√ Penyebab Genset Tidak Stabil : Mesin, Generator & Solusi

Penyebab Genset Tidak Stabil

Penyebab Genset Tidak Stabil – Tidak seperti dulu dimana Genset hanya untuk perusahaan, sekarang ini Genset bisa dibilang sudah menjadi kebutuhan primer karena saat ini sudah banyak pribadi ataupun rumah tangga yang memiliki sebuah Genset. Dengan adanya Genset berbagai aktivitas akan berjalan normal meski terjadi pemadaman listrik, utamanya aktivitas-aktivitas yang penggunaanya membutuhkan listrik.

Namun pada suatu kondisi namanya juga sebuah produk, Genset pasti akan mengalami yang namanya permasalahan dan salah satunya yaitu Genset tidak stabil. Penyebab Genset tidak stabil bisa bermacam-macam dan biasanya ditandai dengan hal-hal yang tidak wajar atau tidak seperti biasanya, seperti suara genset yang terdengan tidak seperti biasanya.

Genset memiliki putaran normal yaitu 1500 rpm, dikatakan sebuah Genset tidak stabil jika putarannya kurang dari 1500 rpm. Sedangkan tegangan atau voltase yang dihasilkan oleh Genset biasanya adalah sebesar 220 Volt (fase dengan Netral) dan 380 Volt (fase dengan fase) untuk Genset AC tiga fase. Jika tegangan yang dikeluarkan Genset tidak stabil akan mengakibatkan peralatan listrik yang memakai listrik dari Genset akan cepat rusak. Lalu apa sih penyebab Genset tidak stabil?

Penyebab Genset tidak stabil penting diketahui untuk menentukan langkah-langkah perbaikan terhadap Genset. Untuk itu sesuai judul artikel dan sekaligus menjawab pertanyaan diatas, dikesempatan kali ini Spbukita akan memberikan informasi seputar hal tersebut yakni penyebab Genset tidak stabil. Jadi bagi yang ingin mengetahui atau sedang mencari informasi mengenai penyebab tidak stabilnya Genset, simak ulasan dari Spbukita tentang penyebab Genset tidak stabil berikut ini. Baca juga PENYEBAB KABEL NETRAL ADA ARUS.

Penyebab Genset Tidak Stabil

Penyebab Genset Tidak Stabil.

Penyebab Genset tidak normal atau tegangan genset naik turun dapat dibagi menjadi dua faktor utama, yaitu penyebab dari mesin Genset itu sendiri dan penyebab dari generator pembangkit listriknya, berikut adalah penjelasanya :

1. Penyebab Tidak Stabil Akibat Adanya Masalah Pada Mesin Genset

Penyebab Tidak Stabil Akibat Adanya Masalah Pada Mesin Genset

Penyebab Genset tidak stabil yang pertama bisa karena ada permasalahan pada mesin Genset itu sendiri, masalah yang menjadi penyebab diantaranya seperti :

Putaran Mesin Yang Tidak Stabil

putaran mesin yang tidak stabil biasanya ditandai dengan suara genset yang tidak seperti biasanya (tidak normal dan naik turun). Normalnya putaran Genset yaitu 1500 rpm, jika putaran kurang atau lebih dari nilai tersebut mengakibatkan genset tidak stabil. Adapun penyebab putaran mesin tidak stabil yaitu :

  • Kurang bahan bakar
  • bahan bakar kotor
  • Bahan bakar tersumbat/tidak lancar

Solusi untuk mengatasinya yaitu dengan :

  • Cek dan pastikan bahan bakar tidak kotor/bersih
  • Gunakan saringan bahan bakar untuk membersihkanya
  • Memastikan volume bahan bakar normal/tidak kurang
  • Memastikan aliran bahan bakar ke mesin lancar

Kemudian setelah dipastikan dalam keadaan bersih, volumenya normal serta tidak tersumbat, tetapi putaran mesin masih tidak stabil (normal), langkah selanjutnya yaitu memeriksa pengatur bahan bakar (governor) dan pastikan governor berfungsi secara otomatis.

Pengatur Bahan Bakar (Governor) Bermasalah

Pengatur bahan bakar yang rusak akan membuat putaran mesin tidak stabil dan selanjutnya menyebabkan Genset tidak stabil. Perlu diketahui cara kerja governor ini yaitu berdasarkan putaran mesin Genset, dimana jika putaran mesin kurang akan menyebabkan governor tebuka lalu bahan bakar bisa masuk, sedangkan jika putaran mesin lebih/diatas normal berakibat bahan bakar yang masuk berkurang karena governor membukanya sedikit. Jadi untuk mengetahui penyebab putaran mesin tidak stabil, pastikan mengecek governor, MPU serta Actuator valve dan pastikan semuanya berfungsi secara otomatis.

2. Penyebab Tidak Stabil Akibat Adanya Masalah Pada Generator

Penyebab Tidak Stabil Akibat Adanya Masalah Pada Generator

Generator merupakan sistem kelistrikan dari mesin Genset. Generator atau sistem kelistrikan yang bermasalah juga menjadi penyebab genset tidak stabil. Adapun permasalahan yang sring terjadi pada generator Genset adalah sebagai berikut :

Kabel Keluaran Genset Bocor Atau Rusak

Kabel keluaran Genset yang rusak/bermasalah mengakibatkan generator tidak bisa berfungsi dengan baik. Jadi pastikan kabel keluaran masih dalam keadaan bagus, untuk memastikanya yaitu dengan cara mengukur tahanan isolasi kabel dan pastikan nilai tahananya bagus.

Masalah Pada Sambungan dan Terminal Kabel

Permasalahan pada sambungan dan terminal kabel, seperti longgar/kendor juga bisa sebagai penyebab genset tidak stabil. Jadi cek semua sambungan dan terminal kabel pada mesin Genset, kabel governor, kabel keluaran, terminal kabel di AVR dan lainnya. Pastikan semuanya dalam keadaan bagus serta terpasang baik, tidak lepas, longgar maupun putus.

AVR Genset Yang Bermasalah

Kondisi AVR Genset yang bermasalah/rusak juga bisa jadi penyebab tegangan Genset naik turun atau tidak normal . AVR fungsinya adalah untuk mengatur tegangan Genset supaya tetap stabil, jadi jika tegangan Genset tidak stabil bisa jadi karena AVRnya telah rusak atau bisa jadi AVR perlu dilakukan pengaturan tegangan supaya tetap stabil.

Akhir Kata

Demikian pembahasan mengenai penyebab Genset tidak stabil yang bisa Spbukita bagikan, semoga bisa bermanfaat dan juga membantu serta bisa menambah wawasan bagi para pembaca artikel ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *