9 Penyebab Knalpot Keluarkan Asap, Begini Cara Atasinya

Dari kebanyakan pengguna kendaraan motor 4 tak pasti masih bingung kenapa bagian knalpot mengeluarkan asap, bahkan yak banyak orang tahu apa penyebab knalpot keluarkan asap putih cukup banyak. Jika motor anda mengeluarkan asap putih, maka anda sangat wajib untuk curiga pada bagian mesin.

Karena pada umumnya penyebabnya bisa karena didalam mesin motor anda mengalami sebuah masalah, meski motor tetap bisa digunakan. Namun alangkah baiknya jika anda ketahui apa penyebabnya, selain itu juga segara kalian atasi. Apabila motor anda mengalami hal seperti tersebut lalu dibiarkan, maka akan sangat fatal sekali.

Biasanya jika motor mengalami hal tersebut bisa membuat mesin saling bentrok, karena cara kerjanya sudah tidak seperti biasanya terutama pada sistem pembakarannya. Pada kasus seperti ini bisa disebabkan karena ring seher sudah rusak atau seher sudah rusak, pada kedua komponen tersebut sangat diyakini menjai sumber masalah jika knalpot motor anda keluarakan asap putih.

Dari sekian banyak pengguna memang masih banyak belum tahu akan cara mengatasinya, maka dari itu pada kesempatan sangat baik ini Spbukita.com akan informasikan kepada kalian semuanya. Untuk mengetahui lebih jelas dan detailnya, kalian semua dapat simak langsung saja ulasan yang sudah kami persiapkan untuk kalian semua dibawah ini.

Penyebab Knalpot Keluarkan Asap & Cara Mengatasinya

Penyebab Knalpot Keluarkan Asap Cara Mengatasinya

Selain dikarenakan ring piston maupun juga piston ada beberapa penyebab lainnya bisa kalian curigai, karena dari banyak kejadian tidak hanya itu saja penyebabnya. Berikut ini Spbukita.com akan informasikan beberapa penyebabnya dan bagaimana cara untuk mengatasinya agar asap putih tidak keluar lagi melalui knalpot.

Penyebab Knalpot Keluarkan Asap

Seperti sudah kami sampaikan kepada kalian semuanya, jika ada cukup banyak penyebab kenapa motor 4 tak bisa mengeluarkan asap putih seperti halnya dengan motor 2 tak. Disisni Spbukita.com akan jelaskan secara detailnya kepada kalian semuanya.

1. Silinder Sudah Aus

Penyebab pertama bisa dikarenakan silinder sudah mulai aus, biasanya hal ini terjadi dikarenakan komponen piston atau ring piston mengalami kerusakan. Sehingga dinding silinder akan luka, pada bagian luka tersebut akan menjadi jalan oli mesin untuk masuk ke ruang pembakaran. Jika penyebabnya ini, maka akan cukup berat untuk mengatasinya.

2. Ring Piston Rusak

Ring Piston Rusak

Ring psiton merupakan komponen yang terletak pada ujung piston, komponen ini memiliki tiga bagian yang mana memiliki fungsi utama untuk mencegah terjadinya kebocoran oli mesin. Jika mengalami kerusakan maka secara logika oli akan masuk dengan mudah pada ruang pembakaran dan menyebabkan kerusakan pada bagian lain didalam mesin motor.

3. Piston Baret

Piston Baret

Piston memiliki fungsi sangat penting pada ruang pembakaran, dimana ia akan naik turun mengikuti putaran dari cruck as. Apabilan bagian ini mengalami kerusakan, maka akan memberikan goresan pada dininding silinder sehingga terjadi kebocoran oli mesin. Hal ini menyebabkan terjadinya asap putih yang keluar melalui knalpot.

4. Seal Klep bocor

Penyebab selanjutnya bisa dikarenakan seal kleap bocor, meski terlihat sangat sepele namun berdampak sangat besar sekali terutama pada bagian ruang pembakarannya. Selain itu juga bisa menyebabkan keluarnya asap putih, bila hal ini dibiarkan saja maka motor akan rusak lebih parah lagi.

5. Penggunaan Oli Mesin salah

Pemilhan oli mesin memang sangat penting sekali, jadi dalam menggunakan oli harus benar-benar anda perhatikan. Selain itu juga jangan terlalu sering gonta – ganti merk oli mesin, sebaiknya anda gunakansatu merk oli mesin saja.

6. Terjadi Kebocoran di Ruang Bakar Mesin

Terjadi Kebocoran di Ruang Bakar Mesin

Pada saat proses pembakaran terjadi dan mengalami kebocoran akan sangat memungkinkan bila asap putih yang keluar dikarenakan kebocaran pada ruang pembakaran. Jika hal ini terjadi tidak hanya itu saja, motor anda juga tidak bertenaga lagi karena asupan pembakaran kurang.

7. Stang Seher Rusak

Stang Seher Rusak

Stang seher merupakan komponen sangat penting sekali didalam mesin motor, dimana ia berfungsi untuk manarik dan mendorong piston pada proses pembakaran terjadi. Apabila komponen ini rusak, maka kinerja piston akan tidak sempurna sehingga menyebabkan keluarnya asap putih pada motor anda.

8. Terlalu Kasar Dalam Menarik Tuas Gas

Setiap user akan memiliki tipe berkendara sendiri-sendiri, sehingga penyebab yang terakhir tidak begitu mempengaruhi. Jika anda tipikal orang yang menarik tuas gas kasar, maka sangat wajib sekali mencurigai jika permasalahan ini terjadi karena penggunaan terlalu kasar. Alhasil terdapat beberapa konponen yang rusak.

Cara Mengatasi Knalpot Keluarkan Asap Putih

Sebetulnya dalam mengatasi permasalahan seperti ini sangat mudah sekali, untuk hal paling utama ialah cari tahu terlebih dahulu apa penyebab utamanya. Dengan kita mengetahui sumber dari masalah kenapa knalpot motor 4 tak bisa keluarkan asap putih. Kemudian jangan kalian biarkan terlalu lama, hal ini bisa menyebabkan kerusakan akan menjalar ke beberapa komponen lainnya.

Dalam hal ini terdapat dua opsi, untuk opsi pertama jika sumber masalah dikarenakan terlaku kasar menarik tuas gas atau salah menggunakan oli mesin maka bisa dilakukan sendiri dirumah. Sedangkan opsi kedua jika dikarenakan kerusakan pada komponen didalam mesin, maka cara mengatasinya cukup ganti part tersebut dengan yang baru. Pada opsi ini bisa dilakukan dirumah bila bisa sendiri, jika tidak tahu menahu maka cukup di bawa saja ke bengkel langganan anda.

Nah itual informasi dapat kami sampaikan kepada kalian semua untuk mengetahu penyebab dan cara mengatasi knalpot mengeluarkan asap putih, pada kesempatan sebelumnya juga sudah kami informasikan pengertian Odometer dan fungsinya. Mungkin cukup sekian ulasan dari Spbukita.com, semoga saja artikel diatas bisa membantu kalian semua.

You May Also Like

About the Author: Abdullah Ginanjar

Seorang Teknisi Yang Sekarang Ini Aktif Di Dunia Blogger