√ Pengertian Angka Oktan dan Manfaat

Pengertian Angka Oktan dan Manfaat

Pengertian Angka Oktan dan Manfaat – Salah satu usaha dalam merawat kendaraan bermotor agar selalu dalam kondisi prima yaitu dengan memilih bahan bakar terbaik. Bahan bakar terbaik disini yakni yang memiliki nilai/angka/bilangan oktan yang sesuai dengan mesin kendaraan, sehingga kinerja mesin maksimal.

Setiap jenis bahan bakar memiliki nilai oktan berbeda-beda dan angka oktan ini dijadikan penentu untuk memilih bahan bakar yang pas dan sesuai untuk kendaraan. Selain itu angka oktan juga mempengaruhi harga dari bahan bakar itu sendiri, artinya semakin tinggi angka oktan maka semakin mahal harganya.

Namun disini perlu digaris bawahi bahwa tinggi rendahnya angka oktan tidak mempengaruhi tenaga mesin, artinya bahan bakar dengan angka oktan tinggi tidak serta merta menghasilkan tenaga lebih tinggi pula. Jadi untuk memilih bahan bakar yang pas buat kendaraan perlu melihat mengenai perbandingan rasio kompresinya atau CR.

Jadi disini pengetahuan mengenai angka oktan dan manfaat menjadi suatu hal yang penting karena angka oktan mempengaruhi kinerja dari mesin, tepatnya yaitu mempengaruhi proses pembakaran di dalam mesin. Nah untuk mengetahui secara detai mengenai arti atau pengertian angka oktan dan manfaat angka oktan, simak ulasan lengkap dari Spbukita tentang pengertian angka oktan dan manfaat berikut ini.

Pengertian Angka Oktan dan Manfaat

Pengertian Angka Oktan dan Manfaat.

1. Pengertian Angka Oktan

Oktan berasal dari kata oktana, sedangkan pengertian angka oktan sendiri adalah suatu bilangan yang memperlihatkan seberapa tinggi tekanan yang mampu ditahan hingga sampai bahan bakar akan secara spontan terbakar. Tekanan inilah selanjutnya dikenal dengan sebutan kompresi. Pada proses pembakaran didalam mesin, diruang bakar akan disemprotkan udara/oksigen dan bensin dimana kemudian campuran bensin dan udara ini akan dikompresi/dimampatkan ketika piston melakukan langkah kompresi dan setelah itu busi memercikan api dan terjadila proses pembakaran.

Akibat tekanan kompresi yang besar, campuran bensin dan udara juga bisa terbakar tanpa adanya percikan api dari busi atau sebelum busi memercikan api, jika hal ini terjadi maka akan bisa terjadi knocking/ketukan didalam mesin dan jika dibiarkan terus menerus akan memnyebabkan mesin cepat rusak. Maka dari itu sangat penting untuk memilih bensin dengan angka oktan yang pas sesuai dengan perbandingan rasio kompresi (CR0 agar mesin awet dan tetap optimal.

2. Manfaat Angka Oktan

Angka oktan yang ditingkatkan menggunakan tambahan zat aditif bensin dapat memberikan beberapa manfaat pada kinerja mesin, semakin tinggi nilai atau angka oktan maka semakin tinggi nilai manfaat didapatkan. Adapun beberapa manfaat jika memakai bensin dengan angka oktan yang tinggi (92 dan 95) adalah sebagai berikut :

  • Proses pembakaran didalam mesin bisa dioptimalkan dan anti ketukan (knocking)
  • Bisa merawat mesin lebih baik, sebab selain anti ketukan proses pembakaran sempurna juga dapat mengurangi kotoran/jelaga (residu) dari hasil pembakaran.

Nah itu dia pengertian dan manfaat dari angka oktan, jadi sebaagai salah satu jenis perawatan untuk menjaga supaya kendaran bisa tetap optimal adalah pemilihan bensin atau bahanbakar.

Angka Oktan Pada Bahan Bakar

Angka Oktan Pada Bahan Bakar

Nama oktan diambil dari nama unsur pembentuk bensin itu sendiri yakni Oktana (C8), oktana ini mempunyai sifat sangat bagus dalam hal kompresi dimana dapat dikompres hingga volume paling kecil tanpa adanya pembakaran secara spontan. Jadi oktana jauh lebih baik dalam hal kompresi jika dibandingkan dengan molekul lain seperti Heptana, dimana heptana ini sangat mudah sekali terbakar meski mendapat kompresi rendah.

Berikut beberapa contoh angka atau nilai oktan pada bahan bakar :

  • Pertamax Plus > 95
  • Bensin Standar di Taiwan (1) > 92
  • Pertamax (2) > 91
  • Bensin Standar di Eropa, Pertamax > 91
  • Bensin tanpa timbal, Premium > 88
  • Bensin Standar di Amerika Serikat > 87

Akhir Kata

Demikian pembahasan mengenai pengertian angka oktan dan manfaat yang bisa Spbukita bagikan, semoga bisa bermanfaat dan juga membantu serta bisa menambah wawasan bagi para pembaca artike ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *