Fungsi Noken AS Motor dan Cara Kerjanya Terbaru 2020

Bila membahas sebuah kendaraan motor memang tidak ada habisnya, pasalnya terdapat beberapa komponen motor memiliki peran sangat peting terutama pada mesin. Kita bisa lihat sendiri dari dalaman sebuah mesin motor, kali ini kita akan membahas fungsi Noken AS Motor.

Hampir banyak rider banyak mengenal Noken AS atau dikenal juga dengan nama camshaft, dimana komponen ini sangat mempengaruhi performa mesin yang dihasilkan. Tak sedikit para teknisi mengotak atik sedikit bagian ini, dalam hal ini juga ada perhitungannya.

Jika asal-asalan maka hal buruk bisa terajdi pada motor anda, maka dari itu kenali dahulu fungsi dari camhsaft dan bagaimana cara kerja noken as. Part didalam sebauh mesin ini memiliki ukuran tidak terlalu besar namun memiliki kinerja sangat besar terutama untuk sistem pembakaran mesin.

Dalam kata lain proses pembakaran mesin sangat bergantung dari cara kerja noken as, karena hal pasti noken as bekerja untuk buka tutup klep. Jika salah perhitungan maka bisa kita tebak mesin motor akan crash dan menyebabkan banyak part didalam mesin rusak.

Fungsi Noken AS Motor dan Cara Kerjanya

Fungsi Noken AS Motor dan Cara Kerjanya

Dalam hal proses pembakaran tidak hanya disokong suplai bahan bakar dari karburator atau injection saja.  Camshaft juga memiliki peran sangat penting, apabila salah perhitungan dalam buka tutup klep maka dooor mesin motor anda. Pada kesempatan kali ini spbukita.com akan sedikit jelaskan kepada anda semuanya pengertian dari Noken AS atau Camshaft.

Apa Itu Noken AS

Dari awal pembahasan sebetulnya kami sudah sedikit jelaskan kepada anda semuanya, jika noken as atau camshaft adalah sebuah komponen didalam mesin motor 4 tak saja. Jadi jangan tanyakan pada jenis mesin motor 2 tak, noken as memiliki bentuk dengan dua tonjolan dengan posisi berbeda. Nah tonjolan tersebut sering dimainkan oleh beberapa mekanik agar motor bisa lebih bertenaga.

Fungsi Noken AS Motor

Fungsi Noken AS Motor

Fungsi dari noken as sendiri itu sangat sederhana sekali, dimana setiap tonjolan dari noken as berfungsi untuk membuka dan menutup klep. Begini saja penjelasan lebih mudah di cerna, pada titik A yakni tonjolan 1 menyentuh pelatuk maka akan terangkat penuh jika sudah berada di posisi B. Titik A lalu naik menuju titik C lalu kembali lagi ke titik B, ini yang dinamakan perputran dari Noken AS atau Camshaft.

Cara Kerja Noken AS

Cara Kerja Noken AS

Dalam sebbauh noken as terdapat dua bagian yaki ournal dan lobe, kedua bagian tersebut memiliki fungsiya masing-masing. Noken AS sendiri di gerakan oleh rantai keteng, dimana dalam perhitungannya 2 kali putaran kruk as sama saja 1 kali putaran dari Noken AS. Cara kerjanya ialah berputar sesuai perhitungan, lalu kedua tonjolan atau lift masing-masing membuka dan menutup klep.

Ketika noken as beputar maka tonjolan satu mendorong klep masuk dan untuk tonjolan kedua klep satu keluar terbuka dan sisa hasil pembakaran akan terbuang. Selain itu juga sebagai pengatur buka tutup sehingga pasokan bahan bakar serta udara masuk ke kepala silinder sesuai dengan langkah piston.

Begitulah sedikit penjelasan dari Noken AS yang sudah kami sampaikan kepada anda semua. Disini kita bisa ambil kesimpulan jika camshaft memiliki peran sangat penting pada proses pembakaran didalam mesin berlangsung. Mungkin cukup sekian informasi kali ini dan semoga bermanfaat bagi anda semuanya.

You May Also Like

About the Author: Abdullah Ginanjar

Seorang Teknisi Yang Sekarang Ini Aktif Di Dunia Blogger