Abdullah Ginanjar Seorang Teknisi Yang Sekarang Ini Aktif Di Dunia Blogger

10 Penyebab Kipas Radiator Avanza Tidak Berputar & Cara Perbaiki

Penyebab Kipas Radiator Avanza Tidak Berputar

Kipas Radiator Avanza Tidak Berputar – Menjadi hal yang lumrah jika menemukan kendala pada kerusakaan kipas radiator Avanza. Kali ini spbukita.com akan mengajak anda mencari tau tentang kasus yang tidak jarang terjadi pada mobil Avanza ini.

Kondisi seperti ini sering kali memiliki imbas pada suhu mesin, mengingat fungsi radiator adalah untuk menjaga mesin agar tetap memiliki suhu yang tidak terlalu panas dan cenderung stabil. Over heating mesin sudah menjadi hal yang pasti terjadi jika komponen kipas radiator tidak berputar.

Seperti yang kita tahu, komponen kipas radiator pada mobil, memang menjadi salah satu yang komponen yang berperan penting pada sistem kerja radiator. Penyerapan panas dari mesin akan menjadi tidak maksimal.

Permasalah tersebut akan mengakibatkan imbas yang buruk pada mesin, jadi harus segera di perbaiki. Lalu apa saja faktor penyebab kipas radiator Avanza tidak berputar dan bagai mana cara mengatisanya? mari kita simak ulasannya berikut ini.

Kipas Radiator Avanza Tidak Berputar

Penyebab Kipas Radiator Avanza Tidak Berputar

Faktor Penyebab Kipas Radiator Mati

Sebelum anda memperbaiki kipas RADIATOR MOBIL yang tidak bisa berputar, maka anda harus mengetahui salah satu komponen yang bermasalah. Berikut ini faktor-faktor yang menyebabkan Kipas Radiator Avanza tidak berputar ataupun mati.

1. Sekring Putus

Sekring Mobil Avanza

Komponen sekring menjadi salah satu komponen dalam sistem kerja Radiator, keberadaannya sangat memiliki peran penting dalam menjaga rangkaian elektrikal pada bagian radiator. Jika komponen sekring bermasalah atau terputus, maka rangkaian elektrikal kipas radiator tidak akan berfungsi sebagai mana mestinya.

2. Kabel Terputus

Kabel Karburator Avanza

Faktor kedua juga cukup sering terjadi, yakni putusnya rangkaian kabel kelistrikan pada kipas radiator. Komponen rangakaian elektrikal kabel, juga sering kali penyebab utama sekring mati, sebagai contoh kebocoran arus listrik, atau pemasangan sambungan kabel yang tidak tepat.

3. Drive Belt Terputus

Putusnya komponen Drive Belt, permasalahan ini sering kali terjadi pada kipas radiator tipe konvensional. Penggerak kipas pada jenis ini memang menggunakan drive belt, kondisi tersebut memang sering kali terjadi, pasalnya drive belt berbahan dasar karet, yang bisa saja selip dan membuat drive belt terputus.

4. Motor Kipas Mati

Motor Kipas Radiator

Penyebab kipas radiator Avanza tidak berputar juga bisa di karenakan penggerak motor yang rusak. Jika motor penggerak rusak, maka harus sistem pendingin tidak mampu menyerap panas mesin. Maka harus segera di lakukan penggantian motor kipas.

5. Sensor Temperatur

Sensor temerature rusak menjadi penyebab kipas radioator tidak bergerak. Mengingat fungsinya sebagai komponen pemberi sinyal untuk engine ECU saat suhu mesin memanas.

Secara teori, sensor pendingin akan mengirim sinyal pada ECU engine, maka pada saat yang bersamaan kipas radiator akan bergerak mendinginkan air collant yang ada di dalam radiator. Jika sensor mengalami masalah, maka kipas tidak akan mampu berputar, hal ini di tandai dengan lampu indikator pada mesin akan tetap menyala.

6. Refrigerant Sensor Rusak

Secara umum, fungsi refrigerant sesnor memiliki sistem kerja yang sama sepertihalnya sensor temperatur, namun sensor refrigerant tidak mengatur suhu, melainkan tekanan pada Freon AC. Kendala seperti ini biasanya di alami pada mobil yang hanya di lengkapi dengan satu extra fan saja.

Pengaturan kipas berkaitan dengan refrigerant, jika komponen tersebut mengalami masalah atau mengalami kerusakaan, maka akan mempengaruhi kinerja putaran kipas radiator.

7. Socket Kendor

Socket Kendor juga memiliki kemungkinan kipas radiator tidaka mampu bergerak, hal ini bukan tanpa sebab, socket adalah bagian pengalir listrik selain kabel. Komponen ini seringkali mengalami kendor seiring jika pemakaiannya telah lama.

8. Fan Controller Unit Rusak

Tidak semua kendaraan memiliki komponen yang satu ini, fan controller adalah komponen yang mengatur putaran kipas radiator. Jika komponen ini bermasalah maka kipas tidak akan mampu berputar.

9. Visco Fan Rusak

Visco Fan rusak, kondisi yang mungkin jarang di ketahui para pemilik kendaraan yang mengalami kerusakaan kipas. Komponen akan bergerak mengikuti putaran mesin.

Komponen ini terletak pada bagian tengah baling-baling kipas, jika komponen ini mengalami kerusakaan, maka kipas radiator tidak akan mampu bergerak mengikuti putaran mesin.

10. Resistor Kipas Putus

Resistor merupakan salah satu komponen dalam kipas, permasalahan ini kerap terjadi saat kondisi fuse dan rangkaian kipas normal. Kipas akan bergerak secara cepat.

Umumnya putaran kipas terbagi menjadi tiga tingkatan kecepatan, kecepatan tersebut bergantung pada resistor. Jika komponen resistor terbakar, maka kipas tidka akan berfungsi secara optimal.

Cara Meperbaiki Kipas Radiator Avanza

Cara Meperbaiki Kipas Radiator Avanza

Berikut ini adalah langkah-langkah memperbaiki kipas radiator Avanza.

  • Cek bagian box relay dan sikring, lalu temukan bagian relay motor fan. Apa bila motor fan masih bisa berputar maka kemungkinan terjadi kerusakaan pada temperatur suhu.
  • Untuk kerusakaan temperatur suhu, maka harus di lakukan pergantian.
  • Kerusakaan juga bisa terjadi rangkaian elektrikal dan socket, untuk melakukan pengecekan pada kabel yang mengarah pada motor fan dengan memakai test lamp.
  • Jika test lamp menyala kemungkinan terjadi adalah kerusakaan pada motor fan, namun tidak menutup kemungkinan kerusakan juga terdapat pada kabel dan juga socket.
  • Selanjutnya periksa bagian brush, apa bila brush telah habis maka harus di lakukan pergantian.

Memperbaiki kerusakan pada kipas radiator Avanza yang tidak bisa berputar, memang memiliki langkah yang cukup sulit dan membutuhkan tingkat kesabaran yang tinggi. Namun jika anda merasa tidak yakin memperbaikinya sendiri, maka segera bawa kendaraan anda ke bengkel terdekat.

Demikian ulasan kami mengenai 10 Penyebab Kipas Radiator Avanza Tidak Berputar yang kami rangkum untuk anda. Semoga informasi tersebut dapat membantu anda dalam mengatasi permasalahan kipas radiator mobil kesayangan anda.

Abdullah Ginanjar Seorang Teknisi Yang Sekarang Ini Aktif Di Dunia Blogger

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *