√ Fungsi Turbocharger : Prinsip Kerja, Manfaat & Keuntungan

FUNGSI TURBOCHARGER

Fungsi Turbocharger – Buat beberapa orang, apa lagi yang aawam dalam dunia otomotif pastinya asing mendengar komponen ini, namun bagi orang yang kesehariannya berkecimpung dalam dunia otomotif tentu sudah mengenal dengan Turbicharger. Turbucharger merupakan salah satu komponen pada kendaraan roda empat bermesin diesel.

Untuk mobil bermesin diesel, Turbucharger menjadi komponen penting untuk menghasilkan tenaga mesin yang besar. Jadi sebuah mobil bermesin diesel memiliki atau terpasang Turbocharger bisa dilihat dari tenaga/power yang besar dan bandel, misalnya pada Toyota Hillux, All New CRV Diesel, Kijang Inova dan Toyota Fortuner.

Itulah mengapa mobil-mobil seperti yang disebutkan diatas memiliki tenaga yang sangat gahar karena selain dibekali dengan spesifikasi mesin diesel yang terkenal memiliki tenaga besar, mobil-mobil tersebut juga dilengkapi dengan Turbicharger sebagai penambah tenaga mesin. Lalu apa sih sebenarnya fungsi dari Turbocharger?

fungsi turbocharger.

Nah sesuai dengan judul artikel diatas, dikesempatan kali ini Spbukita akan memberikan informasi hal tersebut yakni fungsi Turbocharger. Jadi buat yang penasaran atau sedang mencari informasi mengenai fungsi Turbicharger, simak ulasan lengkap dari Spbukita tentang fungsi Turbicharger berikut ini. Untuk yang mencari informasi lai seputar otomotif seperti KOMPONEN MOBIL, FUNGSI KUNCI MOMEN, FUNGSI BALL JOINT dan lain sebagainya bisa disimak di artikel sebelumnya dari Spbukita.

Fungsi dan Prinsip Kerja Turbocharger

Fungsi dan Prinsip Kerja Turbocharger

Turbocharger merupakan sebuah mesin khusus yang berbentuk mirip rumah keong, Turbocharger dipasang pada ujung saluran exhaust. Turbocharger memiliki fungsi untuk meningkatkan performa atau tenaga dari mesin diesel. Cara kerja Turbocharger yaitu dengan memanfaatkan panas dari gas buang sebagai tenaga guna menekan atau memampatkan udara pembakaran untuk menghasilkan tenaga atao power yang besar. Setelah itu gas buang dari hasil pembakaran pada setiap silinder dialirkan melalui exhaust manifold untuk seterusnya diekspansikan di turbocharger sis turbin untuk menghasilkan energi mekanik dimana nantinya energi mekanik ini nantinya digunakan sebagai tenaga guna memutar Turbocharger pada sisi blower.

Karena adanya blower disisi intake inilah yang akan menjadikan udara pembakaran semakin besar disisi intake manifold dari mesin diesel

Manfaat dan Keuntungan Turbocharger

Manfaat dan Keuntungan Turbocharger

Berikut ini adalah manfaat serta keuntungan dari sebuah mobil bermesin diesel yang menggunakan Turbocharger.

1. Manfaat Turbocharger

Adapun manfaat dari pemasangan Turbocharger yaitu sebagai berikut :

  • Meningkatkan power/tenaga mesin diesel jadi lebih besar
  • Hemat bahan bakar karena sisa pembakaran akan dimampatkan kemudian dikembalikan ke ruang bakar
  • Proses pembakaran jadi lebih maksimal karena pasokan bahan bakar didalam mesin melimpah, sehingga lebih ramah lingkungan.

2. Keuntungan Fungsi Turbocharger Pada Mesin

Sebuah mesin akan mendapat keuntungan dari pemasangan Turbocharger. Adapun keuntungan yang didapat adalah sebagai berikut :

  • Meskipun desainya kecil dan ringan namun output yang dihasilkan sangat besar mencapai 30-60%
  • Bahan bakar irit/hemat
  • Saluran gas buang dipakai untuk memutar turbin sehingga suara bising bisa dikurangi
  • Udara masuk ke mesin stabil, sehingga output drop didataran tinggi bisa dikurangi.

Akhir Kata

Demikian pembahasan mengenai fungsi Turbocharger yang bisa Spbukita bagikan, semoga bisa bermanfaat dan juga membantu serta bisa menambah wawasan bagi para pembaca artikel ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *