Abdullah Ginanjar Seorang Teknisi Yang Sekarang Ini Aktif Di Dunia Blogger

√ Fungsi Lampu Kota, Wajib Tahu!

Fungsi Lampu Kota

Fungsi Lampu Kota – Kendaraan mobil memiliki jumlah lampu yang tersemat pada eksterior maupun interior kendaraan. Masing-masing lampu memiliki fungsi yang berbeda satu sama lain, tergantung dengan tujuan dan penempatan lampu tersebut.

Penamaan masing-masing lampu pada mobil di tanah air cukup beragam, ada lampu sen, lampu kabin, lampu rem dan juga lampu kota. Salah satu lampu yang memiliki peranan penting dalam sebuah kendaraan adalah lampu kota dan yang akan kita bahas pada kesempatan kali ini.

Lampu kota di sinyalir menjadi lampu yang begitu penting sebagai sistem penerangan pada kendaraan walaupun memiliki keterangan yang lebih kecil dari pada lampu lainnya. Lampu kota juga memiliki nama lain sebagai lampu senja, karena secara umum di nyalakan pada senja hari.

Namun ada juga yang menamainya sebagai lampu jarak, karena tidak jarang lampu kota di anggap sebagai isyarat lebar dari sebuah kendaraan. Berikut ini spbukita.com akan membahas seberapa penting fungsi lampu kota dan bagai mana peranannya.

Fungsi Lampu Kota

Fungsi Lampu Kota

Meski memiliki sistem pencahayaan yang tidak terlalu terang, namun perannya dalam sebuah kendaraan ternyata memiliki fungsi yang cukup penting. Lalu apa saja fungsi dari lampu kota, berikut ini penjelasannya.

1. Penanda Tentang Posisi Kendaraan

Yang pertama adalah sebagai penanda posisi kendaraan dari arah depan ataupun dari arah belakang. Secara langsung lampu kota akan menunjukan posisi kendaraan saat berjalan.

Secara umum dalam kondisi yang normal, penggunaan lampu kota memang tidak wajib jika kondisi jarak pandang memungkinkan dan dapat mengatur jarak aman. Namun jika jarak pandang terbatas seperti saat kondisi senja, malam atau dalam cuaca hujan maka perlu untuk menyalakan lampu kota.

2. Penanda Arah Laju Kendaraan

Fungsi lampu kota berikutnya adalah sebagai penanda arah laju kendaraan, seperti yang kita tahu, letak lampu kota terdapat pada bagia depan dan belakang, pada bagian depan lampu kota akan memancarkan cahaya dengan warna putih, hal tersebut menandakan bahwa kendaraan tersebut berlawanan arah.

Sedangkan saat kita melaju dan melihat lampu kota di bagian belakang sebuah kendaraan, hal tersebut berarti mobil yang ada di depan kita memiliki arah laju yang sama, sering kali kondisi gelap menjadi kendala penanda arah di tambah lagi saat kondisi hujan.

3. Penanda Panjang dan Lebar Kendaraan

Tidak hanya memiliki fungsi sebagai penanda arah dan kuga posisi kendaraan, lampu kota juga memiliki fungsi lain sebagai penanda panjang dan lebar dari sebuah kendaraan. Jika dalam kondisi gelap sering kali kendaraan lain tidak terlihat fisiknya dengan jelas, maka dari itu setiap mobil harus di pasangi lampu kota.

Perhitungan tentang panjang dan lebar dengan lampu kota menjadi paling sering di gunakan saat akan menyalip kendaraan berdimensi besar, seperti halnya truk ataupun bus, saat kondisi malam atau kondisi jalan berasap dan hujan.

Letak Lampu Kota Pada Mobil

Letak Lampu Kota Pada Mobil

Secara umum lampu kota terletak di bagian depan dan juga di bagian belakang, jika di bagian depan letaknya berdampingan dengan lampu utama atau lebih di sebut dengan headlamp. Biasanya lampu kota yang terletak pada bagian depan nisa di nyalakan secara sediri ( tunggal ) namun ada juga yang cara menyalakannya menjadi satu dengan head lamp.

Sedangkan bagian belakang, lampu kota biasanya memiliki tata cara penyalaannya biasanya di jadikan satu dengan lampu rem, dengan penyematan lampu kota pada bagian belakang, maka kendaraan yang ada di belakang mobil anda dapat memperhitungkan dimensi lebar mobil anda, meskipun pandangannya tidak terlalu jelas.

Cara Menyalakan Lampu Kota

Cara Menyalakan Lampu Kota

Seperti yang telah di singgung di atas, lampu kota memiliki tata cara penyalaan yang berbeda-beda, untuk menyalakan lampu kota pada bagian depan anda cukup menyalakan saklarnya. Biasanya saklar tersebut menyatu dengan saklar pada headlamp, anda perlu memutar saklar satu kali ke arah depan, dengan begitu lampu kota nagian belakang akan menyala.

Jika pencahayaan pada bagian lampu kota dan juga headlamp kuarang bagus, maka bisa juga di tambahkan RELAY LAMPU MOBIL YANG BAGUS, agar sistem pencahayaan utama dan juga lampu kotanya menyala dengan lebih maksimal.

Akhir Kata

Secara tidak langsung penyematan lampu kota juga menjadi salah satu fitur atau fungsi keselamatan berkendara, dengan penyematan lampu kota pada sebuah kendaraan, maka pengemudi akan bisa memperhitungkan tentang jarak dengan kendaraan lain ataupun juga memperhitungkan dimensi panjang dan lebar kendaraan lain. Demikian yang dapat kami sampaikan mengenai Fungsi Lampu kota, semoga ulasan yang kami sampaikan menjadi informasi penting untuk anda.

Abdullah Ginanjar Seorang Teknisi Yang Sekarang Ini Aktif Di Dunia Blogger

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *