3 Jenis Mekanisme Katup Mobil Harus Kalian Ketahui 2020

Dari sekian banyak pengguna mobil memang sudah tidak asing lagi dengan katup mobil, dimana merupakan salah satu komponen sangat penting disetiap kendaraan roda empat atau lebih. Dalam hal ini memang harus kita pahami sekali, karena ada beberapa jenis mekanisme katup mobil wajib untuk diketahui.

Namun sebelum Spbukita.com membahas lebih dalam akan pembahasan sangat menarik ini, disini kami akan menjelaskan kepada anda semua apa itu Katup Mobil atau Valve Poppet. Komponen Katup Mobil aatau Valve Poppet adalah sebuah komponen pada mesin mobil berfungsi untuk membuka dan menutup, dimana berfungsi juga sebagaai pengatur masuk gas baru serta keluar gas buang yang mana merupakan sisa dari pembakaran.

Seperti kita ketahu ada dua jenis katup paling banyak digunakan oleh beberapa mobil di Indonesie, untuk jenis pertama adalah Katu Masuk atau Intake Valve dan untuk jenis kedua Katup Buang atau Exhaust Valve. Dari kedua jenis katup seperti sudah disampaikan tadi, masing-masing memang memiliki fungsinya masing-masing pada saat mesin mobil dihidupkan. Sedangkan untuk mekanisme atau cara kerja katup mobil terdapt tiga jenis, dimana setiap jenisnya memiliki cara kerjanya sendiri-sendiri.

Lalu untuk pembahasan kali ini, Spbukita.com akan lebih detail membahas mekanisme katup mobil atau valve poppet. Karena kami yakin tidak semua orang tahu akan cara kerja dari salah satu komponen pembkaran pada mesin mobil. Untuk mengetahui lebih lanjut beberapa jenis mekanisme katup mobil yang ada seperti sekarang ini, sebaiknya langsung saja kita simak ulasan sudah dipersiapkan berikut ini.

Jenis Mekanisme Katup Mobil Harus Kalian Ketahui

Jenis Mekanisme Katup Mobil Harus Kalian Ketahui

Dalam istilah di dunia otomotif, pergerakan katup akan digerakan oleh beberapa komponen lainnya. Dimana dalam cara kerjanya sudah diatur sedemikian rupa agar katup tidak bertabrakan dengan beberapa komponen pembakaran seperti piston salah satunya. Selaku komponen yang sering buka tutup seperti katup.

Jenis Mekanisme Katup Mobil

Jenis Mekanisme Katup Mobil

Dari awal pembahasan memang sudah kami jelaskan apa itu katup mobil atau valve poppet kepada anda semua, sehingga pamebhasan kali ini. Spbukita.com akan jelaskan ketiga jenis mekanisme vale poppet pada sebuah mobil. Pada umumnya ketiga jenis ada memang sudah digunakan untuk beberapa jenis mobil yang ada, sehinggap penggunaaan akan disesuaikan dari jenis mobilnya. Berikut ini sudah kami ulas secara singkat, pada dan jelas untuk anda semua.

1. Mekanisme OHV (Overhead Valve)

Jenis pertama adalah OHV (Overhead Valve) pada jenis ini merupakan salah satu katup mobil paling sering digunakan oleh beberapa mobil di Indonesia. Jenis ini memiliki beberapa komponen dengan fungsinya masing-masing, katup mobil ini terletak didalam mesin mobil dan tidak jauh pada bagian pembakarannya.

Adapun beberapa kelebihannya seperti mempunyai umur sangat panjang, hal terebut dikarenakn timming chain lebih pendek. Kemudian kontruksi bentuknya menyesuaikan dengan mesin mobilnya,sehingga terlihat lebih kompak. Sedangkan untuk kekurangan pada jenis ini tidak terlalu banyak taoi sangat terasa, karena tenaga dihasilkan terbatas, lalu banyak beberapa komponen sering bergesekan dan lebih terasanya pemakaian bahan bakar lebih banyak.

2. Mekanisme SOHC (Single Over Head Camshaft)

Mekanisme katup mobil selanjutnya adalah Single Over head Camshaft atau SOHC, jenis ini mungkin tidak asing lagi. Karena beberapa jenis motor juga sudah banyak menggunakannnya, sehingga bisa kita ketahui sendiri akan kelebihannya. Ciri khas dari mekanisme ini ialah poros nok terletak didalam kepala silinder.

Untuk kelebihan dari jenis ini ialah mesin dirasa lebih ringan bika dibandingkan dengan OHV, dalam hal penggunaan bahan bakar tergolong lebih irit dan pastinya tenaga dihasilkan jauh lebih bagus dan bertenaga. Sedangkan kekurangan dari SOHC timming chain lebih panjang yang mana sangat memungkinkan umurnya tidak lama dan ada beberapa lainnya seperti komponen lebih banyak pada bagian kepala silinder, sehingga mesin akan lebih besar pada bagian depannya.

3. Mekanisme DOHC (Double Over Head Camshaft)

Lalu untuk jenis terakhir adalah DOHC atau Double Over Head Camshaft, jika dilihat dari namanya saja sudah dapat dipastikan memiliki dua camshaft. Untuk yang pertama bernama camshaft intake dan kedua camshaft exhaust, keduanya memikiki funsi masing-masing. Sehingga bisa menghasilkan tenaga lebih maxsimal bila dibandingkan dengan jenis lainnya.

Untuk kelebihannya sendiri secara pastinya tenaga lebih besar, putaran RPM juga lebih tinggi hingga 8000 rpm. Meski tenaga lebih besar, namun untuk soal konsumsi bahan bakar tetap irit. Sedangkan untuk gas sisa pembuangan hasil pembakaran akan disalurkan ke exhaust lebih cepat. Untuk kekurangannya sendiri hanya bobotnya lebih berat karena memiliki dua camshaft dan suara mesin dihasilkan lebih bising.

Dalam hal ini ada tiga jenis katup mobil telah digunakan oleh beberapa jenis mobil, masing-masing memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Dengan mengetahuinya bisa menjadi bahan perbandingan jika anda ingin meminang sebuah mobil, mungkin cukup sekian informasi dari Spbukita.com kali ini dan semoga saja artikel diatas bisa menambah wawasan dunia otomotif.

You May Also Like

About the Author: Abdullah Ginanjar

Seorang Teknisi Yang Sekarang Ini Aktif Di Dunia Blogger