Abdullah Ginanjar Seorang Teknisi Yang Sekarang Ini Aktif Di Dunia Blogger

√ Maksimal DB Knalpot 150 cc 2021 : Aturan & Menurunkan

Maksimal DB Knalpot 150 cc Terbaru

Maksimal DB Knalpot 150 cc – Dunia modifikasi otomotif memang tidak ada batasan, namun seringkali memodofikasi berlebihan juga akan melanggar aturan perundangan, sebelum anda menyesal karena memodifkasi motor secara berlebihan, lebih baik motor di fungsikan secara standartnya saja.

Nah untuk edisi kali ini, spbukita.com akan membahas tentang ukuran Maksimal DB Knalpot 150 cc. Tidak heran jika seringkali di temukan sejumlah pengendara yang memodifikasi motor pada bagian knalpot, mengganti knalpot motor bawaan pabrik yang di rubah dengan knalpot racing yang menimbulkan suara mengganggu telinga.

Kebanyakan pengendara awam hanya sekedar memodofikasi, tidak memahami aturan tentang batasan memodifakasi khususnya bagian knalpot. Sebagian besar modifikasi knalpot menggunakan knalpot racing akan merubah sura motor, salah salah motor tidak menjadi ramah lingkungan.

Tingkat kebisingan knalpot sebenarnya telah di atur dalam peraturan mentri lingkungan hidup no 7 tahun 2009, yang mengatur tentang batas kebisingan kendaraan bermotor. Lalu berapakah ukuran DB sesuai dengan peraturan, simak ulasannya berikut ini.

Maksimal DB Knalpot 150 cc Terbaru

Maksimal DB Knalpot 150 cc Terbaru

Apa itu DB Knalpot?

Pemakaian knalpot racing sejatinya untuk keperluan motor balap, namun penggunaan otomotif seringkali memanfaatkannya untuk keseharian dengan cara merubah atau mengganti knalpot standar menjadi knalpot racing.

DB 150 cc

Untuk mengantisipasi kebisingan jikae anda menggunakan knalpot racing, maka anda perlu menggunakan DB killer sejenis alat untuk meredam dan mengukur tingkat kebisingan pada knalpot racing, sehingga suara motor menjadi tidak bising.

Aturan DB Knalpot 150 cc

Aturan DB Knalpot 150 cc

Supaya tidak berurusan dengan kepolisian, pengguna knalpot racing perlu memahami penggunaan knalpot yang disesuaikan dengan tingkat kebisingan. Saat ini yang akan kita bahas adalah maksimal DB knalpot 150 CC. Abang kebisingan motor 150 CC harus sekitar 80 DB sebagai aturan tingkat kebisingan sesuai dengan peraturan menteri lingkungan hidup.

Cara Menurunkan DB Knalpot 150 cc

Penggunaan knalpot racing nyatanya masih menjadi perdebatan di kalangan para pecinta otomotif, karena sebagian knalpot racing merubah suara motor menjadi brisik dan sangat menggangu telinga. berikut adalah cara ampuh untuk meredam suara knalpot agar DB sesuai dengan standar aturan.Dengan Busa Glasswol

Penambahan Busa Peredam Glasswool

Penambahan Busa Peredam Glasswool

Secara umum knalpot telah menggunkan busa Glasswool bahkan knalpot standart sekaligus, namun biasnya knalpot bersuara bising memiliki tingkat kepadatan busa yang kurang sehingga juga berpengaruh pada suara knalpot.

Peredam Fiberglass

Peredam Fiberglass

Solusi kedua adalah menggunakan peredam fiberglass. Fiberglass di nilai lebih efektif di bandingkan dengan menggunakan busa glasswoo, pasalnya glaswool akan mudah terbakar karena suhu knalpot yang tinggi, sedangkan fiberglass memiliki skema bahan yang cenderung tahan panas pada knalpot.

Peredam Steelwool

Peredam Steelwool

Cara yang ketiga adalah menggunakan steelwool, peredam steelwol adalah peredam yang memiliki serat yang berasal dari besi dan tidak mudah terbakar, namun untuk kekurangannya adalah bahan tersebut mudah berkarat.

Memasang Knalpot dengan DB killer

Knalpot DB killer

Untuk cara yang berikutnya adalah dengan cara mengganti knalpot dengan jenis knalpot yang mempunyai DB killer, di jamin suara motor anda tidak akan bising di telinga.

Aplikasi Pengukur DB Knalpot

Aplikasi pengukur DB

Tidak perlu menunggu terkena tilang polisi guna mengetahui ukuran DB knalpot anda, di jaman yang canggih ini anda dapat mengetahui ukuran decibel motor kesayangan anda, agar nantinya anda tidak di anggap melanggar peraturan.

Cara mengukurnya adalah dengan menggunakan aplikasi pada Hp anda melalui aplikasi sound meter. Cara menggunakannya mudah cukup dekatkan HP anda pada knalpot, maka angka akan menunjukan berapa besar ukuran DB knalpot motor kesayangan anda.

Demikian yang dapat kami sampaikan mengenai batas Maksimal DB Knalpot 150 cc, semoga rangkuman kami tersebut dapat menjadi sumber informasi untuk anda. Jika ada kritik dan saran silahkan komentar di tempat yang kami sediakan di bawah halaman artikel.

Abdullah Ginanjar Seorang Teknisi Yang Sekarang Ini Aktif Di Dunia Blogger