11 Komponen Mobil : Terpenting & Fungsinya

Komponen Mobil

Komponen Mobil – Pada sebuah mobil terdapat banyak sekali komponen didalamnya, dimana kesemua komponen tersebut saling bekerja sama mengatur kinerja mesin dengan tujuan supaya mobil bisa bekerja/berfungsi secara optimal. Artinya jika salah satu dari komponen tersebut bermasalah, maka mobil akan bekerja tidak maksimal karena komponen yang bermasalah tersebut mengganggu kerja dari komponen lain sehingga kinerja mobil jadi terhambat.

Jika dilihat secara umum komponen kendaraan terbagi menjadi dua bagian, yakni komponen eksterior dan interior. Komponen interior meliputi bagian mesin dan pedukungnya, sedangkan komponen eksterior terdiri dari atau yang berhubungan dengan body mobil. Kedua bagian tersebut sama pentingnya karena jika salah satu komponenya bermasalah maka bisa mengakibatkan kerusakan juga pada komponen lain.

Sebagai pemilik mobil, tidak ada salahnya untuk mengetahui fungsi dar bagian-bagiannyai, hal itu akan sangat bermanfaat sebagai deteksi awal ataupun penanganan awal jiga terjadi suatu masalah pada salah satu komponen mobil. Selain itu juga untuk mengetahui kondisi dari mobil itu sendiri apakah dalam kondisi yang baik dan aman ataukan perlu diservis. Lalu apa sajakah komponen itu?

Pada artikel sebelumnya Spbukita telah membahas mengenai KOMPONEN MESIN MOBIL, dan untuk menjawab pertanyaan tersebut dikesempatan kali ini Spbukita akan memberikan informasi seputar komponen mobil. Namun tidak semua komponen akan dibahas, melainkan hanya sebagian saja yang dianggap komponen terpenting dalam sebuah mobil. Jadi buat yang penasaran atau sedang mencari informasi mengenai komponen kendaraan, simak ulasan dari Spbukita tentang komponen mobil berikut ini.

Komponen Mobil Terpenting

komponen mobil.

Dari sekian banyaknya komponen yang ada pada sebuah mobil, terdapat beberapa komponen yang dianggap paling penting. Sebab jika komponen ini bermasalah atau tidak ada maka akan membuat komponen lain rusak, bahkan bisa lebih parah yakni mobil tidak akan berfungsi/bekerja. Komponen – komponen tersebut diantaranya seperti :

1. Komponen Sistem Pendingin

Sistem Pendingin

Fungsi dari sistem pendingin adalah untuk menyerap panas yang dihasilkan mesin sehingga tidak terjadi overheat dan mobil bisa tetap dalam kondisi optimal. Biasanya sistem pendingin yang bermasalah yaitu karena adanya kerusakan pada bagian thermostat atau di bagian radiatornya. Sistem pendingi sendiri terbagi menjadi beberapa jenis, namun kebanyakan mobil keluaran sekarang ini menggunakan sistem pendingin liquid cooling/pendingin air.

2. Komponen Transmisi

Transmisi

Bagian terpenting selanjutnya yaitu Transmisi, tanpa adanya transmisi tentunya sebuah mobil tidak akan bisa bekerja. Hal tersebut karena transmisi adalah sebuah sistem pemindah tenaga, dalam hal ini yaitu meneruskan tenaga atau putaran mesin dari kopling ke poros propeller. Transmisi pada mobil terbagi menjadi dua jenis, yakni treansmisi otomatis dan transmisi manual. Jika terjadi kerusakan pada komponen ini, bisa berakibat kerusakan pada komponen lain.

3. Komponen Suspensi

Suspensi

Komponen penting selanjutnya yaitu Suspensi. Fungsi dari bagian ini adalah untuk meminimalisir goncangan/getaran ketika mobil berjalan di kondisi jalan yang tidak rata ataupun berlubang, sehingga mobil tetap nyaman dikendarai. Pada komponen ini terdapat fungsi yang tidak tergantikan yakni peredam kejut.

4. Komponen Rem

Rem

Rem menjadi komponen terpenting selanjutnya karena seperti kita ketahui jika tidak ada komponen yang satu ini nyawa menjadi taruhannya. Rem berfungsi untuk mengurangi kecepatan mobil ketika berkendara. Komponen ini menjadi salah satu yang perlu perhatian serta perawatan serara rutin karena menyangkut faktor keamanan dan keselamatan.

5.Komponen Ban

Ban

Sama seperti komponen penting lainnya, ban sekarang ini juga telah mengalami perkembangan menjadi lebih baik dan tentunya bermanfaat dalam memberikan kenyamanan serta perjalanan yang lancar. Ban menjadi komponen penting karena jika tidak ada ban maka mobil tidak akan bisa bekerja/berjalan.

6. Komponen Aki

aki

Aki menjadi bagian yang penting karena aki adalah sumber kelistrikan dari sebuah mobil. Tanpa adanya arus listrik, sebuah mobil tidak akan bisa hidup sebab mobil adalah mesin listrik. Tanpa aki mobil juga tidak akan mampu menyalakan lampu dan berbagai sistem kelistrikan kendaraan.

7. Komponen Fuel Injection

Fuel Injection

Proses pembakaran terjadi karena adanya percampuran bahan bakar dan udara, dan fuel injector inilah yang berfungsi menyemprotkan bahan bakar. Artinya pembakaran yang sempurna bisa terjadi jika kondisi fuel injector dalam keadaan baik

8. Komponen Alternator

Alternator

Alternator merupakan bagian yang berfungsi sebagai pembangkit energi listrik pada saat mesin baru dihidupkan, selain itu juga untuk mengisi muatan listrik aki. Alternator tidak memerlukan perawatan khusus, namun jika alternator bermasalah biasanya akan ditandai pada nyalanya lampu di dashboard.

9. Komponen Sistem Kemudi

Sistem Kemudi

Sistem kemudi adalah siatem kontrol mobil atau perangkat yang menghubungkan pengemudi dengan berbagai fungsi utama mobil, seperti gear shifter, mengaktifkan wiper dan lain sebagainya.

10. Komponen Electronic Control Unit

Electronic Control Unit

Mobil keluaran terbaru sekarang ini sudah dilengkapi dengan teknologi yang canggih dan salah satunya yaitu Electronic Control Unit (ECU). ECU atau sering disebut juga powertrain control module (PCM) ini adalah sebuah mikrosensor yang digunakan sebagai pusat informasi pada mobil. Jika terjadi masalah pada komponen ini, mobil tidak akan bisa bekerja secara efisien artinya mobil memiliki kinerja tidak maksimal bahkan dibeberapa kasus kerusakan pada ECU ini membuat mobil tidak bisa berjalan sama sekali.

Nah itu dia beberapa komponen yang ada pada sebuah mobil, sebenarnya masih banyak komponen lain, namun komponen yang disebutkan diatas adalah merupakan komponen paling penting. Sebab jika tidak ada bagian tersebut maka mobil tidak akan bisa bekerja maksimal.

Akhir Kata

Demikian pembahasan mengenai komponen mobil yang bisa Spbukita bagikan, semoga bisa bermanfaat dan juga membantu serta bisa menambah wawasan bagi para pembaca artikel ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *