Abdullah Ginanjar Seorang Teknisi Yang Sekarang Ini Aktif Di Dunia Blogger

7 Fungsi Cylinder Head : Komponen & Cara Kerja

Fungsi Cylinder Head

Cylinder Head – Berbagai komponen di dalam kendaraan memiliki fungsi berbeda-beda. Keragaman komponen tersebut kemudian di kombinasikan sedemikian rupa untuk membentuk sistem kerja maksimal.

Sepertihalnya bagian mesin, bagian inti dari sebuah kendaraan yang cukup krusial keberadaannya. Untuk itu mesin menjadi salah satu komponen yang perawatannya harus di lakukan secara berkala.

Salah satu bagian mesin yang memiliki peranan penting adalah Cylinder Head. Salah satu KOMPONEN MESIN MOBIL berikut ini memiliki tugas berat sebagai ruang pembakar, dan harus memiliki ketahanan terhadap panas saat mesin bekerja.

Karena di tuntut memiliki ketahanan terhadap panas, maka Cylinder Head harus di buat dengan bahan yang dapat melakukan pendingin, sepertihalnya paduan alumunium dan cast iron. Berikut spbukita.com akan menjelaskan fungsi dari Cylinder Head.

Fungsi Cylinder Head : Komponen & Cara Kerja

Fungsi Cylinder Head

Fungsi

Kepala silinder bisa juga di katakan jantung dari sebuah kendaraan, sistem penggerak pada sebuah kendaraan berasal dari Cylinder Head. Berikut ini fungsi Cylinder Head yang perlu anda ketahui.

1. Tempat Pembakaran Mesin Cylinder Head

Tempat Pembakaran Mesin Cylinder Head

Fungsi utama kepala silinder adalah sebagai tempat pembakaran mesin. Dalam kepala silinder terdapat sebuah ruang bakar untuk meledakan campuran udara dan juga bahan bakar sehingga mampu menghasilkan tenaga untuk menggerakan sebuah kendaraan.

2. Tempat Pemasangan Busi

Tempat Pemasangan Busi

Salah satu komponen bagian dari Cylinder Head adalah busi, keberadaan busi untuk menopang proses pembakaran. Posisi busi sebagai pematik api secara langsung di dalam ruang bakar, sehingga terjadi pembakaran yang menghasilkan tenaga untuk menggerakan sebuah kendaraan.

3. Tempat Pelumasan

Tempat Pelumasan

Cylinder Head juga memiliki fungsi sebagai wadah pelumasan, dalamnya terdapat saluran oli yang mengalir pada pompa oli. Adanya pelumasan dalam Cylinder Head, maka komponen-komponen di dalamnya terlumasi secara merata.

4. Tempat Sirkulasi Air Pendingin

Tempat Sirkulasi Air Pendingin

Meski tidak secara langsung, Cylinder Head juga memiliki kegunaan sebagai tempat air pendingin bersirkulasi. Pada proses pembakaran biasanya temperatur suhu naik dan tertjadi overheat (mesin panas), untuk itu Cylinder Head memiliki tempat air pendingin untuk kemudian di sirkulasikan melalui water jacket.

5. Tempat Kelengkapan Memkanisme Katup

Memkanisme Katup

Bagian terpenting pada kepala silinder adalah MEKANISME KATUP, komponen ini bertugas untuk mengatur kapan valve intake dan exhaust tertutup ataupun terbuka. Umumnya komponen dalam mekanisme katup berbeda-beda, hal tersebut bergantung pada kepala bentuk kepala silindernya.

6. Penyalur Kanal Masuk Udara (Intake)

Funsi kepala silinder selanjutnya adalah sebagai wadah saluran intake. Komponen intake merupakan salah satu komponen kepala silinder yang berfungsi sebagai kanal masuk udara ke dalam ruang bakar dan di atur oleh valve intake.

7. Penyalur Pembuangan Sisa Pembakaran (Exhaust)

Exhaust menjadi salah satu komponen yang berfungsi sebagai kanal pembuangan sisa pembakaran yang terjadi di dalam ruang bakar yang di atur oleh komponen valve exhaust. Dengan adanya ke dua komponen tersebut maka kondisi mesin akan tetap bersih.

Komponen Cylinder Head

Komponen Cylinder Head

Setelah mengetehui fungsi kepala silinder, kali ini kita masuk pembahasan tentang komponen kepala slinder sebagai salah satu penunjang sistem penggerak.

  • Sprak Plug (busi) : Pematik api dalam ruang bakar.
  • Valve Guide : Untuk penghantar gerakan katup.
  • Adjusting Shim : Penyetel celah katup dalam kepala silinder.
  • Gasket : Perapat kepala silinder dan blok silinder agar tidak bocor.
  • Water Jacket : Penyalur air pendingin agar mesin tidak overheat ( mesin Panas)
  • Valve Filter : Sebagai pengangkat katup pada kepala silinder
  • Cylinder Blok : Sebagai tempat ruang bakar
  • Exhaust Valve (Katub buang) : Sebagai pembuka dan penutup saluran buang.
  • Intake Valve ( Katup Hisap ) : Sebagai pembuka dan penutup saluran hisap.
  • Piston : Pengubah tenaga panas yang di hasilkan ruang bakar menjadi tenaga mekanik.
  • Valve Seat : Tempat dudukan katup
  • Combustion Chamber : Tempat pembakaran
  • Valve Keepers : Pengunci katup dan pegas katup
  • To Exhaust Manifold : Penghubung dengan exhaust manifold
  • To Intake Manifold : Penghubung dengan intake manifold
  • Oil Seal : Perapat ruang pelumasan

Cara Kerja Cylinder Head

Kepala silinder merupakan salah satu komponen mesin yang static part, artinya komponen tersebut tidak bergerak. Hal tersebut mengacu pada fungsinya sebagai penutup bagian atas blok silinder. Keberadaannya memang cukup vital sebagai salah satu komponen mesin untuk proses pembakaran.

Sehingga dapat di simpulkan, tidak ada mekanisme di dalam kepala silinder, yang ada hanya mekanisme dalam kepala silinder, seperti mekanisme katup OHC.

Akhir Kata

Seperti pada penjelasan di atas, secara keseluruhan kepala silinder memiliki peranan penting dalam sebuah mesin. Jika mengalami masalah atau kendala pada kepala silinder maka kendaraan tidak dapat di fungsikan sebagai mana mestinya. Demikian yang dapat spbukita.com sampaikan, semoga informasi yang kami rangkum bermanfaat untuk anda.

Abdullah Ginanjar Seorang Teknisi Yang Sekarang Ini Aktif Di Dunia Blogger

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *