√ Fungsi Ball Joint : Komponen & Tanda Kerusakan

FUNGSI BALL JOINT

Fungsi Ball Joint – Ball joint merupakan salah satu komponen kendaraan yang letaknya berada di sistem suspensi atau pada kaki-kaki kendaraan. Ball Joint menjadi komponen penting dalam hal kenyamanan berkendara ketika kendaraan sedang berjalan namun seringkali terlupakan. Padahal selain mesin, beberapa komponen yang menghubungkan rodapun tidak kalah penting.

Tanpa ball joint, sistem suspensi pada sebuah kendaraan tidak bisa bekerja secara maksimal. Pada sistem suspensi, ball joint terletak diantara steering knuckle dan arm (baik lower arm maupun upper arm). Begitu pentingnya peran ball joint dalam hal kenyamanan sangat penting untuk selalu memperhatikan dan merawat komponen ini.

Ball joint yang rusak bisa saja mengakibatkan berbagai masalah, diantaranya seperti bunyi decit ketika berbelok, kemudi jadi susah dikendalikan, ban jadi cepat aus (aus bagian dalam, aus bergelombang, berintik/keriting). Dalam menjaga fungsi ball joint bisa bekerja dengan baik serta untuk mengurangi resiko keausan, pada komponen ini diberi pelumas. Lalu sebenarnya apa sih fungsi dari ball joint ini?

Sesuai judul artikel diatas, dikesempatan kali ini Spbukita akan memberikan informasinya untuk anda mengenai kegunaan ball joint. Jadi buat yang ingin mengetahui atau sedang mencari informasi mengenai fungsi ball joint, simak ulasan lengkap dari Spbukita tentang fungsi ball joint berikut ini.

Fungsi Ball Joint

FUNGSI BALL JOINT.

Seperti sudah dijelaskan diatas bahwa ball joint adalah komponen pada kendaraan yang berperan penting dalam menciptakan kenyamanan pada sistem kemudi. Ball joint memiliki bentuk mirip tie rod, dimana pada pemasanganya menggunakan baut dan jika digunakan secara terus-menerus bisa mengalami keausan. Ball joint pada roda, dimana setiap roda terpasang dua buah ball joint. 

Untuk fungsi ball joint sendiri yaitu sebagai penghubung antara arm dengan knuckle roda, kemudian ball joint juga bekerja menjadi sumbu roda ketika ingin belok ke kanan dan kiri. Sedangkan ball joint suspensi memiliki fingsi untuk menerima beban pada kendaraan secara vertikal atau lateral. Hal tersebutlah penyebab mengapa pada saat kendaraan berbelok beban bisa diatasi dan kendali kemudi punterasa ringan ketika dikemudikan dan pada saat kendaraan digunakan pada kondisi jalan yang tidak rata, knuckle bisa aman/tidak patah karena ball joint bisa menyesuaikan dengan kondisi permukaan jalan.

Komponen Ball Joint

Komponen Ball Joint

Untuk menjalankan fungsi-nya ball joint sendiri terdiri dari bebrapa bagian/ komponen yang bekerja saling berkaitan. Adapun komponen dari ball joint yaitu sebagai berikut :

1. Stud

Stud Merupakan komponen dengan fungsi sebagai penahan serta pengikat knucle arm atau poros roda. Pada Stud terdapat ulir sebagi tempat untuk memasang baut agar poros pada roda beserta komponennya menjadi lebih kuat.

2. Boot

Boot adalah bagian ball joint dengan fungsi sebagai penutup, supaya kotoran yang berpotensi merusak pergerakan dari ball joint bisa terhalangi/tidak masuk.

3. Housing

Housing merupakan komponen ball joint dengan fungsi menahan kotoran dan menahan stud memakai mekanisme gerak putar, selain itu housing juga berfungsi sebagai rumah bagi ball joint.

4. Seats

Fungsi dari komponen ini adalah sebagai dudukan dari studsekaligus menopang pergerakannyaa. Karena tingginya gesekan antar stud, pada komponen ini diberikan pelumas secara berkala supaya tidak kendor.

5. Springs

Fungsi dari springs yaitu sebagai penahan dari stud dan juga seat supaya dua komponen tersebut bisa tetap pada posisinya, termasuk ball joint.

Penyebab Ball Joint Rusak

Penyebab Ball Joint Rusak

Berikut ini merupakan hal-hal yang bisa menyebabkan sebuah ball joint cepat mengalami kerusakan :

  • Seringnya kendaraan digunakan pada kondisi jalan rusak dan banjir
  • Bushing atau karet yang rusak tidak segera diganti
  • Kesalahan dalam spooring
  • Greese/pelumas jarang atau tidak pernah diganti

Ciri-ciri Kerusakan

Ciri ciri Kerusakan

Sebuah ball joint yang telah rusak dapat dilihat melalui tanda atau ciri yang dialami pada kendaraan ketika sedang digunakan untuk berkendara,melaju. Adapun ciri atau tanda-tanda ball joint rusak adalah sebagai berikut :

  • Ketika kendaraan berjalan, roda bagian depan terasa kocak
  • Pada saat kendaraan berbelok, pada bagian ban timbul suara berdecit
  • Pada saat kendaraan melewati jalanan yang tidak rata terdengar suara gemuruh
  • Kendaraan sulit dikendalikan baik dijalan lurus maupun berbelok
  • Karet penutup debu/boot cepat robek atau robek
  • Ban aus tidak merata, khususnya bagian luar
  • Ban aus bergelombang

Akhir Kata

Demikian pembahasan mengenai fungsi ball joint yang bisa Spbukita bagikan, semoga bisa bermanfaat dan juga membantu serta bisa menambah wawasan bagi para pembaca artikel ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *