Abdullah Ginanjar Seorang Teknisi Yang Sekarang Ini Aktif Di Dunia Blogger

7 Komponen Motor Listrik Beserta Fungsinya 2020

Komponen Motor Listrik Beserta Fungsinya

Semakin tingginya minat kendaraan roda dua, membuat banyak produsen gencar untuk menghadirkan beberapa jenis motor terbarunya mulai dari motor matic, trail, bebek, dan sport. Namun belum lama ini telah muncul sebuah motor listrik di Indonesia, kehadirannya juga disambut baik oleh pecinta otomotif. Apalagi didalam komponen motor litrik memiliki cukup banyak perbedaan bila dibandingkan dengan jenis motor lainnya.

Mungkin dari sekian banyak pengguna kendaraan roda dua atau lebih akrab disebut dengan motor, masih belum banyak tahu dengan motor litrik. Dari sekian banyak pengguna akan bertanya-tanya bagaimana cara kerja motor listrik sehingga bisa jalan dan adapula apakah komponen didalam motor litrik sama persis dengan motor pada umumnya. Pertanyaan seperti ini memang sangat wajar saja, apalagi ini jenis motor dapat dibilang masih baru.

Dari sini kita bisa mengambil kesimpulan bila keduanya memiliki cukup banyak perbedaan mulai dari tenaga yang dihasilkan, untuk motor listrik sendiri telah ditenagai Armature Coil dan Stator. Lalu ada juga beberapa bagian lainnya dan disetiap komponen didalam motor listrik memiliki fungsinya masing-masing. Pada kesempatan sangat baik ini kami akan menjelaskan kepada anda semua beberapa komponen penting didalam motor jenis satu ini.

Pada intinya cara kerja jenis motor satu ini mengubah energi listrik menjadi energi gerak, sehingga menghasilakn putaran denagn tenaga sangat besar. Kita bisa ambil contoh saja sebuah kipas angin, ketika aliran listrik masuk maka secara otomatis kipas akan berputra. Nah seperti itulah kurang lebih prinsip kerja dari motor listrik. Untuk mengetahui lebih lengkapnya, mari kita simak ulasan dari Spbukita.com berikut ini.

Komponen Motor Listrik Beserta Fungsinya

Komponen Motor Listrik Beserta Fungsinya

Didalam sebuah motor listrik ada cukup banyak komponen penting harus kalian ketahui, meski kita tidak memilikinya. Namun tidak ada salahnya jika kita mengetahui terlebih dahulu, pasalnya untuk harga motor listrik sendiri terbilang cukup mahal. Jadi tak heran jika tidak semua orang bisa memiliki motor yang ditenagai oleh aliran listrik. Dari beberapa komponen didalamnya, masing-masing memiliki fungsi dan cara kerjanya.

Komponen Motor Listrik dan Fungsinya

Jika melihat dari dunia elektronika, litrik memang tidak bisa dipisahkan dengan beberapa alat dengan teknologi canggih seperti sekarang ini. Semisalnya saja motor dan mobil, sudah pasti sangat membutuhkan energi listrik untuk menghidupkan mesin, lampu, AC dan masih banyak lagi lainnya. Nah berikut ini beberapa komponen penting didalam sebuah motor listrik harus kalian ketahui.

Stator Coil/Armature Coil

Komponen Motor Listrik

Stator Coil/Armature Coil salah satu komponen utama pada jenis motor litrik, pasalnya pada komponen ini akan langsung terhubung dengan kinerja motor. Mungkin dari sekian banyak orang sudah tidak asing lagi dengan satu ini, namun masih banyak juga orang belum paham secara detailnya.

Stator Coil/Armature Coil adalah sebuah lilitan tembaga statis yang mengelilingi poros utama pada bagian lempengan besi. Sedangkan untuk fungsinya sendiri untuk membangkitkan medan magnet pada bagian sekitar rotor, jadi bagian ini memang sangatlah penting sekali terhdapad motor maupun perlatan lainnya yang mendukung tenaga listrik.

Rotor Coil/Komutator

2

Tidak jauh berbeda dengan Stator atau armature coil, hanya saja pada Rotor Coil atau komutator langsung berhubungan dengan poros utamanya sama-sama sebuah lilitan tembaga. Untuk ujung lilutan pada bagian ini akan terhubung ke ujung poros utamanya. Sedangkan untuk fungsi dari Rotor Coil atau Komutator tidak jauh berbeda dengan Stator atau Armature Coil.

Main Shaft

3

Untuk komponen selanjutnya adalah Main Shaft yakni merupakan poros utama sebagi tempat menempelnya dua komponen Stator Coil atau Armature Coil dan Rotor Coil atau Komutator. Memiliki bentuk seperti tongkat logam dengan bahan alumunium, hal tersebut bertujuan agar pada suhu tinggi tetap stabil.

Motor Housing

4

Motor Housing merupakan sebuah komponen didalam motor listrik berfungsis ebagai pelindung komponen yang ada dialamnya seperti Armature Coil, Komutator, Main Shaft dan masih banyak lagi lainnya. Adapun beberapa orang menyebutnya sebagai bodi atau penutup.

Brush

5

Ada cukup banyak sekali komponen didalam sebuah motor listrik yang harus kalian ketahui, untuk komponen selanjutnya adalah Brush. Mungkin dari sekian banyak pengguna motor masih belum banyak tahu dengan komponen ini dan fungsinya untuk apa. Brush adalah sebuah komponen sikat tembaga, dimana berfungsi untuk menghubungkan sumber arus listrik dengan rotor coil. Lalu letak dari Brush pada bagian ujung rotor utamanya.

Bearing

6

Bearing tidak hanya untuk mesin motor pada umumnya saja, karena ada cukup banyak jenis bearing dan memiliki fungsinya masing-masing. Didalam sebuah motor litrik juga terdapat bearing, dimana memiliki fungsi untuk mempermudah atau untuk memuluskan putaran poros utama agar tetap stabil. Bearing memiliki sifat tidak menghambat kinerja komponen lain, sehingga putaran yang terjadi tetap sama.

Drive Pulley

7

Lalu untuk komponen terakhir adalah Drive Pulley, pada bagian yang satu ini terletak diluar Motor Housing atau terletak diujung poros utama. Adapun fungsi dari Drive Pulley untuk menyalurkan putaran poros utama yang dihasilkan pada medan magnet menuju ke komponen lainnya.

Nah itualah beberapa komoponen didalam motor listrik yang harus kalian ketahui, dimana beberapa komponen seperti diatas memang sangat penting sekali. Sama seperti halnya dengan komponen didalam mesin motor pada umumnya, sehingga menghasilkan energi gerak. Mungkin cukup sekian informasi dari Spbukita.com kali ini dan semoga saja artikel kali ini bisa menambah wawasan atau informasi seputar dunia otomotif.

Abdullah Ginanjar Seorang Teknisi Yang Sekarang Ini Aktif Di Dunia Blogger