Kode Ban Motor : Jenis & Cara Membaca Kode Ban

Dari sekian banyak pengguna motor roda dua, pastinya sudah mengalami yang namanya ganti ban motor bukan ? Meski sering melakukan pergantian ban motor, namun Spbukita.com yakin jika anda semua tidak tahu menahu akan kode ban motor beserta symbol yang ada pada sebuah ban.

Padahal kode dan symbol pada sebuah ban sangat penting sekali dan ini harus kalian cermati ketika membeli sebuah ban baru. Kode tersebut akan menunjukan seberapa kapasitas pada ban tersebut mulai dari akseselerasinya, beban, serta kecepatan maksimal pada ban tersebut dan bahkan seberapa hebatnya ketika melakukan pengereman.

Untuk itu kenapa kita sebagai pengendara motor khususnya untuk mengetahui kode dan symbol dari ban pilihan anda. Pada dasarnya untuk membaca kode dari ban tersebut memang sangat mudah sekali, karena dalam kamus otomotif terdapat Load Index & Speed Symbol dari setiap kodenya. Dengan mengetahuinya, maka kalian semua dapat dengan mudah membaca kode dari ban tersebut.

Mungkin dari kebanyakan orang hanya tahu symbol rotasinya saja, karena sangat jelas simbol tersebut seperti arah panah dan menandakan jika putarannya mengikuti arah panah tersebut. Namun akan berbeda dengan beberapa symbol lainnya, jika anda semua penasaran akan maksud dari kode ban. Maka dapat simak saja informasi dari Spbukita.com yang sudah dipersiapkan berikut ini.

Cara Membaca Kode Ban Motor Untuk Semua Jenis Ban

Cara Membaca Kode Ban Motor

Pada sebuah ban motor ada cukup banyak kode-kode harus kalian lakukan mulai dari ukuran ban tersebut, besar diameter dari ban tersebut, kapasitas dan masih banyak lagi lainnya. Sama seperti halnya dengan membaca ukuran baut, ada beberapa kodenya. Untuk mengetahui beberapa kode pada motor, pada kesempatan sangat baik ini Spukita.com akan menjelaskan secara detailnya kepada anda semua.

Kode Pada Ban

Kode Pada Ban

Metrix

Metrix merupakan sebuah kode ukuran dari ban tersebut, jika anda serinng melihat kode seperti 80/90-17 itu beratri kode metric. Pada angka pertama merupakan ukuran lebar dari ban tersebut, lalu untuk angka kedua presentasi dari lebar dari sebuah ban. Lalu untuk angka terakhir merupakan ukuran dari velg motor mulai dari ring 17 dan 14.

Inchi

Inchi sebuah kode ukuran biasanya tertulis seperti 2.75-17, jika anda sering melihatnya maka kita bisa membaca bila angka depan yakni 2.75 ukuran lebar ban dalam ukuran inchi. Lalu untuk angka 17 mengartikan bila ukuran luas dari ban tersebut 17 inchi terhadap bagian velg.

Tread Wear Indicator (TWI)

Tread Wear Indicator (TWI) merupakan sebuah simbol untuk menandakan batas idela dalam menggunakan ban tersebut. Dari sekian banyak pengguna akan lebih mengenal dengan kembangan ban atau motif dari ban tersebut, apabila Tread Wear Indicator (TWI) sudah tipis maka wajib untuk diganti.

Tubeles

Jika dilihat dari namanya, kami yakin kalian semua sudah paham jika ban ini memiliki jenis ban Tubeles. Karena seperti kita ketahui ada dua macam ban motor, untuk jenis ban pertama tubeles danm jenis ban kedua ban dengan menggunakan ban dalam.

DOT

Jika anda perhatikan apakah sering melihat empat digit angka pada sebuah ban ? jika pernah melihatntya, dari banyak pengguna menganggap itu tahun buatannya. Disini kami akan jelaskan lebih dalam, contoh saja jika anda pernbah melihat angka 1817. Pada angka tersebut memiliki arti jika pembuatan ban tersebut pada minggu ke 18 pada tahun 2017. Nah inilah yang harus kalian perhatikan ketika membeli sebuah ban baru.

Rotation

Diatas juga sudah sempat kami sampaikan kepada anda semua, jika Rotation merupakan sebuah simbol menunjukan arah putaran dari ban tersebut. Kamo yakin kalian semua sudah taju dengan kode atau simbol satu ini.

Load Index & Speed Symbol

Jika anda pernah melihat sebuah kode pada sebuah ban motor seperti 31C, pada  kode tersebut memiliki beban serta speednya. Dimana untuk angka 31 berti beban maksimalny mencapai 109 kg saja dan untuk kecepatan maksimal 60 km per jam. Untuk cara membacanya sanagt mudah sekali, kalian bisa lihat tebel berikut ini.

Kode BebanKode Speed
30 = 106 kgB = 50 km/jam
31 = 109 kgC = 60km/jam
32 = 118 kgD = 65 km/jam
33 = 115 kgE = 70 km/jam
38 = 132 kgF = 80 km/jam
40 = 140 kgG = 90 km/jam
41 = 145 kgJ = 100 km/jam
42 = 150 kgK = 110 km/jam
43 = 155 kgL = 120 km/jam
44 = 160 kgM = 130 km/jam
45 = 165 kgN = 140 km/jam
46 = 170 kgP = 150 km/jam
47 = 175 kgT =  190 km/jam
48 = 180 kgU = 200 km/jam

Cara Membaca Kode Ban Motor

Ketika anda ingin membaca sebuah kode ban motor, pastikan terlebih dahulu arti dari beberapa simbol pada ebuah motor. Sehingga anda bisa membacanya dengan benar mulai dari ukuran ban tersebut, tahun pembuatan, jenis ban dan lainnya. Dalam hal seperti ini kita bisa membaca dengan mudah, diatas juga sudah kami jelaskan secara detailnya. Anda dapat simak contoh berikut ini :

Semisal Ban motor Vario 110 baru anda terdapat tulisan 90/90-14 M/C 49P Tubelese, maka kalian bisa membacanya dengan tabel diaats. Jika ban tersebut memiliki ukuran lebar 90 inchi Medium Coumpond, lalu ban tersebut memiliki beban berat 185 kg dengan kecepatan maksimal 150 km per jam dengan jenis ban tubeles.

Nah seperti itulah informasi bisa kami sampaikan kepada kalian semuanya, dengan tahu cara membaca kode ban. Maka kita bisa memilih ban baru dengan kualitas yang oke, terutama untuk tahun pembuatannya kapan. Mungkin cukup sekian informasi dari Spbukita.com pada kesempatan kali ini, semoga saja artikel diatas bisa membantu anda semuanya.

You May Also Like

About the Author: Abdullah Ginanjar

Seorang Teknisi Yang Sekarang Ini Aktif Di Dunia Blogger