√ Jenis Jenis Dongkrak : Fungsi & Cara Penggunaan

JENIS JENIS DONGKRAK

Jenis Jenis Dongkrak – Dongkrak merupakan salah satu peralatan otomotif yang banyak ditemui di bengkel-bengkel kendaraan bermotor. Dongkrak atau dalam bahasa Inggris Car Jack adalah tuas untuk mengangkat barang/benda berat dengan digerakan oleh tangan, biasanya dipakai untuk mempermudah pekerjaan yang berhubungan dengan perbaikan kendaraan.

Di dunia perbengkelan, dongkrak menjadi peralatan yang eajib ada untuk membantu pekerjaan servis kendaraan. Pekerjaan yang membutuhkan adanya dongkrak diantaranya yaitu mengganti ban, pengecekan bagian bawah mobil, mencuci mobil, memeriksa KOMPONEN DRIVE SHAFT, membantu dalam memasang jack stand, mempermudah pemasangan catalytic converter serta membantu untuk memperbaiki sistem pengereman dan pemeriksaannya.

Ada beberapa macam dongkrak yang umum digunakan di bengkel-bengkel mobil, dimana tiap-tiap macam dongkrak dibuat memang untuk keperluan berbeda-beda. Hal tersebut secara tidak langsung menjelaskan bahwa masing-masing dongkrak mempunyai kelebihan dan kekurangan sendiri-sendiri. Lalu apa saja jenis jenis dongkrak yang sering digunakan dalam dunia perbengkelan?

Jenis jenis Dongkrak penting untuk diketahui agar nantinya tidak terjadi kesalahan atau ketidak tepatan penggunaan sebuah dongkrak dalam menyelesaikan sebuah pekerjaan. Nah untuk itu dikesempatan kali ini Spbukita akan memberikan informasinya untuk Anda mengenai hal tersebut, yakni jenis jenis dongkrak. Jadi bagi yang penasaran atau sedang mencari informasi mengenai jenis jenis dongkrak, simak ulasan dari Spbukita tentang jenis jenis dongkrak berikut ini.

Jenis Jenis Dongkrak

JENIS JENIS DONGKRAK.

Jika dilihat secara umum atau berdasarkan sistem gayanya, Dongkrak terbagi menjadi dua jenis yaitu dongkrak hidrolik dan dongkrak mekanik. Baik hidrolik maupun mekanik, keduanya sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Dongkrak hidrolik sendiri adalah sebuah dongkrak yang sistem kerjanya menggunakan cairan fluida dalam memberi tekanan sehingga menghasilkan gaya angkat, sedangkan dongkrak mekanik adalah sebuah dongkrak yang sistem kerjanya menggunakan roda gigi dan batang yang diputar dalam menghasilkan gaya angkat. Berikut macam macam dongkrak yang sering digunakan dalam dunia otomotif :

1. Jenis Dongkrak Gunting

Dongkrak Gunting

Dongkrak gunting memiliki bentuk simpel dan termasuk dalam tipe dongkrak mekanik. Karena merupakan dongkrak mekanik, dalam penggunaanya dongkrak gunting memerlukan tenaga besar ketika digunakan untuk mengangkat mobil. Meski begitu, dongkrak ini sangat cocok untuk mobil pribadi karena selain harganya murah dongkrak gunting memiliki ukuran kecil sehingga mudah dibawa kemana-mana. Dongkrak gunting dapat digunakan untuk mengangkat beban dibawah dua ton.

2. Jenis Dongkrak Botol

Dongkrak Botol

Merupakan dongkrak hidrolik yang memiliki bentuk menyerupai botol, berukuran kecil dan simpel sehingga mudah dibawa kemana-mana. Penggunaan dongkrak botol relatif gampang serta sangat sederhana, dimana hanya tinggal menaik turunkan tuas supaya sistem hidrolik bekerja dan menghasilkan gaya angkat.

3. Dongkrak Penyangga

Dongkrak Penyangga

Penggunaan dongkrak ini biasanya digunakan untuk mengangkat badan mobil. Dongkrak penyangga memiliki bentuk kotak dengan sebuah pengungkit disalah satu sisinya.

4. Dongkrak Buaya

Dongkrak Buaya

Dongkrak buaya banyak ditemui dibengkel-bengkel mobil, memiliki ukuran yang tinggi besar dan juga berat membuat dongkrak ini jarang dimiliki oleh orang. Dongkrak buaya menggunakan prinsip kerja hidrolik dalam fungsinya mengangkat beban. Dongkrak buaya termasuk salah satu macam dongkrak yang aman dalam penggunaanya, meski dugunakan untuk mengangkat mobil berukuran besar.

5. Dongkrak Botol Buaya

Dongkrak Gabungan Botol dan Buaya

Merupakan gabungan antara dongkrak botol dan buaya, karena itulah mengapa dongkrak ini memiliki ukuran besar dan sulit untuk dipindah-pindah tempatnya. Meski begitu dongkrak ini memiliki kapasitas angkat yang sangat besar.

6. Dongkrak Kereta

Dongkrak Kereta

Kapasitas angkat dari dongkrak kereta mencapai 20 ton, penggunaanya biasanya dipakai untuk mengangkat offroad dengan bobot yang besar.

Cara Menggunakan Dongkrak Yang Baik dan Benar

Cara Menggunakan Dongkrak Yang Baik dan Benar

Dalam penggunaanya, ada hal-hal yang perlu diperhatikan agar pekerjaan bisa berjalan dengan baik dan tentunya aman. Adapun hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan pekerjaan mendongrak yaitu sebagai berikut :

Perhatikan Permukaan Tempat Parkir Kendaraan

Sebelum mendongkrak, pastikan kendaraan diparkir di tempat yang datar, hal tersebut perlu dilakukan karena tempat yang datar akan lebih memudahkan dalam menggunakan dongkrak.

Aktifkan atau Gunakan Rem Tangan

Hal ini dimaksudkan supaya kendaraan tidak bergerak pada saat di dongkrak dan bisa juga ditambahkan pengganjal berupa kayu atau batu disetiap sisi ban untuk memastikan mobil tidak bergerak.

Memilih Dongkrak Yang Tepat

Pilih dan gunakan dongkrak yang sesuai dengan kondisi/bentuk kendaraan dan pastikan dongkrak masih berfungsi dengan baik.

Pastikan Titik Tumpu Sudah Tepat

Cari titik tumpu yang tepat, biasanya diantara batang gardan dekat suspensi atau dibagian bawah badan kendaraan sebagai rangka utama.

Baca Buku Panduan Penggunaan Dongkrak

Sangat penting untuk menggunakan dongkrak dengan baik dan benar, sebab hal ini menyangkut soal faktor keamanan dan menghindari slip pada mobil saatk akan didongkrak. Maka dari itu sebelum melakukan pekerjaan mendongkrak disarankan untuk membaca buku panduan terlebih dahulu.

Jangan Mendongkrak Lebih dari 15 cm

Mendongkrak mobil lebih dari 15 cm bisamengakibatkan mobil bergerak dan tergelincir.

Jangan Memasukkan Bagian Tubuh

Akan sangat berbahaya jika sedang melakukan pekerjaan mendongkrak, kita memasukan salah satu bagian tubuh ke kolong mobil. Namun juka terpaksa harus masuk kekolong mobil disarankan untuk menggunakan dongkrak jack stand supaya lebih aman.

Akhir Kata

Demikian pembahasan mengenai Jenis Jenis Dongkrak yang bisa Spbukita bagikan, semoga bisa bermanfaat dan juga membantu serta bisa menambah wawasan bagi para pembaca artikel ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.