√ Jenis Truk dan Kapasitasnya : Jumlah Sumbu & Roda

Jenis Truk dan Kapasitasnya

Jenis Truk dan Kapasitasnya – Truk merupakan salah satu jenis kendaraan transportasi umum yang ada di Indonesia, dimana Truk ini memiliki ukuran dan kapasitasnya yang beragam dengan tipe karoseri berbeda-beda pula. Transportasi umum yang dimaksud disini bukanlah transportasi untuk manusia melainkan barang.

Truk umumnya digunakan untuk memenuhi kebutuhan pengiriman barang dalam jumlah dan ukuran besar, seperti kayu, material, bahan tambang dan lain sebagainya. Truk sendiri memiliki banyak sekali jenis yang ada dipasaran, dimana jenisnya ini bisa dilihat dari jumlah sumbu, jumlah roda, kapasitasnya (muatan/kubikasi).

Kapasitas muatan atau kubikasi yang dimaksud disini adalah volume ukuran benda dengan ukuran masing-masing sisi tidak sama atau sama (P x L x T) dan satuan kubikasi ini adalah CBM, sedangkan sumbu truk adalah tempat dimana roda dipasang. Umumnya kendaraan roda empat memakai da sumbu roda, namun untuk truk jumlah sumbunya lebih dari dua dan semakin banyak sumbu maka semakin banyak roda yang terpasang.

Untuk mengetahui lebih jelas mengenai jenis truk dan kapasitasnya, pada kesempatan kali ini Spbukita akan memberikan informasi seputar hal tersebut. Jadi buat yang ingin mengetahui atau sedang mencari informasi tentang jenis – jenis truk dan kapasitasnya, simak ulasan dari Spbukita mengenai jenis truk dan kapasitasnya berikut ini.

Jenis Truk dan Kapasitasnya

Jenis Truk dan Kapasitasnya.

Setiap jenis truk tentunya memiliki fungsi dan tujuan berbeda-beda, selain itu jika dilihat dari berbagai segi penamaan truk juga berbeda. Adapun jenis jenis truk menurut bentuk, jumlah sumbu dan roda serta kapasitanya adalah sebagai berikut :

1. Jenis Truk Pick Up

Truk Pick Up 1

Jenis Truk ini memiliki dua sumbu dan 4 roda, untuk kapasitasnya truk pick up mampu memuat berat sekitar 1,5 ton dengan volume maksimal 1 CBM hingga 6 CBM (tergantung bak yang dipakai). Dengan spesifikasi tersebut truk pick up termasuk jenis truk dengan ukuran kecil.

2. Jenis Truk Colt Diesel Engkel (CDE)

Truk Colt Diesel Engkel

Colt diesel engkel atau dikenal juga dengan sebutan truk engkel memiliki sumbu roda dan roda yang sama dengan truk pick up yakni dua sumbu roda dan 4 roda. Namun untuk ukuran dan kapasitasnya truk ini jauh lebih besaar jika dibanndingkan dengan truk pick up. Kapasitasnya yaitu 6 CBM untuk kubikasi dan kapasitas muatan sebesar 2 ton.

3. Truk Colt Diesel Double (CDD)

Truk Colt Diesel Double

Truk colt diesel double bisa dibilang merupakan ssaudara dari truk colt diesel engkel. Truk colt diesel double memiliki dua sumbu dengan jumlah roda sebanyak 6 buah, sedangkan untuk kapasitasnya CDD sedikit lebih besar dibandingkan CDE, yakni 12 CBM untuk volume muatan dan berat muatan sebesar 4 ton.

4. Truk Fuso

Truk Fuso

Truk fuso memiliki bentuk hampir mirip dengan colt diesel double, tetapi truk fuso kapasitasnya jauh lebih besar yaitu sebesar 25 CBM dan berat maksimal sebesar 7 ton. Truk fuso ini merupakan jenis kendaraan niaga yang diproduksi oleh pabrikan Mitsubishi.

5. Truk Tronton

Truk Tronton

Truk tronton kapasitasnya hingga 30 CBM dan berat maksimal 10 ton. Truk tronton memiliki 3 sumbu dengan jumlah roda sebanyak 10 buah dengan urutan 2-4-4. Truk ini banyak diminati para pelaku bisnis ekspedisi karena mampu memuat baarang dalam jumlah yang banyak.

6. Truk Wingbox

Truk Wingbox

Dengan kapasitasnya dan berbagai kelebihan yang dimiliki truk wingbox ini menjadi favorit untuk para penggunanya. Salah satu kelebihanya yaitu truk wingbox dapat dibuka melalui tiiga sisi yaitu sisi belakang dan sisi kanan kiri, dimana hal tersebut dapat mempercepat pekerjaan bongkar muat barang. Ada dua jenis truk wingbox, yakni truk wingbox yang memakai 2 sumbu dan 3 sumbu. Sedangkan untuk berat maksimal dari muatan, kapasitasnya bervariasi.

7. Truk Trailer

Truk Trailer

Truk trailer dibuat atau dirancang sebagai kargo unruk pengiriman kendaraan dan alat berat, sehingga tidak heran jika truk ini kapasitasnya sangat besar serta daya angkut yang sangat kuat mulai dari 20 hingga 60 ton. Truk trailer ini memiliki beberapa tipe, diantaranya seperti trailer flatbed, lowbed, flattrack, box dan lain sebagainya. Untuk sumbunya tergantung dari ukuran truk nya, ukuran 20 feet jumlah sumbu yang dipakai 4 dan 5, sedangkan trailer 40 feet memakai 6 sumbu roda.

8. Container

Container

Container bukanlah sebuah kendaraan/armada tetapi sebuah peti kemas untuk menimpan barang berukuran besar dan jumlah banyak yang portabel atau dapat dibawa kemana-mana. Container tidak bisa dipisahkan dengan truk trailer, sebab seperti yang sudah disebutkan tadi bahwa kontainer bukanlah sebuah armada sehingga untuk memindahkannya membutuhkan truk trailer sebagai armadanya.

Container sendiri memiliki beberapa jenis jika dilihat dari ukuran dan tipenya. Menurut ukurannya terdapat container 20 feet dan container 40 feet, sedangkan menurut tipenya terdapat container dry dan container reefer.

Akhir Kata

Demikian pembahasan mengenai jenis truk dan kapasitasnya yang dapat Spbukita bagikan, semoga bisa bermanfaat dan juga membantu serta bisa menambah wawasan bagi para pembaca artikel ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *