Abdullah Ginanjar Seorang Teknisi Yang Sekarang Ini Aktif Di Dunia Blogger

√ Fungsi Evaporator Ac : Jenis & Cara Kerja

Fungsi Evaporator Ac

Fungsi Evaporator Ac – Artikel kali ini spbukita.com akan membahas tentang salah satu komponen utama yang terdapat pada Air Conditioner (AC) yakni Evaporator Ac. Berkendara dalam kedaan cuaca panas merupakan salah satu keadaan yang sangat tidak nyaman untuk para pengendara mobil.

Untuk itu di butuhkan sistem komponen pendingin sebagai penyejuk dalam ruang kabin mobil bernama AC, peran AC dalam sebuah kendaraan memang sangat penting. Namun taukah anda sering kali masalah sistem pendingin sering mengalami masalah dan tidak berfungsi sebagai mana mesitinya.

Komponen AC yang merupakan bagian yang sering luput dari perhatian ataupun terabaikan cara perawatannnya adalah Evaporator. Evaporator pada komponen AC merupakan suatu komponen yang punya andil besar dalam proses kerja Ac mobil.

Jika bagian ini bermasalah, AC tidak akan bekerja secara maksimal sebagai sistem pendingin kabin, fungsi Evaporator sendiri adalah untuk menyerap panas. Berikut ini kami akan mengulas tentang bagai mana merawat salah satu komponen bernama Evaporator.

Fungsi Evaporator AC Mobil dan Cara Kerja

Fungsi Evaporator Ac

Fungsi Evaporator

Fungsi Evaporator sendiri secara sederhana adalah untuk mengubah uadara panas menjadi udara dingin, dengan bantuan komponen blower yang menyerap udara untuk kemudian di hembuskan pada evaporator.

Evaporator sering di sebut juga sebagai cooling unit, prinsip kerjanya hampir menyerupai prinsip kerja pada Kulkas, sebagai penampung udara panas lalu di ubah menjadi udara dingin yang kemudian akan di hembuskan ke dalam kabin.

Jenis – Jenis Evaporator

Jenis Jenis Evaporator

Memiliki fungsi yang sama sebagai sistem pendingin, AC mobil memiliki jenis evaporator yang berbeda-beda, berikut ini adalah jenis- jenis evaporator yang terdapat dalam AC.

1. Evaporator Ac Tipe Drawan Cube

Evaporator Ac Tipe Drawan Cube merupakan salah satu tipe jenis evaporator yang memiliki sirip dengan bentuk logam pipih yang memilki lubang untuk jalur udara yang di hembuskan blower, sementara untuk tube, jenis ini menggunakan tube dengan bentuk bulat.

2. Evaporator Ac Tipe Plat Fin

Berikutnya adalah Evaporator Ac Tipe Plat Fin , konstruksi evaporator jenis ini menggunakan Fin atau sirip berbentuk logam pipih. Struktur sirip tertata sejajar dan rapi dengan kombinasi tube berbentuk bulat.

3. Evaporator Ac Tipe Seprentine

Konstruksi Evaporator Ac Tipe Seprentine terbilang sangat unik, membentuk melengkung menyerupai huruf dan Tube berbentuk pipih.

Cara Kerja Evaporator

Cara Kerja Evaporator

Peran dan fungsi evaporator pada KOMPONEN AC MOBIL adalah untuk menyerap udara panas yang berasal dari komponen blower, kemudian uadara panas akan di lepaskan melalui freon atau refrigerant yang ada di dalam evaporator. Udara panas yang masuk dalam komponen evaporator akan masuk dalam bagian freon.

Setelah itu freon yang semula berbentuk zat cair, akan berubah menjadi uap atau berubah menjadi gas. Sementara komponen blower akan menyerap udara untuk kemudian di hembusakan pada Evaporator AC melewati sirip yang terdapat pada evaporator agar tepat melewati tube.

Kemudian udara bersuhu tinggi akan melepaskan panas ke freon yang memilki suhu rendah, panas yang di lepaskan oleh udara memilki kapasitas terbatas yang bisa di terima kondensor. Untuk itu kondensor juga memililki peran yang penting dalam prinsip kerja Evaporator, kemudian udara panas yang telah berubah menjadi dingin akan di salurkan menuju kabin.

Cara Merawat Evaporator

Cara Merawat Evaporator

Cara Merawat Evaporator sebenarnya cukup mudah, dan bisa di lakukan secara mandiri, di bandingkan dengan jasa perbengkelen untuk merawat evaporator terbilang cukup mahal hingga mencapai 600 ribu samapai 800 ribu rupiah. Berikut ini cara merawat Evaporator Ac mobil.

  • Bersihkan menggunakan cairan cleaner khusus untuk evaporator.
  • Kemudian ganti filter AC
  • Kemudian buka filter kabin AC, bersihkan bagian blower menggunakan cairan khusus evaporator tersebut.
  • Pastikan kondisi selang blower dan AC terhubung.
  • Semprot bagian evaporator secara menyeluruh, lalu tunggu samapai 15 samapai 20 menit.
  • Bersihkan juga area ventilator AC
  • Setelah 20 menit, bilas evaporator menggunakan air bersih agar semua kotoran hilang.
  • Lalu bersihkan evaporator dengan kain samapai mengering.
  • Setelah itu pasangkan kembali evaporator.

Evaporator AC mobil merupakan bagian utama dala sistem pendingin AC mobi, maka untuk itu anda perlu perawatan secara rutin untuk menjaga kinerjannya agar tetap optimal. Demikian yang dapat kami sampaikan mengenai Fungsi Evaporator AC dan Cara Merawat Evaporator Mobil, semoga informasi yang kami rangkum bermanfaat untuk anda.

Abdullah Ginanjar Seorang Teknisi Yang Sekarang Ini Aktif Di Dunia Blogger

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *