsung fokus ke pokok permasalahannya

Apabila sudah tahu permasalahannya, maka kalian cek terlebih dahulu. Semisalnya saja dikarenakan Main Bearing dan Conrod Bearing aus, auto klep aus atau rusak, maka cara mengatasinya cukup diganti dengan yang baru

Sedangkan penyebabnya karena katup terlau lebar, maka anda bisa mengatasinya dengan cara setel ulang sesuai dengan aslinya.

Berbeda jika karena terdapat kotoran pada silinderm damper pulley rusak dan lainnya, maka mobil kalian harus mnelakukan tune up di bengkel langganan kalian semua

Kira-kira seperti itulah informasi bisa kami  sampaikan kepada kalian semua, pada intinya kalian harus tahu terlebih dahulu apa penyebabnya. Mungkin cukup sekian informasi dari Spbukita.com pada kesempatan sangat baik ini, semoga artikel diatas bisa membantu kalian semua yang sedang mengalami permasalahan seperti tersebut.

You May Also Like

About the Author: Abdullah Ginanjar

Seorang Teknisi Yang Sekarang Ini Aktif Di Dunia Blogger