Fungsi Ring Piston Beserta Cara Kerjanya

Berbicara soal kendaraan roda dua atau lebih enak disapa motor memang tidak ada habis-habisnya, terlebih jika mesin yang menjadi pokok pembahasan. Seperti ketahui sendiri jika didalam sebuah mesin motor ada cukup banyak sekali komponen penting, dimana setiap komponen memiliki fungsinya masing-masing. Dalam pembahasan kali ini admin tertarik untuk membahas Ring Piston atau ring seher dari cara kerjanya dan fungsi ring piston.

Adapun beberapa problem jika ring seher mengalami kerusakan, biasanya ciri-ciri dari ring seher rusak sama seperti seher motor rusak. Karena keduanya memang terletak pada bagian jantung mesin dari sebuah motor, lalu apa bedanya dari ring seher dan seher ? dimana keduanya memiliki nama hampir sama. Komponen tersebut memang saling berkaitan, karena ring seher terletak pada bagian atas dari seher motor.

Didalam ring seher motor 4 tak terdapat tiga ring dan setiap ring seher memiliki cara kerjanya masing-masing, bahkan bentuknya juga berbeda sedikit jika anda bisa mengamati secara detailnya. Antara ring 1 dan ring 2 memiliki bentuk sama, sedangkan untuk ring 3 berbeda sendiri dan biasanya sering disebut juga ring ulir karena bentuknya mengulir. Nantinya fungsi dari ring tersebut akan berkaitan dengan cara kerja dari sebuah piston motor.

Tentunya pembahasan kali ini sangat menarik sekali, karena admin selalu memberikan informasi-informasi penting seputar dunia otomotif. Bahkan pembahasan kali ini pun wajib diperhatikan karena berkaitan dengan proses pembakaran dari sebuah motor, bahkan kerusakan diakibatkan ring seher juga cukup menyakitkan. Untuk mengetahui lebih jelas dan detailnya, mari simak bersama-sama informasi dari Spbukita.com berikut ini.

Fungsi Ring Piston Beserta Cara Kerjanya

Fungsi Ring Piston Beserta Cara Kerjanya

Untuk mengetahui ciri-ciri ring seher sudah rusak memang sangat mudah sekali dipahami, anda bisa cek saja dengan cara menghidupkan mesin. Jika mengeluarkan aspa putih pekat maka bisa ambil kesimpulan jika ring seher atau seher motor mengalami kerusakan. Lalu untuk tenaga yang dihasilkan juga kurang, karena proses pembakaran tidak sempurna.

Apa Itu Ring piston

Apa Itu Ring piston

Bila melihat dari bentuknya si bisa dikatakan biasanya saja bagi orang yang tidak tahu dengan dunia permesinan, padalah ring tersebut memiliki fungsi sangat penting sekali. Nah disini kami akan jelaskan kepada anda semuanya dari fungsi ring seher dan lainnya, namun sebelum lebih dalam akan sampaikan dulu pengertian ring piston.

Ring Piston atau ring seher adalah salah satu komponen mesin dengan bentuk seperti cincin, komponen ini memiliki tugas membantu pekerjaan dari seher atau piston dalam proses pembakaran. Tugas utama dari ring seher menjaga kebocoran kompresi serta oli di antara bagian slinder dan samping piston itu sendiri.

Fungsi Ring Piston

Fungsi Ring Piston

Diawal pembahasan admin sudah sampaikan kepada anda semuanya, jika didalam seher ada tiga mecam ring seher dan setiap ring tersebut memiliki fungsinya masing-masing. Disini kami akan jelaskan secara lengkap dari ring 1, 2 dan ring 3.

Ring 1 (Paling Atas)

Untuk pertama ialah ring 1 atau juga ring paling atas sendiri, ring piston ini memiliki tugas atau fungsi untuk menahan tekanan kompresi yang tercipta karena proses dari pembakaran pada ruang bakar mesin. Untuk menjaga tekanan kompresi karena proses pembakaran, ring 1 tidak boleh aus, jika sampai aus akan mengalami kebocoran.

Ring 2 (Bagian Tengah)

Lalu berlanjut pada bagian tengah atau Ring 2, hampir sama dengan ring pertama atau ring atas ialah menahan kompresi dari hasil pembakaran di ruang bakar. Akan tetapi lebih tepatnya ring 2 sebagai sil kompresi yakni menjaga serta menahan kebocoran dari kompresi. Selain itu juga memiliki tugas lain yakni menyapu pelumas pada liner, dalam artian pelumas tidak boleh masuk ke ruang pembakaran.

Ring 3 (Bagian Bawah)

Nah yang terkahir ialah ring 3 atau ring oli dengan posisi dibawah sendiri, pada ring ini memiliki bentuk sangat berbeda sekali karena memiliki bentuk ulir. Ring 3 memiliki fungsi sebagai tempat penyimpanan dan membawa pelumas diantara piston serta linner agar permukaan licin. Jadi proses perjalanan slinder dari TMB ke TMA.

Cara Kerja Ring Piston

Cara Kerja Ring Piston

Pada saat busi mengeluarkan percikan api, maka proses pembakaran diruang bakar telah terjadi. Nah disini semua komponen sudah mulai bekerja termasuk ring piston, pada saat piston bergerak dari TMB lalu naik ke TMA. Sejak itulah ring sudah mulai bekerja dan masing-masing ring bekerja dengan semestinya dari ring paling bawah, ring tengah dan ring paling atas sendiri.

Kita mengacu ke fungsi dari ring piston, ketika proses pembakaran terjadi maka ring atas akan menahan kompresi pada ruang bakar. Lalu pada ring 2 juga membantu cara kerja ring 1 yakni menahan kompresi dan selian itu juga sebagai sil kompresi. Sedangkan ring paling bawah sendiri dengan bentuk ulir memiliki cara kerja menyimpan oli dan membawa oli pelumas.

Ciri-ciri Ring Piston Aus

Dalam mengetahui ring piston aus atau tidak memang sangat mudah sekali untuk dipahami, kalian semua cukup lihat bagian knalpotnya saja. Jika mengeluarkan asap putih pekat itu bertanda ring seher sudah mulai haus, anda bisa mengeceknya lagi pada bagian mesin. Jika mesin mengeluarkan suara agak kasar, fix jika ring seher aus dan harus diganti.

Adapun penyebab jika ring seher sudah mulai aus akan mengakibatkan busi basah, nah ini yang sering terjadi motor susah untuk di hidupkan. Sekiranya cukup sekian informasi kali ini yang bisa kami sampaikan kepada anda semuanya dan semoga informasi dari Spbukita.com bisa membantu semua pengguna kendaraan roda dua.

You May Also Like

About the Author: Abdullah Ginanjar

Seorang Teknisi Yang Sekarang Ini Aktif Di Dunia Blogger