√ Jenis Body Kit Mobil : Fungsi, Manfaat & Material Pembuatnya

Jenis Body Kit Mobil

Jenis Body Kit Mobil – Pengembangan di berbagai aspek terus dilakukan oleh produsen atau pabrikan otomotif untuk memenuhi impian para pecinta otomotif, hal itulah yang membuat dunia otomotif menjadi menarik karena tidak pernah berjalan di tempat.

Salah satu aspek yang menjadi pengembangan yakni dibagian aerodinamika, dimana pengembangan dilakukan supaya mobil dapat menghasilkan hambatan angin yang minim dan lebih menekan kebawah serta tidak goyang pada kecepatan tinggi.

Ada berbagai cara yang bisa dilakukan guna mewujudkan hal tersebut sekaligus meningkatkan standar mobil, misalnya yakni dengan memasang body kit pada mobil. Body kit ini berguna untuk memperkecil masuknya angin yang ke bagian bawah mobil sehingga membuat mobil tetap stabil diberbagai kecepatan.

Sesuai judul artikel diatas, pada kesempatan kali ini Spbukita akan memberikan informasi body kit tersebut, tepatnya yaitu jenis body kit mobil. Jadi buat yang ingin mengetahui atau sedang mencari informasi seputar jenis body kit mobil, simak ulasan lengkap dari Spbukita mengenai jenis body kit mobil berikut ini.

Jenis Body Kit Mobil

Jenis Body Kit Mobil.

Penggunaan body kit menjadi hal yang sering atau bahkan wajib dilakukan oleh para modifikator, sebab body kit mobil bisa membuat tampilan mpbil jadi lebih menarik dan keren. Perlu diketahui jika dilihat dari bahan pembuatnya body kit terbagi menjadi beberapa jenis, dimana masing-masing memiliki kualitas sendiri-sendiri. Dibawah ini merupakan jenis jenis body kit berdasarkan material pembuatannya :

1. Jenis Body Kit Karbon

Jenis Body Kit Karbon

Ini merupakan jenis body kit yang terbuat dari material karbon. Jenis body kit dari material karbon ini memiliki kelebihan dari segi kekuatan jika dibandingkan dengan jenis body kit lainnya. Namun karena harga material karbon cukup mahal, membuat material ini jarang digunakan untuk body kit. Selain kuat material karbon tahan terhadap benturan ringan hingga menengah dan tidak mudah penyok serta memiliki bobot yang ringan.

2. Jenis Body Kit Pastik (Polyurethane)

Jenis Body Kit Pastik Polyurethane

Merupakan jenis body kit yang terbuat dari material plastik. Material plastik sendiri banyak ditemui sekaligus digunakan di Indonesia guna membuat replika body kit merk terkenal. Keunggulan dari jenis body kit plastik yaitu lebih presisi, tahan benturan, memiliki tampilan lebih bagus dan cat tahan lama.

3. Jenis Body Kit Fiberglass

Jenis Body Kit Fiberglass

Merupakan jenis bidy kit yang terbuat dari material fiberglass. Ini merupakan jenis material paling populer digunakan karena mudah dibentuk serta harganya lumayan terjangkau. Hal ini secara tidak langsung mempengaruhi harga body kit fiberglass itu sendiri dimana harganya cukup rendah hingga menengah.

Untuk mengetahui bahwa body kit adalah jenis fiberglass bisa dilihat dari teksturnya yang berserat. Material fiberglass memiliki kukurangan dalam hal kekuatan dan kelenturan, yang mana body kit akan mudah pecah, retak jika terjadi benturan.

Fungsi Body Kit

Fungsi Body Kit

Bagi para modifikator, body kit menjadi salah satu aksesoris andalan dalam usaha untuk meningkatkan atau mempercantik tampilan mobil. Tetapi sebenarnya selain sebagai aksesoris, body kit memiliki fungsi yang lumayan penting. sebagai contoh yakni side skirt, dimana memiliki lekukan pada bagian ujung mobil yang berguna meningkatkan aerodinamika dari mobil.

Selanjutnya ada lubang pada bumper depan body kit mobil dengan bentuk jaring-jaring yang mana berguna untuk mendinginkan intercooler. Jadi kesimpulannya adalah body kit ini dibuat sedemikian rupa dengan maksud serta tujuan meningkatkan performa dari mobil.

Akhir Kata

Demikian pembahasan mengenai jenis body kit mobil yang bisa Spbukita bagikan semoga bisa bermanfaat dan juga membantu serta bisa menambah wawasan bagi para pembaca artikel ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *