√ Motor Matic Mati Mendadak : Penyebab & Cara Mengatasi

MOTOR MATIC MATI MENDADAK

Motor Matic Mati Mendadak – Sekarang ini motor bertransmisi otomatis atau biasa dikenal dengan sebutan motor matic menjadi kendaraan roda dua yang banyak diminati dan dicari semua kalangan baik muda maupun tua. Hal ini karena motor matic dinilai lebih praktis dan simpel tanpa harus memindahkan gigi dalam penggunaanya.

Motor matic hanya memerlukan pengontrolan pada komponen gas dan rem saja, selain itu posisi berkendara yang nyaman serta bagasi luas juga menjadi salah satu alasan mengapa motor matic lebih banyak peminatnya, apa lagi untuk perempuan.

Dengan segala kemudahannya tersebut, motor matic juga sebuah kendaraan yang membutuhkan perawatan serta perhatian terhadap mesin dan komponen-komponennya agar motor selalu pada kondisi yang prima. Perawatan yang kurang baik pada motor matic bisa menyebabkan berbagai masalah, salah satunya yakni motor matic mati mendadak. Mati mendadak yang dimaksud disini bukanlah karena motor kehabisan bensin, tetapi karena sebab lain akibat kurang baiknya perawatan.

Lalu mengapa motor matic bisa mati mendadak? Nah untuk menjawab pertanyaan tersebut, di lesempatan kali ini Spbukita akan memberikan informasi seputar hal ini. Jadi buat yang penasaran atau sedang mencari informasi mengenai motor matic mati mendadak, simak ulasan lengkap dari Spbukita tentang motor matic mati mendadak berikut ini.

Motor Matic Mati Mendadak

Motor Matic Mati Mendadak.

Motor matic mati mendadak biasanya terjadi karena motor jarang diservis, motor matic yang jarang diservis dan dibersihkan mengakibatkan kotoran atau kerak pada komponen menumpuk sehingga akan menghambat kerja dari komponen tersebut. Untuk mengetahui lebih detail mengenai penyebab motor mati mendadak, simak penjelasan dari Spbukita dibawah ini :

1. Kompresi Motor Matic Hilang Akibat Jarang Digunakan

Hilangnya kompresi juga bisa menyebabkan motor mati mendadak. Kompresi motor bisa diakibatkan karena motor jarang dipakai, hal ini membuat ring piston menciut sehingga menyebabkan kompresi hilang. Untuk mengetahui kompresi motor rendah bisa dengan cara buka atau copot busi, kemudian tutup lubang busi memakai kain dan tangan lalu engkol motor, jika angin yang keluar tidak kuat menandakan kompresi rendah.

Solusi mengatasinya yaitu dengan meneteskan oli ke ruang bakar, setelah itu tutup lubang busi dengan kain dan tangan engkol berulang-ulang hingga tekanan angin dirasa kuat. Jika komprei sudah normal kembali, pasang busi lalu starter motor matic.

2. Pengapian Motor Matic Lemah

Ini biasanya terjadi pada motor matic yang sudah lama atau usia pakainya sudah lama, sebab usia pakai motor lama maka sistem pengapiannya akan menurun. Pengapian menurun bisa jadi bersumber dari koil atau bisa juga karena busi kotor dan sudah perlu diganti, jadi untuk memastikanya lakukan pengecekan pada komponen busi, koil dan CDI.

3. Motor Matic Kehabisan Oli

Oli mesin yang berkurang atau bahkan habis juga bisa berakibat motor mati mendadak. Hal ini bisa terjadi karena jika tidak ada oli komponen di dalam mesin akan saling bergesekan sehingga menimbulkan panas pada mesin dan parahnya mesin jadi tidak berfungsi lagi.

Hal Yang Perlu Dilakukan Ketika Motor Mati Mendadak

Hal Yang Perlu Dilakukan Ketika Motor Mati Mendadak

Jika hal ini terjadi yakni motor mati mendadak, pertama yang perlu dilakukan adalah pinggirkan motor lalu standar dua/tengah, setelah itu matikan mesin dan memastikan sistem injeksi motor tidak bermasalah. Untuk mengetahui sistem injeksi motor tidak bermasalah yaitu dengan menempatkan posisi kontak motor pada kondisi On, lalu dengarkan bunyi ngiiing,, pada sistem injeksi atau dibagian samping kiri jok. Jika bunyi tersebut masih terdengar berarti sistem injeksi tidak bermasalah.

Kemudian jika sistem injeksi tidak bermasalah, langkah selanjutnya yang perlu dilakukan adalah sengan menarik gas beberapa saat secara penuh lalu starter motor dengan kombinasi electric starter dan kick starter secara bergantian. Lakukan hal tersebut secara berulang-ulang hingga motor kembali menyala.

Akhir Kata

Demikian pembahasan mengenai motor matic mati mendadak yang bisa Spbukita bagikan, semoga bisa bermanfaat dan juga membantu serta bisa menambah wawasan bagi para pembaca artikel ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *