Abdullah Ginanjar Seorang Teknisi Yang Sekarang Ini Aktif Di Dunia Blogger

Komponen AC Mobil Beserta Fungsinya Terlengkap 2020

Komponen AC Mobil Beserta Fungsinya

Mobil salah satu jenis kendaraan paling banyak diminati oleh kebanyakan orang, karena dengan mobil kita semua bisa bepergian dengan aman tanpa harus merasakan kepanasan dan kehujanan. Semisalnya saja seperti sekarang ini di Indonesia sedang bercuaca panas, ketika berkendara pakai mobil tidak merasa panas karena ada komponen AC.

Hampir semua mobil sudah dilengkapi dengan AC, bahkan untuk jenis mobil pick up dan truk juga sudah mulai membawakan AC sebagai fitur bawaan. Bila berbicara AC mobil memang semua jenis mobil memiliki tipe AC hampir sama, meski ada beberapa yang berbeda. Hal tersebut dilihat dari beberapa komponen AC mobil, mulai dari mobil lama maupun baru memang ada perbedaan sedikit.

Dari setiap jenis AC terdapat pada mobil memang memiliki komponen hampir sama dan memiliki fungsi sama juga, nah disini kami akan jelaskan lebih detail dengan AC mobil. Bagi setiap pemilik mobil baik itu mobil lama atau baru, usahakan mengerti dengan komponen satu ini. Karena nantinya akan ada masa waktu pakai, apalagi AC mobil memiliki komponen cukup banyak dan masing-masing komponen memiliki cara kerjanya sendiri-sendiri.

Tentu tidak hanya itu saja, pengguna mobil bahkan harus tahu penyebab-penyebab kenapa AC mobil tidak berfungsi seperti biasanya. Semisalnya AC sudah dihidupkan sampai level paling tinggi, akan tetap suhu udara masih panas. Hal ini tentu ada penyebabnya, maka dari ini kita sebagai pemiliki mobil setidaknya sedikit mengerti akan komponen tersebut. Jika anda ingin tahu lebih jelas dan detailnya, maka dapat simak informasi dari Spbukita.com seperti dibawah ini.

Komponen AC Mobil Beserta Fungsinya

Komponen AC Mobil Beserta Fungsinya

Didalam sebuah AC mobil terdapat dua bagian sangat penting sekali sehingga mampu menghasilkan suhu udara dingin didalam mobil. Untuk bagian pertama ialah AC mobil dan kedua Elektrikal AC Mobil, kedua bagian ini memiliki cara kerja dan fungsinya masing-masing. Jika salah satu diantar keduanya terdapat komponen rusak maka secara otomatis kenerja AC tidak sempurna. Sektor kelitrikan juga sangat mempengaruhi sekali, sehingga sektor aki mobil harus tetap oke.

Komponen AC Mobil

Pada awal pembahasan kali ini, kami akan mendahului beberapa komponen dari AC Mobil, pada bagian ini kurang lebih terdapat sepuluh komponen. Dimana setiap komponennya memiliki cara kerjanya masing-masing, agar tahu lebih jelasnya langsung saja simak ulasan berikut ini.

1. Kompresor AC

Kompresor AC

Untuk pertama adalah Kompreso AC, komponen satu ini memiliki fungsi sangat vital sekali terhadap kinerjanya. Dimana fungsinya untuk memompa aliran freon agar dapa bersirkulasi kedalam semua komponen dari AC mbilnya. Selain itu juga berfungsi sebagai penekan freon agar molekul dari freon lebih rapat.

2. Kondensor AC

Kondensor AC

Selanjutnya adalah Kondensor AC mobil, salah satu bagian dari AC mobil satu ini memiliki fungsi untuk memindahkan suhu panas dari dalam freon menuju ke udara bagian luar. Nah inilah fungsi dari Kondensor AC Mobil, dimana dalam melepas suhu panasnya harus lebih maksimal karena akan melewati sela-sela core.

3. Dryer

Dryer

Tidak kalah pentingnya dengan beberapa bagian lain dari sebuah AC mobil, karena seperti kita ketahui sendiri jika semua komponen didalam mobil memang sangat penting sekali. Dryer memiliki fungsi untuk mengerinngkan freaon dari air yang masuk kedalam, bagian ini memiliki bentuk seperti tabung dan didalamnya terdapat pasir silika yang mana mampu mengangkat air dengan cepat.

4. Expansion Valve

Expansion Valve

Komponen AC mobil selankjutnya adalah Expansion Valve, komponen satu ini memiliki fungsi sangat penting sekali. Karena bekerja untuk mengubah freon berbetuk cair menjadi bentuk gas dengan cara spraying, nantinya suhu freon akan masuk ke Evaporator. Jadi perubahan freon dari cair menjadi gas, nantinya akan masuk ke komponen tersebut.

5. Evaporator

Evaporator

Evaporator atau filter AC mobil yang mana freon yang masuk kedalam Evaporator, lalu dikeluarkan kedalam cabin mobil menjadi suhu udara dingin. Untuk cara kerjanya sendiri memang sangat simpel sekali, suhu udara sejuk dari freon akan kembali dialirkan kedalan kondensor ac dan masuk kedalam sela-sela core.

6. High Pressure Hose

High Pressure Hose

Seperti sudah kami sampaikan kepada kalian semuanya, jika didalam sebuah AC mobil memang terdapat cukup banyak sekali komponen-komponen dengan fungsinya masing-masing. High Pressure Hose salah satu komponen dengan fungsi sebagai saluran untuk mengalirkan freon cair dengan tekanan tinggi.

7. Low Pressure Hose

Low Pressure Hose

Low Pressure Hose tidak juah dengan High Pressure Hose, dimana memiliki ukuran selang lebih besar. Fungsinya memang sama untuk menyalurkan freon, namun freon dalam bentuk cair yang mana sebelumnya berbentuk gas didalam evaporator dan dikembalikan lagi ke kompresor ac.

8. Cooling Fan

Cooling Fan

Jika dilihat dari namanya sudah pasti ini merupakan sebuah kipas pendingin, cooling fan sendiri memiliki fungsi untuk mengipas bagian kondensor ac agar tetap dingin. Jadi akan sangat terasa jika komponen ini rusak, maka semuanya tidak bekerja dengan sempurna.

9. Blower

Blower

Blower merupakan salah satu komponen didalam sebuah ac mobil dengan fungsi sanagt berarti seperti pada bagian lainnya. Dimana blower berfungsi untuk menghembuskan sudah udara masuk kedalam komponen evapoartor dan selain itu juga sebagai ventilator pada sistem ventilasi sebuah mobil

10. Freon

Freon

Lalu bagian terkahir adalan Freon, komponen ini memiliki bentuk seperti gas khusus dengan suhu normal dingin yang mencapai 0 derajat celcius. Komponen satu ini juga mampu menahan radiasi panas, nah itulah kenapa freoan sangat penting sekali.

Komponen Elektrikal AC Mobil

Komponen Elektrikal AC mobil menjadi bagian dari AC mobil dengan fungsi sangat berarti sekali, karena pada bagian ini AC didalam mobil bisa bekerja dengan sempurna. Berikut ini kami jelaskan kepada kalian semua, mulai komponen didalamnya sampai fungsi dan cara kerjanya masing-masing.

1. Magnetic Clutch

Magnetic Clutch

Untuk komoponen pertama adalah Magnetic Clutch, pada bagian ini memiliki fungsi sebagai pemutus dan menghubungkan kompresor dengan penggeraknya, saat mesin mobil dihidupkan maka seketika pulley berputar.

2. Thermostat

Thermostat

Selanjutnya adalah Thermostat, komponen satu ini memiliki fungsi untuk memberikan sinyal akan kondisi temperatur didalam cabin menuju ke kompresor secara otomatis. Pada komponen ini memiliki beberapa bagian dan salah satunya sensor untuk mendeteksi suhu udar pada bagian evaporator.

3. Pressure Switch

Pressure Switch

Pressure Switch atau Press Switch merupakan komponen untuk mengamankan sistem kerja AC mobil, pada komponen ini memiliki sebuah senor liquid. Dimana secara otomatis bekerja berdasarkan karena tekanan pada sirkulai gas freon serta temperatur suhu mesinnya.

4. Relay

Relay

Jika kalian sering utak-atik bagian kelitrikan disebuah mobil pasti tidak asing lagi dengan komponen bernama Relay. Fungsi utama relay pada ac mobil ialah mengalirkan listrik ke mangnteic clutch serta blower, sehingga bisa bekerja dengan semestinya.

5. Amplifier AC

Amplifier AC

Lalu yang terakhir adalah ampilifier AC merupakan sebuah rangkaian elketronik dengan fungsi untuk menghubungkan dan memutuskan aliran listrik dari baterai menuju ke mangnetic clutch secara otomatis.

AC mobil memang sangat dibutuhkan sekali disetiap mobil, maka tak heran jika penggunaan mobil sangat lama meski dalam kondisi panas menyengat. Soalnya didalam mobil akan terasa dingin suhu udaranya, hal tersebut karena adanya sebuah ac mobil. Sekiranya seperti itu informasi bisa kami sampaikan, kalian semua juga bisa simak informasi lainnya seperti cara mengukur baut dengan benar. Mungkin cukup sekian artikel kali ini dan semoga saja dapat menambah ilmu pengetahuan seputar dunia otomotif.

Abdullah Ginanjar Seorang Teknisi Yang Sekarang Ini Aktif Di Dunia Blogger