Fungsi Busi Motor : Fungsi Komponen Busi 2020

Busi motor memang salah satu part pada motor sangat penting sekali akan kinerja motor, terutama untuk sistem pembakaran. Karena pada dasarnya fungsi busi sebagai media untuk menghasilkan percikan api, dimana nantinya akan terjadi yang namanya pembakaran didalam mesin untuk menghasilkan tenaga.

Bila berbicara soal komponen motor, memang ada beberapa part memiliki peran sangat penting seperti busi. Dari semua pengguna motor pastinya sudah banyak tahu jika busi salah satu part kelistrikan, dimana jika busi mengalami kendala maka motor tidak bisa hidup. Pasalnya motor bisa hidup jika aliran listrik bekerja dengan baik.

Busi memiliki fungsi sangat berarti bagi kinerja motor, pasalnya busi akan mengalirkan arus listrik untuk menimbulkan percikan api sehingga proses pembakaranpun terjadi. Nah inilah penyebab kenapa busi motor mati, maka kendaraan tidak bisa dihidupkan. Adapun beberapa komponen listrik lainnya seperti flasher, hanya komponen ini berfungsi sebagai penyalur arus listrik ke lampu sein.

Part satu ini memiliki beberapa komponen penting, dimana setiap komponen didalam busi memiliki fungsinya masing-masing. Pada kesempatan sangat baik ini Spbukita.com akan menjelaskan kepada anda semua secara detail akan fungsi busi motor serta komponen busi. Agar mengetahui lebih jelasnya, mari kita simak bersama-sama ulasan berikut ini.

Fungsi Busi Motor dan Fungsi Komponen Busi

Fungsi Busi Motor

Meski memiliki fungsi sama baik untuk motor maupun juga mobil, namun untuk jenis kendaraan motor memang ada cukup banyak. Dan tidak semua jenis motor memiliki jenis busi sama, sehingga busi motor matic tidak bisa digunakan untuk motor sport.

komponen Busi Motor

Terminal

Komponen pertama ialah terminal, pada bagian ini terletak di ujung. Dimana memiliki fungsi sebagai penghubung antara busi dan sistem ignition.

Insulator

Insulator terbuat dari keramik atau porselen, dimana memiliki fungsi sebagai topangan mekanik untuk intik elektroda ada bagain tengah.

Ribs

Ribs merupakan bentukan lekukan-lekukan pada bagian insulator, adanya lekikan ribs akan menentukan jarak antara inti elektroda dan ground semakin jauh. Jika semakin jauh jaraknya, tentukan hambatan inti besi dan ground akan semakin besar.

Insulator Tip

Insulator tip atau juga sering disebut dengan ujung dari insulator merupakan komponen yang terjun langsung ke sistem pembakaran. Sehingga penggunaan material komponen ini harus mampu menahan suhu panas tinggi ketika terjadinya pemabakaran pasa mesin.

Komponen Busi

Seal

Seal merupakan kompone pada busi untuk mencegah kebocoran pada saat pemabakaran terjadi, sehingga pembakaran dapat bekerja dengan sempurna.

Metal Case

Metal case berfungsi menjadi material konduksi dimana memiliki daya hantar panas lebih baik, alhasil panas busi bisa dissuakn dengan kondisinya.

Center Electroda

Center Elektroda atau init elektroda terbuat dari kombinasi antara tembaga, besi serta nikel. Dimana untuk komponen ini memiliki fungsi sebagai penyalur energi listrik.

Side Electroda/Ground

Lalu komponen busi terakhir adalah side elektroda atau disebut juga dengan ground, bagian luar busi yang bersentuhan dengan motor.

Fungsi Busi Motor

Pada intinya jika busi motor berfungsi sebagai pengalir arus listrik sehingga menghasilkan percikan api, kemudian percikan api tersebut menyebabkan terjadinya pembakaran pada mesin. Untuk cara kerja busi motor pada saat ignition coil sudah menghasilkan listrik, maka elktroda akan mengandung tenaga listrik. Nantinya aliran listrik tersebut akan menghasilkan perickan api kecil.

Adapun dari beberapa komponen didalam busi akan bekerja jika aliran listrik dari koil sudah mengalir. Nah itulah sedikit informasi yang sudah kami jelaskan kepada anda semuanya, jika busi motor mapun mobil memiliki fungsi untuk mengalirkan percikan api sehingga terjadinya pembakaran. Demikian informasi yang bisa kami sampaikan kepada anda semua, semoga ulasan kali ini bisa membantu anda semuanya.

You May Also Like

About the Author: Abdullah Ginanjar

Seorang Teknisi Yang Sekarang Ini Aktif Di Dunia Blogger