Harga Sewa Forklift Per Jam, Per Hari dan Per Bulan

Jika Anda sedang mencari peralatan untuk memudahkan pekerjaan di gudang, maka sewa forklift bisa menjadi solusi tepat. Forklift atau truk angkat adalah alat pengangkat sangat membantu dalam proses pemuatan dan pemindahan barang dengan efisien. Namun, memiliki forklift sendiri mungkin tidak selalu menjadi pilihan karena biayanya cukup mahal, serta perawatan dalam pengoperasian nya membutuhkan keahlian khusus.

Beruntung, saat ini sudah banyak penyedia jasa menawarkan sewa forklift dengan berbagai jenis atau kapasitas sesuai dengan kebutuhan. Salah satu penyedia terkemuka di Indonesia adalah PT. Fluidcon Jaya. Perusahaan sudah berdiri sejak tahun 1988 ini telah memiliki pengalaman berbagai jenis proyek, termasuk di bidang industri, perkebunan, petro-kimia, serta banyak lagi.

Sewa forklift sangat menguntungkan karena memiliki beberapa keunggulan, di antaranya adalah harga bersaing atau kondisi mesin terawat dengan baik. Selain itu, perusahaan juga menyediakan layanan penyewaan forklift dengan jangka waktu fleksibel, baik dalam rentang harian, mingguan, maupun bulanan.

Dalam hal pelayanan sewa juga menjaga profesionalisme dengan menyediakan teknisi terlatih dan berpengalaman untuk mengoperasikan forklift, serta menjaga keamanan maupun kenyamanan selama proses pengangkutan barang. Tertarik ingin tahu biaya sewa forklift? Simak ulasan berikut ini.

Harga Sewa Forklift

harga sewa forklift per jam, per hari dan per bulan
source: rentalforkliftmsa.com

Pilihan jenis forklift untuk disewa tergantung pada kebutuhan perusahaan dan aplikasi penggunaan. Jika perusahaan menggunakan forklift untuk mengangkut barang di lingkungan tertutup, maka forklift listrik merupakan pilihan terbaik. Namun, jika perusahaan membutuhkan kemampuan daya angkat tinggi untuk mengangkat barang berat, maka forklift diesel atau LPG lebih cocok dipilih.

Dengan menyewa forklift, perusahaan dapat menghemat biaya investasi, seperti biaya perawatan, pelatihan operator, serta biaya bahan bakar. Selain itu, perusahaan juga tidak perlu khawatir tentang masalah keamanan karena forklift sewa umumnya disertai dengan asuransi.

Apalagi harga sewa forklift terdapat ketentuan waktu yaitu per jam, per hari, per bulan, serta per tahun. Jika ingin tahu harga lebih lengkapnya bisa lihat rincian dibawah ini.

Jenis ForkliftHarga per JamHarga per HariHarga per BulanWaktu Kerja
Forklift 2,5 tonRp 390.000Rp 1.500.000Rp 19.000.0008 Jam kerja
Forklift 3 tonRp 225.000Rp 3.500.000Rp 28.000.008 Jam kerja
Forklift 3,5 tonRp 250.000Rp 2.000.000Rp 23.000.0008 Jam kerja
Forklift 5 tonRp 650.000Rp 4.500.000Rp 17.500.0008 Jam kerja
Forklift 7 ton doosanRp 5.500.000Rp 10.000.000Rp 41.000.0008 Jam kerja
Forklift 10 tonRp 890.000Rp 10.000.00Rp 50.000.0008 Jam kerja
Forklift 20 tonRp 1.390.000Rp 12.000.000Rp 55.000.0008 Jam kerja

Keuntungan Sewa Forklift

keuntungan sewa forklift
source: izkey.com

Sewa forklift dapat membantu bisnis untuk memperoleh keuntungan lebih optimal. Jika Anda memiliki bisnis mengoperasikan gudang atau memanfaatkan bahan baku dalam jumlah besar, pasti memahami bahwa penggunaan forklift dapat meningkatkan produktivitas dan efisiensi bisnis.

