Abdullah Ginanjar Seorang Teknisi Yang Sekarang Ini Aktif Di Dunia Blogger

8 Merk Aki Motor Terbaik : Aki Kering & Aki Basah Terbaru 2020

Merk Aki Motor Terbaik

Didalam sebuah motor ataupun mobil memang memiliki banyak sekali komponen-komponen dengan fungsinya masing-masing. Seperti dengan sebuah komponen didalam mesin motor terdapat banyak sekali dan setiap komponen memiliki fungsi dan cara kerjanya masing-masing untuk menghasilkan tenaga dalam pembakaran.

Tentu tidak hanya itu saja komponen dari sebuah motor, terdapat beberapa part perlu diperhatikan juga dengan keberadaannya. Jika kalian perhatikan secara seksama, hampir motor rakitan baru sudah tidak dilengkapi dengan kickstarter. Dengan kata lain dalam menghidupkan mesin motor hanya mengandalkan elektrik starter, jika aki rusak atau soak maka akan sudah mesin motor untuk dihidupkan.

Dimana untuk sistem elektrik starter akan ketergantungan dari sebuah Aki, untuk itu penggunaan aki memang perlu diperhatikan sekali. Karena tidak hanya bagin itu saja yang membutuhkan aliran listrik terdapat beberapa bagian seperti lampu serta proses pembakaran juga membutuhkan aliran listrik. Maka dari itu dalam perawatan aki harus benar-benar cek setiap kali service, jikapun sudah rusak dan harus ganti bisa gunakan beberapa merk aki motor terbaik.

Berbicara salah satu aki motor terbaik diantara semua pengguna motor maupun mobil tentu tidak asing dengan jenis aki motor yakni Aki Kering dan Aki Basah. Kedua jenis aki motor tersebut memang memiliki fungsi sama persis pada sebuah motor, jadi tidak perlu takut salah penggunaan. Hanya saja komponen didalam sebuah aki yang berbeda, apabila anda ingin tahu lebih lanjuta maka dapat simak informasi dari Spbukita.com berikut ini.

Merk Aki Motor Terbaik Tipe Aki Kering & Basah

Merk Aki Motor Terbaik

Adapun dalam pemilihan sebuah merk aki motor memang perlu sekali di pilah-pilih, baik itu untuk penggunaan aki kering atau juga aki basah. Seperti kita ketahui sendiri ada cukup banyak merk aki motor dengan menawarkan sejumlah keunggulannya masing-masing. Mulai masak pakai cukup lama, daya menyimpan listrik lebih bagus dan lainnya.

Tips Memakai Aki

Dalam penggunaan pada sebuah aki motor memang perlu diperhatikan sekali, terutama aliran listrik yang dibutuhkan pada sebuah motor. Apalagi jika anda sangat suka dengan akesoris dimana membutuhkan aliran listrik, nah ini hal paling di perhatikan. Berikut ini beberapa tips merawat aki motor agar tidak cepat soak.

  • Kontrol Penggunaan Aksesoris, usahakan jangan terlalu banyak penggunaan aksesoris yang membutuhkan arus listrik
  • Selalu hidupkan motor kurang lebih 15 menit setiap harinya supaya sel didalam aki tidak mati atau kering
  • Kontrol secara rutin cairan didalam aki, dalam hal ini bisa kalian cek sendiri secara manual karena prosesnya juga sangat mudah sekali
  • Periksa bagian aki terdapat kebocoran atau tidak, pada saat kalian cek cairan didalam aki maka periksa juga seluruh bagian aki terapat kebocoran atau tidak
  • Cek kondisi terminal aki, supaya arus listrik keluar masuk tidak terhambat oleh kotoran-kotoran
  • Ketika mematikan mesin motor, pastikan semua komponen kelistrikan dalam kondisi mati dengan tujuan ketika dihidupkan kembali beban listrik tidak terlalu besar

Perbedaan Aki Kering & Basah

Perbedaan Aki Kering Basah

Jika secara kasat mata dalam perbedaan dari aki basah dan akir kering memang sanagt jelas terlihat, dimana untuk aki basah memiliki wadah transparan sehingga sangat jelas sekali cairan didalamnya. Lalu dalam sebuah aki kering biasanya memiliki wadah gelap atau tidak transparan, karena komponen didalamnya berupa cairan seperti gel dimana memiliki tingkat penguapan sangat kecil.

Dalam segi umur pemakaian memang memiliki perbedaan dimana untuk aki kering memiliki umur lebih pendek bila dibandingkan dengan umur aki kering. Sedangkan dalam tingkat perawatan aki kering lebih mudah, karena tidak harus mengisi cairan air Zuur dimana berfungsi untuk merendam cell-cell aki. Nah itulah beberapa perbedaan antara jenis aki basah dan akir kering, secara tertulis aki kering jauh lebih diunggulkan dan sangat rekomendasi sekali.

Merk Aki Motor Terbaik

Ada cukup banyak sekali merk aki motor dengan kualitas terbaik bisa anda gunakan, bahkan memiliki umur sangat panjang. Apalagi jika anda sering merawatnya maka aki akan bertahan cukup lama, dalam menegcek aki masih bagu atau tidak bisa menggunakan alat mulitmeter. Berikut ini kami informasikan beberapa merk aki motor yang kami rekomendasikan untuk anda semua.

GS Astra

GS Astra

Dari sekian banyak pengguna motor maupun juga mobil pasti sudah tidak asing lagi dengan merk aki dengan nama GS Astra, merk satu ini memang sudah dikenal cukup banyak orang. Karena hampir semua produsen kendaraan percayakan aki dari merk GS Astra, karena dikenal dengan kualitasnya.

GS Astra tidak hanya dikenal produksi beberapa jenis aki mobil, melainkan memproduksi juga dua jenis aki motor yakin kering dan basah. Dari segi kualitas antara keduanya memang sama, tergantuing dari perawatannya terutama dalam penggunaan aki basah.

Yuasa

Yuasa

Merk aki motor terbaik selanjutnya adalah Yuasa, merk aki satu ini juga tidak kalah trend dari GS Astra karena merk ini sudah hadir sebelum beberapa merk aki lainnya dikenal. Adapun Aki Yuasa dikenal dengan kualitasnya sangat berkualitas, dimana mampu mengalirkan arus listrik dengan sempurna.

Dalam penggunaan aki Yuasa bisa pilih saha mau jenis aki basah atau aki kering, meski keduanya memiliki kualitas sama. Namun dalam sisi perawatan berbeda jauh sekali, untuk penggunaan aki kering tidak perlu mendapat perawatan seperti aki basah.

Bosch

Bosch

Merk aki motor selanjutnya adalah Bosch, salah satu aki motor terbaik satu ini. Bosch menawarkan sejumlah keunggulan pada produknya ini, meski dikenal dengan aki kering dengan penggunaan gell didalamnya. Namun berbicara soal kualitas memang tidak perlu diragukan kembali, jadi merk ini sangat direkomendasikan sekali.

Tidak hanya memiliki desain bodi aki sanagt keren, untuk kualitasnya juga sangat sepadan dimana mampu menyimpan arus listrik dengan baik dan sempurna. Sama seperti dengan jenis aki kering lainnya, aki dari Bosch tidak perlu mendapat perawatan seperti aki basah atau jenis aki lainnya.

Quantum

Quantum

Selanjutnya ialah Quantum Federal, pada merk aki motor satu ini memang sangat rekomended sekali bagi semua pengguna motor. Aki kering dari Quantum memiliki kualitas sangat oke sekali, sehingga tidak perlu lagi mendapat perawatan berlebihan seperti jenis aki lainnya.

Untuk pengguna baru tidak perlu ini itu, langsung saja pasang otomatis arus listrik akan mengalir seperti dengan cara kerjanya. Memiliki umur sangat panjang menjadi nilai plus dari merk ini, apalagi untuk harganya cukup terjangkau juga.

Motobatt

Motobatt

Ada banyak merk aki motor bisa anda pilih, salah satunya ialah Motobatt. Hanya saja pada merk ini hanya mejual aki kering saja, meski sbuah aki kering namun aki dari motobatt tetap menggunakan air aki untuk mengisi dalam aki.

Adapun beberapa kelebihan jika menggunakan aki satu ini, hal paling utama ialah berbahan gel lalu tahan banting. Oleh karena itu kenapa merk aki motor satu ini sering digunakan oleh banyak orang, apalagi ada banyak sekali aki untuk segala tipe motor.

Nah itulah informasi yang sudah kami sampaikan kepada kalian semuanya, dimana ada cukup banyak merk aki motor bisa kalian gunakan. Seperti halnya dengan komponen bearing motor juga ada banyak sekali produknya. Mungkin cukup sekian informasi dari Spbukita.com kali ini dan semoga saja ulasan diatas berguna bagi kalian semua.

Abdullah Ginanjar Seorang Teknisi Yang Sekarang Ini Aktif Di Dunia Blogger