11 Komponen Karburator Motor & Fungsinya Terbaru 2020

Karburator menjadi salah satu komponen pada motor memiliki peran sangat berarti terdapat sebuah kendaraan motor maupun juga mobil. Seperti halnya dengan motor kini tersedia dalam dua jenis sistem suplai bahan bakar berbeda yakni Karburator dan Injection.

Namun untuk kali ini kami akan lebih detail membahas Karburator dari komponen karburator motor beserta fungsinya masing-masing. Seperti kita ketahui semua jika karburator merupakan komponen pada sebuah kendaraan dimana tempat bercampurnya antara angin dan bahan bakar.

Dimana nantinya akan masuk kedalam sistem pembakaran sesuai dengan setingan dari karburator tersebut, sehingga terjadilah pembakaran. Mungkin disini anda semua sudah tidak asing lagi dengan karburator motor, namun tidak semua orang tahu isi dari sistem pembakaran tersebut dan fungsinya.

Pada saat pembakaran terjadi tidak hanya dari karburator saja, soalnya pembakaran pada mesin juga didukung dengan komponen berama busi motor. Sebelumnya uga sudah kami jelaska secara jelas dan detail, lalu kali ini Spbukita.com juga akan jelaskan komponen karburator motor dan fungsinya.

Komponen Karburator dan Fungsinya

Komponen Karburator dan Fungsinya

Karburator menjadi sistem suplai bahan bakar yang mampu menghasilkan tenaga sangat tangguh terhadap mesin motor. Oleh karena itu kenapa motor karbu masih banyak sekali akan peminatnya, disisi lain perawatannya memang sangat mudah sekali. Jadi tak heran jika motor karbu masih layak digunakan, salah satunya ialah perawatannya lebih ringan dan lebih mudah.

Komponen Karburator Motor

Komponen

Mangkok karburator (float chamber)

float chamber

Ada cukup banyak komponen pada karburator motor, salah satunya ialah mangkuk karburator atau juga float chamber. Mangkuk karburator berfungsi untuk menampung bahan bakar yang akan di alirkan ke venturi.

Jarum Pelampung (floater valve)

floater valve

Jika dilihat dari namanya, tentu komponen ini memiliki bentuk seperti jarum. Hanya saja untuk ukurannya pasti beda, lalu fungsinya sendiri sebagai penyalur bahan bakar melalui lubang-lubang pada jarum tersebut. Cara kerjanya sendiri jika jarum tertekan maka seacar otomatis akan tertutup pula lubangnya.

Pelampung (floater)

floater

Pelampung menjadi komponen yang terletak di dalam mangkuk karburator, komponen ini berbahan dari plastik. Sedangkan fungsinya sebagai pengukur volume bahan bakar, dimana semakin banyak bensin didalamnya. Maka pelampung akan menekan jarum sehingga menutup suplai bahan bakarnya.

Skep/katup Gas

katup Gas

Komponen satu ini memiliki bentuk seperti tabung dimana bergerak naik turun sesuai dengan penarikan gas. Pada saat posisi diatas maka rpm akan tinggi lalu jika rpm dibawah maka rpm rendah karena aliran udaranya tertutup. Dalam hal penarikan semakin tinggi maka semakin besar pula rpm.

Main Nozzle/Needle Jet

Needle Jet

Selanjutnya ialah Main Jet atau Needle Jet merupakan saluran utama pada karburator motor. Dimana berfungsi sebagai penghubung antara bahan bakar ke dalam ruang pelampung.

Needle Jet

Main Nozzle

Komponen satu ini memiliki fungsi memancarkan bahan bakar ketika katup gas mulai ditarik. Besarnya bahan bakar keluar terlihat dari berapa besaran skep membuka. Jadi semakain besar membuka maka semakin banyak juga debit bahan bakar yang masuk.

Pemancar besar (main jet)

Ada cukup banyak sekali komponen di dalam karburator motor seperti main jet dimana berfungsi memancarkan bahan bakar waktu motor digas penuh.

Sekrup udara / baut udara ( air screw)

air screw

Air screw atau sekruo udara berfungsi untuk mengatur besaran udara yang akan dicampur dengan bahan bakar.

Katup cuk (choke valve)

choke valve

Lalu yang terahir ialah katup cuk berfungsi untuk menutup udara dari luar yang masuk ke dalam karburator.

Jika membahas seacar detail akan komponen dari sebuah motor memang tidak akan ada habisnya, karena ada banyak sekali komponen penting pada motor seperti Karburator. Meski saat ini penggunaan motor karbu sudah diproduksi lagi, namun banyak orang lebih suka untuk menggunakan motor karbu bila dibandingkan motor injection. Mungkin cukup sekian informasi kali ini, semoga bisa menambah ilmu seputar dunai otomotif.

You May Also Like

About the Author: Abdullah Ginanjar

Seorang Teknisi Yang Sekarang Ini Aktif Di Dunia Blogger