√ Motor Washer Berfungsi Untuk : Tipe & Cara Kerja

Motor Washer Berfungsi Untuk

Motor Washer Berfungsi Untuk – Motor Washer merupakan salah satu komponen pada sistem Washer, dimana washer bekerja bersama dengan Wiper. Washer adalah salah satu piranti tambahan pada sebuah kendaraan mobil. Washer juga menjadi salah satu bagian penting dari sistem kelistrikan otomotif, perannya tidak bisa diabaikan begitu saja meski tidak sepenting sistem kelistrikan otomotif lainnya seperti sistem lampu mobil dan lain sebagainya.

Washer berfungsi untuk mengurangi beban kerja dari Wiper, artinya Washer ini digunakan membantu kinerja dari Wiper menjadi lebih ringan. Adakalanya terdapat kotoran yang tidak mampu dibersihkan oleh wiper dan dibutuhkan cairan untuk membersihkan kotoran tersebut. Hal tersebut menjadi salah satu alasan dibuatnya sistem washer yaitu untuk menyemprotkan cairan pembersih ke kaca mobil.

Untuk menjalankan fungsinya, sistem washer dibantu oleh berbagai komponen didalamnya, dimana komponen-komponen tersebut saling bekerja sama sehingga cairan pembersih bisa disemprotkan ke kaca. Adapun komponen-komponen tersebut seperti Nozzle, Washer tank, selang, cairan pembersih dan tentu saja komponen yang akan kita bahas pada artikel kali ini yaitu Motor Washer.

Sesuai judul artikel diatas, pada kesempatan kali ini Spbukita akan memberikan informasi mengenai salah satu komponen dari sistem washer, yakni motor washer. Jadi untuk yang penasaran atau sedang mencari informasi mengenai motor washer berfungsi untuk apa, simak ulasan lengkap dari Spbukita tentan motor washer berfungsi untuk, berikut ini.

Motor Washer Berfungsi Untuk

Motor Washer Berfungsi Untuk.

Motor Washer adalah salah satu komponen pada sistem washer dimana berfungsi untuk menggerakan pompa sehingga mampu memberikan dorongan pada cairan pembersih yang berada pada washer tank. Motor washer sendiri yang sering digunakan ada dua tipe, yaitu tipe wound motor dan tipe ferrite magnet.

  • Motor Washer Tipe Wound Motor : Gaya magnet yang dihasilkan dari sebuah kumparan coil sebagai alat untuk menciptakan gaya elektromagnetik
  • Motor Washer Tipe Ferrite Motor : Gaya magnet yang dihasilkan dari magnet permanen.

Jenis pompa yang digerakan oleh motor Washer pun ada beberapa tipe, yaitu tipe squeeze, tipe sentrifugal dan tipe roda gigi.

Komponen Lain Pada Sistem Washer

Komponen Lain Pada Sistem Washer

Selain motor washer, sistem washer juga terdapat komponen pendukung lainnya. Berikut ini adalah beberapa komponen yang ada pada sistem washer beserta fungsinya :

1. Tangki Washer

Ini merupakan salah satu komponen washer dimana berfungsi untuk menampung cairan pembersih. Tangki washer untuk tiap kendaraan mempunyai bentuk yang berbeda-beda menyesuaikan letak serta tempat dudukannya.

2. Selang

Selang adalah komponen washer dimana berfungsi untuk menghubungkan pompa washer dengan nozzle, jadi dengan adanya komponen ini nantinya cairan pembersih bisa dialirkan menuju nozzle untuk selanjutnya disemprotkan ke kaca mobil.

3. Nozzle

Pada sistem washer Nozzle berfungsi untuk menyemprotkan cairan/fluida pembersih kekaca mobil setelah mendapat dorongan tekanan dari pompa.. Nozzle terbuat dari material pipa tembaga, aluminium ataupun resin dengan satu atau dua lubang berukuran 0,8-1,0 mm sebagai tempat aliran cairan pembersih.

4. Cairan Pembersih

Cairan pembersih ini terbuat dari zat anti beku dicampur dengan detergent dan anti karat, Sangan penting diusahakan agar cairan pembersih yang digunakan tidak merusak karet, karena dalam penggunaanya cairan pembersih ini akan langsung bersentuhan dengan karet wiper serta karep pada yang ada pada sisi-sisi kaca mobil.

Akhir Kata

Demikian pembahasan mengenai motor washer berfungsi untuk yang bisa Spbukita bagikan, semoga bisa bermanfaat dan juga membantu serta bisa menambah wawasan bagi para pembaca artikel ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *