Fungsi Kopling Ganda Motor Matic & Cara Kerjanya

Hampir semua pengguna jenis kendaraan motor tidak mengetahui detail dari beberapa konponen didalam motor, terutama dibagian mesin dikarenakan ada banyak sekali komponen penting. Seperti halnya pada jenis kendaraan motor matic akan memiliki komponen berbeda seperti kopling ganda, kami yakin kalian juga tidak tahu akan fungsi kopling ganda maupun part lainnya.

Didalam part satu ini terdapat dua bagian penting yang harus diperhatikan bagi semua pengguna motor matic yakni kampas kopling ganda dan rumah kopling atau sering disebut mangkuk. Dalam kata lain kopling ganda memiliki fungsi atau cara kerjanya dimana mesin motor matic ketika dihidupkan roda tidak berputar meski kondisi mesin sudah hidup.

Seperti yang sudah kami sampaikan kepada kalian semuanya jika ada banyak sekali komponen penting didalam sebuah kendaraan seperti Armeture yang berfungsi mengubah aliran listrik menjadi energi gerak. Sama halnya dengan kopling ganda pada motor matic, dimana memiliki fungsi masing-masing dan hampir sama dengan motor kopling atau motor bebek.

Pada intinya fungsi kopling ganda merupakan komponen penghubung antara kampas kopling ganda dengan rumah kopling, adapun beberapa tipe kampas kopling ganda keras dan lembek. Kedua tipe tersebut memiliki cara kerja yang berbeda-beda, untuk kalian semua yang ingin mengetahui lebih lengkapnya dapat simak langsung saja ulasan dibawah ini.

Fungsi Kopling Ganda Motor Matic & Cara Kerjanya

Fungsi Kopling Ganda Motor Matic Cara Kerjanya

Sebelumnya memang sempat sedikit kami informasikan kepada kalian semua akan fungsi kopling ganda motor matic. Kemudian juga kami sempat sampaikan tipe dari kopling ganda keras dan lembek beserta bagian-bagian dari kopling ganda, berikut ini kami akan informasikan kepada kalian semua lebih lengkap dan detailnya.

Apa Itu Kopling Ganda

Apa Itu Kopling Ganda

Bagi anda semua yang belum tahu dengan apa itu kopling ganda pada motor matic, untuk kali ini kami akan sampaikan kepada kalian semuanya. Jika kopling ganda adalah sebuah girboks manual, dimana girboks tersebut akan dioperasikan secara otomatis sesuai perhitungan pada RPM-nya pada setiap jenis motor matic.

Seperti halnya ketika motor matic mulai dihidupkan maka kopling ganda sudah langsung bekerja sesuai dengan cara kerjanya, dimana roda tidak akan berputar mesik mesin motor matic sudah hidup. Agar motor bisa jalan, motor harus mencapai 2000 RPM agar kampas kopling ganda mulai mengembang sehingga roda akan berputar atau jalan.

Fungsi Kopling Ganda Motor Matic

Fungsi Kopling Ganda Motor Matic

Apabila anda semua memahami awal pembahasan dari kami maka kalian semua sudah menangkap atau mengetahui akan fungsi kopling ganda motor matic. Dimana fungsi dari kopling ganda sebagai pemisah putaran ketika mesin sudah hdiup tetapi roda tidak memutar. Nah itulah sebenarnya fungsi dari kopling ganda pada motor matic.

Sebelumnya juga sudah kami sampaikan kepada kalian semuanya, jika ada beberapa motor menggunakan tipe kampas kopling keras dan lembek. Kedua tipe tersebut memiliki cara kerja berbeda dan untuk awalan tenaga yang dihasilkan juga berbeda. Untuk tipe kampas kopling lembek untuk tarikan pertama lebih halus, sedangkan untuk tipe keras tarikannya akan lebih besar.

Cara Kerja Kopling Ganda Motor Matic

Cara Kerja Kopling Ganda Motor Matic

Sedangkan untuk cara kerjanya sebagai pemisah antara putaran roda dan putaran mesin, ketika RPM rendah maka motor tidak jalan. Agar roda bisa berjalan, mesin harus mencapai sekitar 2000 RPM yang mana kampas kopling ganda mulai mekar dan menggesek ke rumah kopling. Ketika kampas kopling sudah mengembang secara sempurna, maka motor mulai jalan ketika di gas sedikit saja.

Cara kerjanya bisa dibedakan pada tipe kampas kopling motor matic, jika untuk pengguna harian lebih disarankan untuk menggunakan tipe kampas kopling ganda lembek. Selain itu juga proses pengembangan kampas akan lebih cepat dan tarikan awal akan lebih halus.

Tetapi akan berbeda jika kalian ingin sekali motor matic lebih bertenaga, maka bisa menggunakan kampas kopling keras semisalnya untuk motor drag maka tenaga akan lebih besar. Karena kampas kopling mengembang akan lebih hambat, sehingga tarikan awal akan sangat besar sekali tenaganya.

Cara Mengetahui Kampas Kopling Ganda Sudah Tipis

Cara Mengetahui Kampas Kopling Ganda Sudah Tipis

Untuk mengetahui apakah kampas kopling ganda pada motor matic sudah tipis atau aus, dapat dirasakan akan tarikan awalnya gredek atau tersendak-sendak. Kemudian juga tenaga lebih lambat dari sebelumnya pada saat kampas kopling masih bagus, karena kerjanya tidak sempurna. Adapun beberapa penyebab, biasanya pengguna sering buka tutup gas, pemakaian terlalu kasar dan masih ada banyak lagi lainnya.

Nah itulah informasi yang sudah kami sampaikan kepada kalian semua akan apa itu kopling ganda dan juga fungsi kopling ganda motor matic untuk anda semuanya. Intinya kopling ganda merupakan komponen pemisah antara pemutar roda dan mesin, sehingga roda tidak berputar meski mesin sedang hidup. Mungkin cukup sekian yang bisa kami sampaikan kepada kalian semuanya, semoga informasi diatas dapat menambah ilmu seputar dunia otomotif.

 

You May Also Like

About the Author: Abdullah Ginanjar

Seorang Teknisi Yang Sekarang Ini Aktif Di Dunia Blogger