Abdullah Ginanjar Seorang Teknisi Yang Sekarang Ini Aktif Di Dunia Blogger

4 Fungsi Kabel Busi : Motor & Mobil Lengkap

Fungsi Kebel Busi Motor dan Mobil

Fungsi Kabel Busi – Penggemar otomotif tidak akan asing dengan yang namanya kabel busi, baik mobil maupun motor maupun mobil, sama-sama membutuhkan komponen mobil yang cukup penting ini. Selain FUNGSI BUSI, kabel busi juga memiliki fungsi yang beragam.

Kita seringkali di hadapkan dengan, mobil dan motor yang seringkali bermasalah, ataupun mesin tidak dapat di nyalakan. Hal ini besar kemungkinan di sebabkan kebakarnya kabel busi dan inti businya sendiri.

Dalam sebuah kendaraan, juga memuat tenaga kelistrikan yang di alirkan oleh aki dan juga dinamo, fungsi kabel busi adalah untuk menyalurkan aliran listrik pada kedua komponen tersebut kepada mesin.

Prinsip kerjanya adalah mengalirkan listrik pada koil busi, kabel busi ini memang bukan kabel biasa, karena tegangan yang di alirkan cukup besar. Tegangan yang di alirkan mencapai 20 Kv, jadi pemilik kendaraan di anjurkan jeli memilih kabel busi terbaik agar tidak mudah terbakar.

Fungsi Kabel Busi dan Cara Merawat

Fungsi Kebel Busi Motor dan Mobil

Bicara tentang kabel busi, tidak lepas dari untuk cara kerjannya tidak jauh berbeda dengan kabel-kabel elektrikal lainnya. Berikut ini adalah 5 Fungsi Kabel Busi Motor dan Mobil yang harus anda ketahui.

Fungsi Kabel Busi Motor dan Mobil

1. Pengalir arus listrik

Komponen bernama kabel memang tidak lepas dari sifat fungsinya untuk mengalirkan tegangan arus listrik. Fungsi kabel busi pada ke dua tipe kendaraan ini terbilang sama, sebagai komponen inti penerus tegangan arus litrik dari busi ke distribuotr.

2. Pencegah Kebocoran Arus

Komponen kabel busi merupakan komponen yang terbuat dari tembaga yang di palisi perak, kemudian di balut dengan silicon, di sinyalir kombinasi bahan baku kabel busi sangat efektif mencegah terjadinya kebocoran arus.

3. Menunjang Kinerja Busi

Secara langsung memang kerusakan kabel busi tidak mempengaruhi performa mesin, namun kerusakan seringkali menyebabkan pembakaran yang di hasilkan busi pada mesin kurang optimal.

4. Penunjang Kinerja Steker

Secara umum memang, fungsi buis memang untuk mengalirkan tenaga listrik pada busi, namun jika kabel busi mengalami kebocoran, maka listrik yang di alirkan tidak aakan sampai pada steker busi.

Akibat Kabel Busi Mobil Motor Rusak

Akibat Kabel Busi Mobil Motor Rusak

Akselerasi mesin motor atau mobil yang optimal, merupakan salah satu yang di harapkan oleh setiap pengendara. Namun taukah anda, jika pendukung optimalnya performa mesin salah satunya adalah pada sistem pengapian yang sempurna.

Andil besar kabel busi menyalurkan tagangan arus listrik yang cukup besar tanpa kebocoran membuat proses pengapian berjalan sempurna, selain sering kali terjadi masalah pada busi itu sendiri yang kemungkinan BUSI DALAM KEADAAN BASAH. Berikut ini efek yang di hasilkan jika kabel busi tidak maksimal ataupun bocor.

  • Jika pada mesin mobil, mesin akan tetap menyala namun mesin mobil akan goyang.
  • Mesin akan susah untuk di nyalakan.
  • Akselerasi mesin tidak maksimal dan pincang brebet
  • Keramik busi akan pecah karena terpapar tegangan yang terlalu tinggi.

Cara Merawat Kabel Busi Motor dan Mobil

Cara Merawat Kabel Busi

Berikut ini adalah beberapa tips yang mungkin bisa anda praktekan, agar kabel busi motor dan mobil anda tetap berfungsi secara optimal.

  • Usahakan jangan terlalu sering membuka pasang kabel busi
  • Hindari mencopot kabel busi saat kondisi mesin masih dalam suhu yang cukup panas.
  • Hindari menarik kabel busi karena dapat merusak komponen dalam kabel busi, yang dapat mematikan fungsi kabel busi motor dan mobil anda.

Komponen kabel busi memang di lihat sebagian pemilik kendaraan yang keberadaannya tidak di perhtingkan, namun imbas atau dapak membiarkan kerusakan kabel busi rusak dan tidak dapat diganti akan membuat mesin motor dan mobil anda akan tidak maksimal.

Demikian yang dapat kami sampaikan mengenai fungsi kabel busi motor dan mobil. Semoga informasi dari spbukita.com yang kami rangkum di atas, dapat menjadi sumber informasi untuk anda.

Abdullah Ginanjar Seorang Teknisi Yang Sekarang Ini Aktif Di Dunia Blogger

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.