Abdullah Ginanjar Seorang Teknisi Yang Sekarang Ini Aktif Di Dunia Blogger

10 Fungsi Feeler Gauge & Cara Menggunakan

Fungsi Feeler Gauge Cara Menggunakan

Fungsi Feeler Gauge – Dalam dunia mekanik, alat ini menjadi tidak asing. Feeler Gauge menjadi sebuah peralatan ukur yang sering kali di gunakan para teknisi otomotif guna sebagai alat pengukur celah antara dua benda.

Memiliki fungsi sebagai alat ukur, peralatan ini juga berguna dalam proses perbaikan dan perawatan sebuah kendaraan, sebagai alat ukur, Feeler gauge memiliki ketebalan yang bervariasi.

Feeler gauge ketebalan 0,01 mm- 1 mm, Feelet gauge biasanya memilki 20 bilah dengan berbagai macam dan tingkat ketebalan yang berbeda-beda, hal ini karena terganting dengan benda yang akan di ukur.

Pentingnya para mekanik untuk menentukan ahsil hitungan yang sesuai dengan kebutuhan ukuran benda, maka penggunaan feeler gauge harus di perhatikan secara detail. Berikut ini spbukita.com rangkum fungsi feeler gauge sebagai alat pengukur.

Fungsi Feeler Gauge & Cara Menggunakan

Fungsi Feeler Gauge Cara Menggunakan

Fungsi Feeler Gauge

Seperti penekanan pada paragraf di atas, Feeler Gauge adalah sebuah alat otomotif yang biasa di gunakan para mekanik untuk mengukur cel;ah antara dua benda, peralatan ini sering di sebut juga sebagai alat pengukur ketebalan (Thinckness Gauge). Berikut ini adalah beberapa fungsi Feeler Gauge.

1. Mengukur Celah Katup

Kegunaan Feeler Gauge pada pengukuran celah katup sangat di butuhkan, adapun langkah dalam penggunaan Feeler Gauge untuk proses pengukuran celah katup.

2. Mengukur Celah Kontak Platina

Menyetel Kontak Platina harus menggunakan ukuran standart pabrik, untuk itu fungsi Feeler Gauge pada proses ini sangat membantu, Feeler gauge yang di gunakan untuk menyetel platina 0,40 mm.

3. Mengukur Kerapatan Kepala Silinder

Mengukur kepala silinder, bisa menggunakan alat ukur Feeler Gauge ataupun straight edge, dengan cara mengukur kerataan permukaan kepala silinder yang terpasang pada bagian blok silinder dan manifold.

4. Mengukur Celah Spark Plug (Busi)

Untuk menyetel celah busi, cukup slipkan bilah Feeler gauge sesuai dengan ukuran yang di butuhkan, namun sebagai acuan, anda juga harus memperhatikan jarak massa dan elektrodanya.

5. Mengukur Celah Ring Piston

Mengukur celah ring PISTON, langkah pertama adalah lepas piston ring dengan expander, langkah selanjutnya masukan ring piston dalam blok silinder dan dorong menggunakan piston guna menentukan kerataan ring, lalu ukur dengan feeler gauge ke dalam celah ujung ring piston dengan ketebalan sesuai dengan kebutuhan.

6. Mengukur Celah Oil Pump

Fungsi Feeler gauge pada pengukuran celah oli pump atau pompa oli adalah untuk pengukuran kerataan pada kepala silinder, mengukur celah ujung rotor penggerak dengan bodi.

7. Menyesuaikan Jarak Pada Alat Permesinan

Seiring kegunaannya jarak pada alat permesinan seringkali menemui kelonggaran, atau keausan untuk itu kehadiran Feeler gauge untuk mengukur kerataan guna mengembalikan fungsi dan ukuran sesuai dengan standart.

8. Memeriksa Keausan Antar Komponen

Banyak sekali komponen pada sebuah mesin yang memiliki prinsip kerja sebagai penggerak, seringkali karena pergerakan gesek di dalam mesin maka penggunaan Feeler gauge juga berfungsi untuk mndeteksi tingkat keausan, namun jika keausan melebihi tingkat standart maka komponen tersebut harus segera di ganti dengan yang baru.

Cara Menggunakan Feeler Gauge

Cara Menggunakan Feeler Gauge

Bagai mana menggunakan alat ukur ini, caranya cukup mudah sekali. Namun anda perlu memperhatikan langkah-langkahnya berikut ini.

  • Membersihkan Alat Ukur

Anda mungkin bertanta-tanya kenapa Feeler Gauge,harus dalam konidisi bersih saat di gunakan. Untuk hasil yang akurat, pastikan terlebih dahulu feeler Gauge dalam kondisi bersih atau tidak ada kotoran yang menempel.

  • Posisi Feeler Gauge Harus Lurus

Langkah kedua, pastikan posisi Feeler gauge harus lurus, jika posisi feeler gauge tidak dalam kondisi lurus, maka akan mempengaruhi hasil perhitungan, selain itu kondisi pengukuran yang tidak lurus akan membuat feeler gauge melengkung dan tidak dapat di fungsikan lagi.

  • Menggabungkan Bebebrapa Bilah

Pengaruh terhadap hasil pengukuran juga sering kali salah penggabungan bilah feeler gauge, namun untuk menjadi perhatian jangan banyak menggunakan bilah feeler gauge untuk mendapatkan hasil ukuran yang akurat.

  • Mendapatkan Feel dengan Tepat

Langkah pengukuran yang tepat adalah tidak mendorong bilah feeler gauge ke dalam celah, namun dengan cara menarik bilah untuk mendapatkan ukuran yang sesuai dengan celah benda.

  • Simpan Feeler Gauge di Tempat yang Aman

Di karenakan tingkat ketebalan feeler gauge yang sangat tipis, maka simpan di tempat yang aman jika sudah selesai di gunakan, pasalnya jika terinjak atau tertimpa suatu benda feeler gauge tidak akan di gunakan lagi.

Cara Membaca Pengukuran Feeler Gauge

Cara Membaca Pengukuran Feeler Gauge

Setelah rangkaian ulasan cara menggunakan feeler gauge di atas, anda pasti penasaran dengan cara membaca hasil ukuran feeler gauge. Cara membacanya terbilang sangat mudah.

Cara membaca hasil ukuran menggunakan feeler gauge, gunakan bilah sesuai dengan kebutuhan celah, lalu masukan Feeler gauge. Jika Feeler Gauge masuk secara presisi, maka itulah ukuran dari celah tersebut.

Demikian yang dapat kami sampaikan mengenai Fungsi Feeler Gauge yang kami rangkum di atas, semoga informasi di atas menjadi sumber informasi penting untuk anda.

Abdullah Ginanjar Seorang Teknisi Yang Sekarang Ini Aktif Di Dunia Blogger

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.