Namun, membeli forklift merupakan investasi besar yang tentunya akan berpengaruh pada arus kas bisnis. Oleh karena itu, sewa forklift dapat menjadi alternatif lebih baik untuk memenuhi kebutuhan bisnis.

Berikut adalah beberapa keuntungan sewa forklift untuk bisnis:

1. Menghemat Biaya

Sewa forklift dapat membantu bisnis Anda menghemat biaya karena Anda tidak perlu mengeluarkan uang dalam jumlah besar untuk membeli forklift. Selain itu, juga tidak perlu menanggung biaya perawatan, perbaikan, serta depresiasi nilai aset forklift. Biaya-biaya tersebut diambil alih oleh perusahaan menyewakan forklift. Dengan begitu, dapat menghemat biaya dan fokus pada kegiatan bisnis utama Anda.

2. Fleksibilitas

Sewa forklift memberikan fleksibilitas karena dapat menyewa forklift sesuai dengan kebutuhan bisnis. Misalnya, jika bisnis mengalami peningkatan permintaan produk, dapat dengan mudah menambah jumlah forklift disewa untuk mengakomodasi kebutuhan tersebut.

Di sisi lain, jika bisnis mengalami penurunan permintaan produk, dapat mengembalikan forklift tidak terpakai. Dengan begitu, biaya sewa forklift dapat disesuaikan dengan kebutuhan bisnis.

3. Tidak Perlu Menanggung Risiko

Sewa forklift juga mengurangi risiko bagi bisnis. Misalnya, jika forklift mengalami kerusakan atau kecelakaan, perusahaan yang menyewakan forklift akan bertanggung jawab atas biaya perbaikan atau penggantian forklift.

Selain itu, jika forklift tidak digunakan dalam jangka waktu tertentu, tidak perlu menanggung biaya depresiasi nilai aset forklift tersebut.

4. Memiliki Akses ke Forklift yang Baru

Perusahaan penyedia sewa forklift biasanya memiliki stok forklift baru dan terawat dengan baik. Dengan menyewa forklift dari perusahaan terpercaya, dapat memastikan bahwa forklift yang digunakan dalam bisnis akan sesuai dengan standar keselamatan dan efisiensi tinggi. Selain itu, dapat menghemat biaya untuk upgrade serta perawatan forklift secara berkala.

5. Mendapatkan Dukungan Teknis dan Layanan Terbaik

Perusahaan penyedia sewa forklift biasanya memberikan dukungan teknis dan layanan terbaik kepada pelanggan mereka. Jika forklift mengalami masalah teknis atau perlu perawatan, perusahaan penyedia sewa forklift akan segera respon atau memberikan solusi terbaik untuk masalah dihadapi. Dengan begitu, dapat memastikan bahwa bisnis akan berjalan dengan lancar.

Cara Sewa Forklift

cara sewa forklift
source: forkliftkupang.com

Banyak perusahaan memilih untuk menyewa forklift daripada membelinya karena sewa forklift lebih mudah dan hemat biaya. Namun, sebelum memutuskan untuk menyewa forklift, ada beberapa hal perlu diperhatikan untuk memastikan keamanan dan kenyamanan selama penggunaannya.

Untuk itu, anda harus tahu cara sewa forklift dengan memperhatikan beberapa hal seperti berikut ini.

1. Pilih Forklift Sesuai Kebutuhan

Ketika akan menyewa forklift, pertimbangkan jenis barang akan diangkut dan beratnya, ruang lingkup area kerja, serta apakah diperlukan forklift dengan spesifikasi khusus seperti forklift berbahan bakar listrik atau forklift dengan kapasitas angkut besar. Pilih forklift yang tepat atau memiliki kapasitas angkat dan daya muat sesuai dengan kebutuhan bisnis.

2. Cek Kondisi Forklift

Sebelum sewa forklift, periksa kondisi fisik dan mesin forklift akan disewa. Pastikan tidak ada kerusakan atau cacat pada forklift yang dapat mengganggu penggunaannya. Cek juga kontrol panel seperti sistem rem dan kemudi. Memilih forklift dalam kondisi baik berarti meminimalkan risiko kecelakaan ataupun kerugian bisnis.

3. Pemeriksaan Rutin

Selama penggunaan forklift, jangan lupa melakukan pemeriksaan rutin, seperti memeriksa apakah oli dan bahan bakar tersedia dalam jumlah cukup, memeriksa kondisi ban, serta memeriksa semua bagian forklift terkait keselamatan.

4. Memperhatikan Pengemudi

Memilih pengemudi memenuhi persyaratan adalah hal penting untuk memastikan keamanan selama penggunaan forklift. Pengemudi harus memiliki sertifikasi dan pengetahuan memadai untuk mengemudikan forklift.

Pastikan pengemudi memiliki keterampilan cukup untuk menghindari bahaya potensial seperti penyangkutan atau tabrakan. Selain itu, pastikan pengemudi juga mengetahui aturan keselamatan dan menggunakan perlengkapan keselamatan seperti helm pengaman atau sepatu kerja.

5. Ingat Masa Sewa

Ingatlah untuk memperhatikan masa sewa forklift atau dipastikan untuk mengembalikan forklift tepat waktu tanpa kerusakan. Jangan lupa untuk melakukan hal sama seperti saat merawat mobil saat mengembalikan forklift. Dalam kasus kerusakan, lapor kepada penyewa forklift sesegera mungkin untuk menghindari masalah lebih besar atau kerugian bisnis.

Jenis Forklift Tersedia untuk Disewa

Untuk memenuhi kebutuhan logistik, pengangkutan, serta pemindahan barang, sewa forklift adalah pilihan terbaik bagi perusahaan. Jenis forklift tersedia untuk disewa sangat beragam, mulai dari forklift listrik, diesel, hingga LPG. Dalam artikel ini, kita akan membahas secara detail jenis forklift tersedia untuk disewa.

1. Forklift Listrik

forklift listrik
source: sml.co.id

Forklift listrik menggunakan baterai sebagai sumber energi utama. Forklift ini sangat cocok untuk digunakan di area tertutup atau dalam ruangan karena tidak mengeluarkan gas buang. Forklift listrik juga terkenal dengan kebisingan rendah saat digunakan, sehingga cocok digunakan di lingkungan sensitif terhadap kebisingan. Forklift listrik juga lebih hemat biaya perawatan karena tidak memerlukan penggantian oli atau bahan bakar seperti forklift diesel atau LPG.

2. Forklift Diesel

Forklift Diesel
source: forkliftonline.id

Forklift diesel merupakan jenis forklift paling banyak digunakan untuk aplikasi industri, gudang, serta proyek konstruksi. Forklift diesel didukung oleh mesin diesel kuat atau tahan lama. Forklift diesel memiliki kemampuan daya angkat tinggi atau cocok digunakan untuk mengangkut barang berat maupun besar. Namun, forklift diesel biasanya menghasilkan lebih banyak gas buang ataupun lebih berisik daripada forklift listrik.

3. Forklift LPG

Forklift LPG
source: truck1.id

Forklift LPG menggunakan gas LPG sebagai sumber energi utama. Forklift LPG cocok digunakan di lingkungan terbuka dan tertutup karena mengeluarkan sedikit gas buang atau tidak berisik. Forklift LPG juga sangat fleksibel atau mudah digunakan karena mudah dioperasikan serta memiliki kemampuan daya angkat baik.

Selain jenis forklift di atas, ada juga jenis forklift khusus tersedia untuk disewa seperti forklift all-terrain, forklift tanpa sopir, serta forklift telescopic. Forklift all-terrain biasanya digunakan di lokasi proyek atau pertanian karena dapat menyesuaikan diri dengan medan berbeda-beda.

Forklift tanpa sopir biasanya digunakan di fasilitas otomatisasi atau perusahaan membutuhkan proses otomatisasi. Forklift telescopic biasanya digunakan untuk mengangkat barang tinggi seperti pada proyek konstruksi.

Kesimpulan

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa sewa forklift merupakan solusi efektif bagi perusahaan yang membutuhkan alat angkut barang handal, praktis, serta efisien. Dengan menggunakan jasa sewa forklift, perusahaan dapat menghemat biaya investasi pada pembelian forklift, juga dapat menghindari biaya perawatan dan perbaikan memakan banyak waktu atau uang.